Bertualang ke Padang Lumut di Kolong Langit yang Seindah Film The Hobbit

Advertisement

Selain kawah dan savana, padang lumut atau tundra adalah daya tarik yang biasanya dimiliki oleh gunung. Jika lebih jeli saat bersama, kamu akan melihat perubahan karakter tumbuhan, mulai dari jenis, ukuran, hingga bentuknya. Termasuk padang lumut yang tercipta karena kelembaban. Di sini pohon-pohon tertutupi kecil yang disebut juga bryophytina . Pemandangannya mirip dengan hutan di film the Hobbit. Bagi kamu para pendaki dan petualang sejati, berikut adalah beberapa gunung dengan padang lumut yang eksotis di indonesia.

1. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang
Gunung Singgalang [image source ]
Gunung Singgalang berada di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat. Ketinggiannya mencapai 2.877 meter di atas permukaan laut. Pendakian menuju puncak akan dibutuhkanamu pada Telaga Putri. Tak jauh dari tempat ini ada padang lumut yang sering dijadikan spot foto oleh para pendaki. Pepohonannya rindang dengan batang-batang kehijauan karena ditumbuhi lumut. Ada cukup banyak spot , tapi salah satu yang aksesnya mudah tundra di antara Telaga Putri dan puncak.

Telaga Dewi Gunung Singgalang
Telaga Dewi Gunung Singgalang [gambar sumber ]

2. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng
Gunung Bawakaraeng [gambar sumber ]
Destinasi pendakian ini adalah salah satu yang terfavorit di Sulawesi Selatan. Termasuk gugusan Pegunungan Lompobattang dengan banyak keindahan. Hutan lumut adalah salah satunya. Pepohonan menjebak tinggi dengan rerumputan yang tumbuh di sekitar jalur pendakian. Selain itu masih ada Lembah Ramma yang pesonanya mirip dengan bukit-bukit di Selandia Baru.

Gunung Bawakaraeng
Gunung Bawakaraeng [gambar sumber ]

3. Gunung Bainaiya

Gunung Bainaiya
Gunung Bainaiya [gambar sumber ]
Bainaiya menjadi salah satu dari Seven Summit (tujuh puncak) Indonesia karena tertinggi di Maluku. Letaknya ada di kawasan Taman Nasional Manusela, Pulau Seram. Ketinggiannya mencapai 3.027 mdpl dengan jalur pendakian menantang melewati belantara dan rerumputan. Termasuk juga padang lumut luas yang lembap. Terkesan menyeramkan, tapi juga menawan.

Gunung Binaiya
Gunung Binaiya [image source ]

4. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong
Gunung Latimojong [gambar sumber ]
Memiliki ketinggian 3478 mdpl, puncak Gunung Latimojong dikenal sebagai yang tertinggi di Sulawesi Selatan. Hutan Lumut juga bisa kamu temui di sini. Ambillah jalur pendakian lewat Desa Bone-Bone, kamu akan dengan hamparan lumut seperti permadani hijau. Pepohonan yang rindang dan besar sudah seperti rumah para peri bertelinga runcing di Film hobbit.

Gunung Latimojong
Gunung Latimojong [gambar sumber ]
Itulah beberapa tempat yang kamu bisa kunjungi untuk menikmati hutan lumut. Sebuah pemandangan langka dan jarang ada di Pulau Jawa. Sudah siap dengan perbekalanmu?

Advertisement
Tags
Gunung Hutan Lumut Indonesia
Share