Gunung Bendera Padalarang, Si Cantik yang Ramah Didaki

Bandung merupakan salah satu kota tujuan liburan favorit Nusantara. Banyak wisatawan lokal, maupun mancanegara rela datang untuk menikmati eloknya alam Kota Kembang tersebut. Tak hanya itu, udara di kawasan Paris van Java juga terkenal sejuk. Mau naik gunung? Ada satu lokasi cantik yang amat cocok untuk pendaki pemula, namanya Gunung Bendera Padalarang.

Gunung yang ramah untuk pemula via Instagram.com/tnrrhm

Kondisi geografis Bandung dikelilingi pegunungan. Bumi Parahyangan punya lumayan banyak gunung cantik, seperti Tangkuban Perahu, Puntang, dan lainnya. Pendaki pemula? Coba mendaki Gunung Bendera Padalarang yang cukup ramah.  

Tak Menjulang Terlalu Tinggi

Berfoto di Puncak Rindu via Instagram.com/novibnf

Gunung setinggi 1403 mdpl ini cukup ramah hampir semua pendaki. Mereka yang sudah senior, apalagi pemula, dijamin takkan kesulitan menaklukkan Bendera Padalarang. Tak perlu peralatan khusus, cukup pastikan fisik dan stamina dalam kondisi prima.

Estimasi pendakian juga singkat, kurang lebih satu jam dari basecamp hingga puncak. Meski terlihat mungil, panorama yang tersaji tak kalah
cantik dengan Tangkuban Perahu atau Puntang. Apalagi, pendakian kini jadi salah satu gaya hidup anyar para pelancong. Menggapai puncak Bendera bisa Teman Traveler agendakan ketika berada di Bandung.

Spot Terbaik Melihat Matahari Terbit

Menantikan matahari terbit via Instagram.com/panjihadiyasa

Dalam aktivitas pendakian, matahari terbit hari selalu menjadi panorama yang ditunggu-tunggu. Momen tersebut sekaligus menjadi salah satu bonus usai perjuangan keras menggapai puncak.

Dengan pemandangan pegunungan dan perbukitan dari sekeliling Bandung. Tak heran jika puncak Gunung Bendera Padalarang merupakan salah satu spot terbaik menikmati atmosfer sunrise. Keelokannya bakal bisa membuat mata Teman Traveler berbinar-binar. 

Semakin Cantik Saat Malam Hari

Pemandangan lampu kota di Bandung Barat via Instagram.com/jalaludintriawan

Kala hari mulai malam dan cuaca mendukung, Teman Traveler bisa melihat pesona pemandangan lampu kota di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Tampak amat cantik dan tentu saja romantis. Apalagi jika momen ini dilewatkan bersama pasangan.

Memandang gemerlapnya ribuan lampu kota menjadi pengalaman tersendiri. Pastinya akan hasilkan momen liburan berkesan. Jika Teman Traveler benar-benar ingin merasakan eksotisme dan romantisme Bandung, mendaki Gunung Bendera adalah salah satu cara terbaik.

Tiket Masuk, Lokasi, dan Rute

Keindahan Gunung Bendera via Instagram.com/santi_persib

Tiket masuk menuju kawasan Gunung Bendera Padalarang sangat terjangkau, hanya Rp5.000 per orang. Sementara untuk biaya parkir kendaraan cukup mengeluarkan Rp5.000 saja. Bisa jadi alternatif Teman Traveler yang mencari destinasi liburan murah meriah.

Gunung Bendera masuk wilayah Kampung Pojok Desa, Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Agar lebih mudah mencapai area basecamp, sebaiknya Teman Traveler menggunakan kendaraan pribadi.

Namun jika ingin menumpang kendaraan umum, dari Bandung kalian bisa naik Bus Damri jurusan Cimahi-Padalarang, lanjutkan dengan bus jurusan Gunung Bentang dan turun di Gantungan. Berikutnya, Teman Traveler tinggal berjalan kaki hingga basecamp.

Sementara bagi Teman Traveler yang berangkat dari Jakarta, ambil bus jurusan Bandung, turun di Padalarang, lanjutkan naik angkot jurusan Gunung Bentang, turun di Gantungan, dan terakhir, jalan kaki hingga basecamp.

Itulah sedikit ulasan mengenai indahnya Gunung Bendera Padalarang. Jadi bagaimana Teman Traveler, tertantang melihat keindahan gunung mungil ini? Jangan lupa siapkan fisik dan ajak pasangan ya.

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kontributor Travelingyuk Wisata
Share