Sisi Lain Gunung Merapi Dilihat Dari Boyolali yang Terlihat Seperti New Zealand

Advertisement

Sudah berulang kali ke Merapi dan sedikit bosan? Berarti sudah saatnya kamu melihat gunung ini dari sisi yang lain. Tempat yang Travelingyuk rekomendasikan adalah via Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Dari sini, kawasan Taman Nasional Gunung Merapi akan terlihat seperti daratan di New Zealand. Keren abis!

Kebanyakan wisatawan melihat garangnya Gunung Merapi dengan berkunjung ke kawasan Kaliurang yang ada di DI. Yogyakarta. Tidak salah memang sebab kawasan ini telah dikembangkan secara optimal sebagai salah satu daerah wisata. Bisa dilihat dari pembangunan infrastrukturnya yang lengkap serta banyak pilihan kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Lava Tour Merapi menjadi primadona, kegiatan menantang adrenalin yang ditawarkan pada wisatawan.

Gunung Merapi dilihat dari Boyolali, via instagram
Gunung Merapi dilihat dari Boyolali, via instagram

Berbeda suguhan jika traveler menikmati Merapi dari Boyolali. Tidak ada tur berkeliling menggunakan mobil offroad melintasi desa-desa terdampak erupsi dan kawasan tandus yang pernah tersapu awan panas Merapi. Sebagai gantinya, sejauh mata memandang yang terlihat hanya hamparan perkebunan warga yang subur menghijau serta bukit-bukit savana hijau bak permadani yang menyelimuti bumi.

Kawasan Selo Cepogo, via instagram
Kawasan Selo Cepogo, via instagram

Pemandangan yang memanjakan mata ini bukan hanya untuk wisatawan umum saja melainkan buat para pendaki juga. Untuk menuju puncak Merapi dikenal ada dua jalur, yang pertama lewat Jalur Selo dan kedua via Jalur Babadan. Jalur Selo adalah jalur yang paling ramah dan paling pendek. Seorang pendaki hanya memerlukan waktu 4 jam untuk sampai di puncak jika memiliki lewat jalur ini.

Keuntungan lain dengan melintasi rute Selo, traveler akan menjumpai baliho raksasa bertuliskan New Selo, terlihat mirip dengan tulisan Hollywood di California saja. Sepanjang awal-awal pendakian, traveler juga disuguhi hamparan kebun warga yang dinominasi oleh tanaman tembakau. Bagi pendaki profesional mereka bisa sampai di puncak Merapi dan berfoto-foto di sana. Tapi tetap utamakan keselamatan, mengingat belum lama terjadi tragedi memilukan yang menimpa pendaki dimana ia terpeleset jatuh ke dalam kawah.

Gunung Merapi dilihat dari Jembatan Gantung, via instagram
Gunung Merapi dilihat dari Jembatan Gantung Salaran, via instagram

Namun bagi wisatawan lain yang ogah mendaki hingga ke puncak, bisa jalan-jalan hingga ke kawasan Cepogo. View perbukitan yang diselimuti rerumputan hijau bakal menyegarkan kembali matamu. Atau bisa mampir ke Jembatan Gantung Salaran di kecamatan Selo, pemandangan dari jembatan ini top markotop. Lanskap negara Selandia Baru bisa kamu jumpai dengan datang ke Boyolali.

Advertisement
Tags
Boyolali Explore Boyolali explore indonesia explore jawa tengah Gunung Merapi New Zealand
Share