Segala Hal Tentang Gunung Merbabu Mengingatkan Kita Pada Alam Selandia Baru

Advertisement

Sobat Travelingyuk, kalian tahu mengapa Boyolali dijuluki sebagai New Zealand van Java? Mudah sekali menemukan literatur yang menerangkan asal mula pemberian julukan ini. Yang pasti semuanya merujuk pada satu hal yaitu topografi alam khususnya di daerah Selo yang memang mirip dengan Selandia Baru. Bergunung-gunung serta dipenuhi pepohonan serta padang rumput hijau yang membentang luas.

Boyolali merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Di dalam wilayahnya terdapat Gunung Merapi dan Merbabu yang mengapit kawasan Kecamatan Selo. Al hasil daerah ini diberkahi dengan tanah yang subur untuk pertanian serta peternakan. Rumput yang tumbuh subur serta iklim pegunungan yang sejuk sangat cocok digunakan untuk pengembangbiakan sapi perah hingga akhirnya kabupaten ini menjadi pendulang susu sapi terbesar di tanah Jawa.

Gunung Merbabu, via instagram
Gunung Merbabu, via instagram

Kawasan Selo sendiri sering digunakan sebagai titik awal pendakian baik menuju Merapi maupun Merbabu. Jika ke Merapi via jalur ini menjadi rute terpendek maka lain halnya jika mendaki ke Merbabu. Jalur Selo dianggap sebagai trek terpanjang dan paling rumit. Pun demikian tidak sedikit traveler yang tetap memilih rute ini lantaran ada pemandangan yang sangat indah menanti sepanjang trek.

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang sedang memasuki masa tidur. Gunung ini memiliki dua puncak yakni puncak Syarif (3119 mdpl) dan puncak Kenteng Songo (3142 mdpl) serta 5 buah kawah antar lain kawah Condrodimuko, kawah Kombang, Kendang, Rebab, dan kawah Sambernyowo. Dengan melewati rute Selo di Boyolali, pendaki akan disuguhi pemandangan Gunung Merapi serta pemandangan seluruh kawasan Selo yang menghijau.

Gunung Merbabu, Suguhan Lanskap Alam Mirip Selandia Baru, via instagram
Gunung Merbabu, Suguhan Lanskap Alam Mirip Selandia Baru, via instagram

Sepanjang perjalanan via rute Selo, pendaki akan dihidangkan dengan pemandangan alam yang beragam. Mulai dari basecamp pendaki akan menjumpai area perkemahan yang luas dengan pohon pinus yang rindang. Lanjut, pendaki akan berjumpa pula dengan padang bunga Edelweiss yang tumbuh dengan suburnya membentuk hamparan bak permadani alam yang mempesona.

Gunung Merbabu malam hari, via instagram
Gunung Merbabu malam hari, via instagram

Kejutan tidak berhenti sampai di situ, tidak lama setelah melanjutkan perjalanan pendaki akan bertemu dengan padang rumput yang luas. Rumput ini menyelimuti bukit-bukit yang ada di sekitarnya menjadikan kawasan sekitar nampak mirip seperti bukit Teletubbies. Suguhan spesial masih menunggu di Puncak Merbabu, dari sana terlihat sayup-sayup gunung Sumbing dan Sindoro, terlihat pula Gunung Telomoyo dan Ungaran dan sudah pasti puncak Gunung Semeru yang perkasa dengan asap yang selalu mengepul di atasnya. Jika semua keindahan ini dipadukan, lanskap alam Selandia Baru-pun lewat.

Advertisement
Tags
Boyolali Gunung Merbabu Selo
Share