Hidden Beach yang Cantik di Meksiko ini Terbentuk Karena Bom!

Advertisement

Pantai yang Anda lihat ini sudah sering lalu lalang masuk dalam daftar pantai tersembunyi terindah di dunia sehingga bukan hal yang mengherankan jika Anda juga tertarik untuk berlibur ke sana. Selama ini orang-orang hanya mengagumi keindahannya tanpa tahu asal muasal lubang pantai ini terbentuk. Banyak orang berfikir bahwa Hidden Beach di Meksiko ini terbentuk secara alami, namun itu salah besar!

Hidden Beach, begitulah orang-orang mengenal pantai indah di Meksiko ini. Hidden Beach sebenarnya bernama “Playa del Amor” atau “pantai cinta”. Pantai yang tersembunyi dalam arti yang sebenarnya ini berada di kepulauan Marieta. Ini adalah sekelompok pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang berada beberapa kilometer di lepas pantai Nayarit, Meksiko.

Hidden Beach Meksiko (c) Daily Mail
Hidden Beach Meksiko (c) Daily Mail

Pulau yang kini menjadi bagian dari salah satu taman nasional Meksiko ini memiliki beragam biota laut yang aman dari perburuan liar maupun kegiatan memancing sehingga mereka berkembang biak cukup pesat di laut tersebut. Dengan adanya hal tersebut maka selama beberapa tahun terakhir kepulauan Marieta berubah menjadi destinasi wisata populer di Meksiko.

Di perairan Marieta wisatawan bisa bertemu dengan berbagai spesies laut seperti paus bungkuk, lumba-lumba dan juga ikan pari. Di sana pulalah Hidden Beach berada, sesuai dengan namanya pantai ini benar-benar tersembunyi sebab berada di sebuah lubang besar dengan tebing karang melingkar menutupi bagian pantai yang ada di dalam lubang tersebut.

Lubang Hidden Beach Terbentuk dari Ledakan Bom (c) puertovallarta.net
Lubang Hidden Beach Terbentuk dari Ledakan Bom (c) puertovallarta.net

Hidden Beach hanya dapat dicapai dengan berenang melewati sebuah terowongan sempit dan pendek. Kabarnya lubang besar yang membentuk sebuah pantai tersebut adalah hasil dari ledakan bom pada zaman Perang Dunia I.

Kepulauan Marietas terbentuk dari aktivitas gunung berapi yang berlangsung ribuan tahun silam. Pulau ini sejak lama tidak berpenghuni sehingga sesaat sebelum Perang Dunia I meletus, pemerintah Meksiko menggunakan pulau-pulau ini sebagai target latihan. Pulau-pulau tersebut dijadikan target latihan peledakan bom militer yang akhirnya membentuk berbagai lubang dengan formasi batuan yang unik.

Pemandangan di Hidden Beach (c) Daily Mail
Pemandangan di Hidden Beach (c) Daily Mail

Dari situlah kemudian diyakini bahwa lubang Hidden Beach juga tercipta dari hasil pemboman. Dari hasil pemboman tersebut ditambah dengan adanya abrasi yang secara alami mengikis karang di sana maka terbentuklah sebuah pantai tersembunyi yang eksotis.

Sebelumnya pemerintah Meksiko menghentikan latihan militernya di kepulauan Marieta karena kecaman dari dunia Internasinal atas dampak perusakan alam yang ditimbulkan dari pemboman itu. Kini pulau-pulau tersebut dijadikan taman nasional yang kelestariannya dilindungi oleh undang-undang. Hanya ada beberapa agen tur yang diizinkan membawa turis ke sana.

Advertisement
Tags
Hidden Beach Meksiko
Share