Hutan Kota GBK, Nikmatnya Udara Segar di Tengah Rimba Beton Jakarta

Advertisement

Kabar gembira untuk Teman Traveler yang berdomisili di Jakarta. Kini kalian tak perlu pergi jauh untuk merasakan nikmatnya udara segar di tengah ‘rimba beton’ ibu kota. Hal tersebut berkat hadirnya Hutan Kota GBK. Tujuannya untuk menambah lahan terbuka hijau di Ibukota. Selain jadi alternatif rekreasi gratis bagi warga, kehadirannya juga diharapkan mampu mengurangi efek polusi. Lihat lebih dekat, yuk.

Habiskan Akhir Pekan Bersama Keluarga

Hutan Kota GBK
Hutan kota indah via Instagram.com/pinkemumble

Hadirnya Hutan Kota GBK bakal jadi alternatif bagus bagi warga ibu kota untuk bersantai di akhir pekan. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Bogor atau Bandung hanya untuk menikmati pemandangan hijau. Kawasan hutan buatan ini dipenuhi rimbunan pohon dan tanaman, hasilkan suasana sejuk nan asri.

Teman Traveler bisa berjalan-jalan santai menikmati suasana sekitar. Berolahraga dengan berlari-lari kecil juga bukan ide buruk. Apalagi jika kalian mengajak keluarga maupun sosok terdekat, pasti bakal terasa kian menyenangkan.

Bekas Lapangan Golf

Hutan kota menempati bekas lapangan golf
Hutan kota menempati bekas lapangan golf via Instagram.com/grandyoszafna

Sebelumnya tentu tak ada yang mengira bahwa Jakarta bisa punya hutan kota anyar. Lahan yang digunakan Hutan Kota GBK dulunya difungsikan sebagai lapangan golf driving range. Lokasinya masih berada dalam kompleks stadion Gelora Bung Karno, yang memang sering dimanfaatkan warga ibu kota untuk berolahraga maupun beraktivitas pagi.

Luas Hutan Kota Gelora Bung Karno mencapai 4,6 hektar. Memanfaatkan lahan sebesar itu tentu butuh perencanaan matang. Tak heran jika proses pembangunan hutan kota ini sudah dimulai sejak Mei 2016 silam, sebelum akhirnya dibuka untuk umum di awal 2019.

Fasilitas Memanjakan

Kolam ikan dengan air terjun mini
Kolam ikan dengan air terjun mini via Instagram.com/grandyoszafna

Pengunjung Hutan Kota sekitar Gelora Bung Karno bakal dimanjakan beragam fasilitas menarik. Salah satu yang menjadi daya tarik utama adalah kolam ikan trembesi. Selain bisa melihat tingkah polah ikan-ikan berenang, Teman Traveler juga bisa santai sambil mengagumi air terjun mini di tengah rimbunnya pohon rindang.

Selain kolam ikan trembesi, Hutan Kota GBK juga dilengkapi kios komersil, pos keamanan, taman amphiteater, plaza utama, toilet, serta coffee house. Dijamin bakal betah menghabiskan waktu di sini seharian.

Indahnya kawasan hutan kota
Indahnya kawasan hutan kota via Instagram.com/grandyozsafna

Hutan kota ini juga sangat mudah diakses, lantaran letaknya berada di pusat kota. Teman Traveler cukup masuk melalui Pintu 5 Gelora Bung Karno. Sangat mudah menemukannya karena berada tepat di seberang Mall Fx Sudirman.

Pemandangan Unik

Pemandangan keren di hutan kota
Pemandangan keren di hutan kota via Instagram.com/maskunr

Terlepas dari beragam fasilitasnya, Hutan Kota GBK ini juga menawarkan panorama unik yang pantang Teman Traveler lewatkan. Bayangkan betapa asyiknya menjelajah kawasan rindang sembari menikmati udara pagi, dengan deretan gedung pencakar langit terlihat di kejauhan. Sungguh luar biasa, bukan?

Itulah sedikit penjelasan mengenai indahnya Hutan Kota GBK, alternatif refreshing bagi warga Jakarta di akhir pekan. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang berencana menghabiskan waktu di sini dalam waktu dekat?

Advertisement
Tags
hutan kota gbk Indonesia Jakarta Wisata
Share