Hutan Kota Wlingi, Destinasi Idaman Hati yang Cocok untuk Santai Sore

Advertisement

Wlingi merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Kawasan ini dikenal dengan sederet wisata seperti air terjun, kebun teh, dan air terjun. Namun siapa sangka bahwa Wlingi juga punya destinasi idaman hati? Tak lain adalah Hutan Kota Wlingi.

Tempat ini bagai idaman hati bagi mereka yang sehari-harinya sibuk dengan beragam akvititas dan mendambakan waktu untuk bersantai sejenak. Uniknya, Idaman Hati juga sekaligus menjadi nama anyar untuk area publik favorit warga Wlingi ini.

Lokasinya Mudah Dijangkau

Tugu di Hutan Kota Wlingi via Instagram.com/danarwiratmojo

Hutan Kota Wlingi ditata ulang pada 2015 dan diberi nama Taman Idaman Hati. Sejak saat itu, tempat ini jadi kian terkenal di antara warga Wlingi. Pemandangan asri nan hijau di sekitarnya selalu menarik bagi siapapun yang ingin berjalan-jalan di akhir pekan atau sekedar duduk santai dan melepas penat.

Lokasi Taman Idaman Hati sangat mudah dijangkau. Bagi Teman Traveler yang hendak menuju Malang, pasti melewati tempat ini. Alamat persisnya ada di Jalan Urip Sumoharjo, Wlingi, Kabupaten Blitar dan hanya berjarak 20 km dari pusat kota Blitar.

Jalan menuju taman ini searah dengan rute ke arah Malang. Dari pertigaan Tugu Garuda Wlingi, Teman Traveler tinggal belok ke arah kiri. Berikutnya, telusuri jalan yang ada. Nantinya kalian akan mendapati Taman Idaman Hati di sisi kanan jalan.

Tawarkan Suasana Adem dan Nyaman

Bersantai di dalam area taman (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Dari luar saja suasana Hutan Kota Wlingi alias Taman Idaman Hati sudah terlihat adem. Terlihat ada banyak pohon-pohon rindang di dalamnya. Teman Traveler bisa memarkirkan kendaraan di lahan khusus yang disediakan di dalam area taman.

Sejauh mata memandang, terlihat hamparan rerumputan dan deretan pohon. Jalan-jalan setapak di sekeliling taman dihiasi beragam tanaman yang tak kalah menarik. Oh ya, rerumputan di sini boleh Teman Traveler duduki maupun injak. Namun jangan lupa, tetap jaga kebersihan agar pengunjung lain bisa tetap menikmati suasana sekitar dengan nyaman.

Hadirkan Beragam Koleksi Tanaman

Bersantai di kursi taman (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Sesuai fungsinya sebagai ruang terbuka hijau, Taman Idaman Hati memiliki berbagai jenis tumbuhan. Total ada tak kurang dari terdapat 36 koleksi tanaman, meliputi Akasia Daun Besar, Alamanda, Sono Kembang, Suko, Beringin, Bougenvile, Bunga Sepatau, Cemara, Flamboyan, Embilina, Glodokan, Glodokan Tiang, Jambu Hutan, Jati Merak, serta tanaman Juwar.

Selain itu masih ada tumbuhan Kakau, Keben, Kembang Merak, Kenanga, Ketapang Laut, Mahoni, Mangga, Melinjo, Pelem Rojo, Penesoum, Penitian Pangkas Kuning, Kayu Manis, Kayu Putih, Puring Glatik, Sawo Manilo, Teh-tehan Pangkas, Jambu Jamaika, Kepel, Pucuk Merah, Trembesi, dan juga Juwet.

Fasilitas Memanjakan Pengunjung

Berfoto di depan landmark taman (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Hutan Kota Wlingi juga menyediakan beragam fasilitas untuk menunjang kenyaman pengunjung. Selain kursi taman, toilet, dan mushola, Teman Traveler juga bisa menjumpai area bermain anak, gazebo, dan jungle track di sini.

Taman Idaman Hati juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, terutama bagi Teman Traveler yang sudah memiliki buah hati. Ada banyak
persewaan dan penjaja mainan di sini.

Kalian tidak perlu takut kelaparan karena di sekitar taman terdapat banyak penjaja makanan dan minuman. Pengunjung tak perlu jalan terlalu jauh untuk sekedar membeli es. Bisa langsung dinikmati sembari bersantai di kursi taman, mengagumi pemandangan sekitar atau mengawasi anak bermain.

Tugu Tempat Berfoto

Tugu yang kerap jadi spot favorit foto (c) Verwati Iriani/Travelingyuk

Area di tengah taman memiliki sebuah tugu berbentuk unik yang kerap jadi incaran mata kamera. Dikeliling deretan tanaman indah, lokasi ini juga sering jadi favorit pengunjung Taman Idaman Hati untuk berfoto-foto. Apalagi di sekitarnya juga terdapat air mancur cantik.

Tugu ini juga sering dijadikan tempat berkumpunya beragam komunitas. Tak heran jika Hutan Kota Wlingi kerap terlihat ramai dan padat pengunjung, terutama di akhir pekan atau masa liburan. Bagaimana, mau coba berkunjung weekend ini?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor Travelingyuk wisata wlingi wlingi
Share