Inikah Gunung Es yang Ditabrak oleh Kapal Titanic?

Advertisement

Tragedi Titanic rasanya akan terus membekas di ingatan dan hati kita. Kisah cinta Jake dan Rose menyayat hati, yang ditambahkan dalam filmnya termasuk hal yang dikenang. Pun bangkai kapal pesiar super mewah yang karam setelah menabrak gunung es. Baru-baru ini, di Ferryland, Kanada terlihat gundukan es yang setinggi kurang lebih 45 meter. Apakah ini gunung yang sama dengan yang menghancurkan Titanic?

Tragedi Karamnya Titanic

Titanic dalam film
Titanic dalam film [image source]
Tragisnya musibah yang menimpa kapal paling mewah di tahun 1912 itu sangat membekas hingga akhirnya difilmkan. Kini, setelah lebih dari 100 tahun berlalu, banyak kapal yang jauh lebih mewah pun sudah beroperasi. Jika dulu sarana ini hanya digunakan untuk transportasi, sekarang juga bisa untuk bewisata di mana penumpang hanya menghabiskan waktu di atas laut dengan menikmati pelayanan sekelas hotel bintang 5. Lalu, apakah ada trauma?

Gunung es yang menenggalamkan Titanic
Gunung es yang menenggalamkan Titanic [image source]

Kapal Pesiar Lebih Canggih

Kapal Pesiar Singapura
Kapal Pesiar Singapura [image source]
Selain menjadi luka yang membekas, peristiwa yang memakan korban hingga  1.514 dari 2.224 penumpang di tahun 1912 tersebut menjadi pelajaran tersendiri untuk dunia maritim. Kapal Cruise (pesiar) yang ada saat kini sudah pasti jauh lebih canggih dan dilengkapi dengan berbagai navigasi, sekoci yang cukup untuk semua penumpang. Sehingga kejadian yang tak diinginkan bisa dihindari. Tak perlu khawatir jika saat berlayar tiba-tiba bertemu dengan gunung es, ya.

Kapal Pesiar
Kapal Pesiar [image source]

Gunung Es akan Muncul Tiba-tiba

Ferryland di Kanada
Ferryland di Kanada [image source]
Gunung es banyak ditemukan mengapung di lautan. Seperti yang baru-baru ini terlihat di Ferryland, sebuah kota kecil di Kanada. Namun, kali ini tampak lebih besar dari yang pernah ada. Dilansir dari DailyMail, walikota Ferryland, Aidan Kavanagh menyatakan,“Ini adalah yang terbesar yang pernah saya lihat di sekitar sini,” jelasnya pada kepada Canadian Press. Diperkirakan sekitar 15 meter lebih tinggi dari yang menghantam Titanic. Biasanya, 90% dari volume es berada di dalam air. Wah, ukuran yang super, ya.

Gunung es di Ferryland
Gunung es di Ferryland [image source]

Gunung-gunung Es akan Bergeser

Gunung es jadi tempat wisata
Gunung es jadi tempat wisata [image source]
Wilayah pesisir Timur Kanada memang dikenal sebagai area gumpalan es raksasa. Setiap tahunnya ada sekitar 600 gunung yang muncul dan hilang. Angin kencang dan juga pemanasan global yang menyebabkan mereka bergeser, seperti es di Greenland yang pecah sebelum waktunya. Ferryland pun mendapat banyak kunjungan wisatawan karena pemandangan fenomenal ini. Ukuran yang super membuatnya terlihat sangat jelas. Para fotografer pun berlomba-lomba mendapatkan gambar yang bagus dari penampakan alam ini.

Iceberg Ferryland
Iceberg Ferryland [image source]
Wah, siapa sangka, ya, yang dulunya jadi sumber tragedi, kini bisa menjadi lokasi wisata. Dan yang pasti, tak perlu takut untuk pelesir dengan kapal pesiar. Bahkan di Amerika ada Museum Titanic yang menyimpan berbagai informasi dan kenangan seputar korban kapal karam tersebut.

Advertisement
Tags
gunung es di ferryland kapal pesiar cruise Titanic
Share