Cicipi Gudeg Kekinian di Mbok Mandeg Milenia Jogja, Pake Lauk Spicy Wings

Advertisement

Salah satu kuliner yang tak boleh terlewat ketika bertandang ke wisata Jogja adalah gudeg. Menu ini bisa dicoba untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Banyak gudeg legendaris yang terkenal di Jogja, namun ada juga pendatang baru yang bisa jadi pilihan. Salah satunya adalah Mbok Mandeg Milenia, dengan beragam varian gudeg unik, beda dari yang lain. Seperti apa penampakan dan kenikmatannya?

Cabang Milenia dari Mbok Mandeg

Mbok Mandeg Milenia (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bukan perkara sulit menemukan kuliner khas Jogja ini. Salah satu tempat yang bisa jadi jujugan adalah Mbok Mandeg Milenia. Resto ini merupakan cabang terbaru dari Mbok Mandeg yang sebelumnya berada di Bantul.

Berada tak jauh dari pusat kota, resto ini mengusung konsep lebih kekinian. Imbuhan nama Milenia seolah sejalan dengan menu-menu baru yang dihadirkan. Semuanya semakin beragam, dengan cita rasa masa kini.

Cabang Mbok Mandeg Bantul (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Mbok Mandeg Milenia cabang Jogja beralamat di Jalan Glagahsari No.31 A. Jika Teman Traveler berangkat dari pusat kota (titik nol kilometer), tinggal ambil Jalan Panembahan Senopati, lurus ke timur hingga Jalan Kusumanegara. Berikutnya ambil arah kanan menuju Jalan Glagahsari.

Resto ini sangat mudah ditemukan. Bangunannya didominasi warna merah mencolok. Catat ya, mereka tidak buka sejak pagi. Tempat makan ini baru beroperasi mulai pukul 15.00 hingga 22.00.

Tempat Mewah, Harga Murah

Konsep tempat kekinian (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Jika biasanya makan gudeg cukup di emperan jalan atau warung tenda, beda halnya dengan di Mbok Mandeg Milenia. Di sini Teman Traveler akan merasakan kenyamanan ala resto kekinian. Tempatnya mengusung konsep modern dan terlihat mewah, dengan sejumlah hiasan dinding untuk mempermanis tampilan.

Ada tiga area makan yang bisa Teman Traveler pilih , yakni area terluar, tengah, dan dalam. Ketiganya sama-sama menawarkan suasana menyenangkan, bahkan ada yang menawarkan tempat duduk sofa. Makan gudeg jadi lebih nyaman, kan?  

Tempat nyaman dan Instagenic (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski demikian, Teman Traveler tidak perlu khawatir. Tampilan restonya yang ‘wah’, takkan membuat kantong jebol. Dengan modal mulai Rp9.500 saja, kalian sudah bisa menyantap lezatnya nasi gudeg, lengkap dengan krecek dan areh gurih.

Ingin mencoba gudeg yang lebih komplit lagi? Tenang, masih ada banyak varian gudeg lain yang ditawarkan dengan harga terjangkau kok.

Tak Sekedar Gudeg Mercon

Beragam varian gudeg (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Salah satu jenis gudeg yang menjadi primadona dan banyak ditemukan di setiap sudut Jogja adalah gudeg mercon. Biasanya disajikan dengan krecek bercita rasa pedas. Sensasinya ketika dimakan serasa meledak dalam mulut, mirip mercon atau petasan.

Di Mbok Mandeg, Teman Traveler bisa menemukan gudeg mercon dengan beragam pilihan lauk ayam. Mulai dari ayam bakar madu, ayam suwir pedas, ayam kremes, hingga ayam bakar pedas manis. Semua bisa disantap bersama pedasnya ‘mercon’.  

Banyak pilihan gudeg enak (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Bagi yang tidak suka pedas, ada pilihan gudeg lain yang tak kalah lezat. Selain gudeg penyet, ada juga gudeg bakar, gudeg crispy, dan gudeg geprek. Lauk pelengkap yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung setiap menu. Ada yang menggunakan lauk telur bebek, rempelo ati, mendoan, atau bakwan.

Satu porsi gudeg di sini memiliki cita rasa lengkap karena tak hanya menawarkan manisnya gudeg, namun juga perpaduan rasa gurih, asin, hingga pedas dari lauk pelengkapnya. Benar-benar pantang dilewatkan.

Menu Spesial Gudeg Bakar

Gudeg bakar ayam geprek (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Ada satu menu yang cukup mencolok dan mengundang penasaran untuk mencicipi, yaitu Gokar atau ‘goedeg bakar’. Cita rasanya sungguh berbeda karena nasi dan gudeg dibakar jadi satu dalam bungkusan daun pisang. Menimbulkan aroma dan sensasi rasa bakaran. Gokar tersedia dalam banyak varian, Teman Traveler mungkin akan bingung memilihnya.

Gudeg Bakar Spicy Wing (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Teman Traveler bisa memilih varian Chiki, Chili, Claw, Chop, atau Spicy Wing. Namun yang kerap jadi favorit pengunjung adalah Gudeg Bakar Spicy Wing. Disajikan bersama sayap ayam geprek, berpadu dengan sambal super pedas. Rasa gudeg dan nasi bakar yang menggugah selera, serasa kian nikmat kala disantap bersama ayam geprek crispy yang nendang di lidah.  

Pelengkap wajib gudeg (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sensasi makan bakal tambah lengkap dengan areh kental dan gurih, sayur tempe, mendoan, serta kerupuk. Menu paket komplit yang bisa diandalkan untuk mengisi perut lapar Teman Traveler. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena seporsi menu lengkap ini dibanderol seharga Rp17.000 saja. Dijamin puas!

Gudeg Rice Box Lebih Praktis

Makan jadi lebih praktis (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sajian lainnya yang tak kalah menarik di Mbok Mandeg Milenia adalah gudeg rice box. Tak hanya menwarkan sensasi makan gudeg yang sedikit berbeda dibanding biasanya, kemasan ini juga lebih praktis. Ukurannya mungil, bisa dimasukkan tas dan dibawa kemanapun.

Harga yang ditawarkan juga tak menguras kantong, mulai dari Rp15.000 saja. Dengan model segitu, Teman Traveler sudah bisa mendapatkan menu komplet.

Gudeg Rice Box (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Total ada lima varian gudeg rice box yang bisa Teman Traveler jajal, yakni Cocolaw, Chickypelo, Chillichick, Chick Chop, dan Soywing. Dalam satu box gudeg kalian akan mendapatkan komposisi menggoyang lidah, terdiri dari krecek, telur bebek, tahu, bakwan atau mendoan, dan lauk spesial.

Pilihan lauknya pun beragam, mulai dari ceker, rempelo ati, ayam suwir pedas, ayam geprek crispy, hingga suwir ayam. Hmm, menggiurkan banget ya Teman Traveler. Mana yang jadi favorit kalian?

Meski tergolong pendatang baru dan tak masuk jajaran gudeg legendaris, Gudeg Mbok Mandeg patut dicoba jika ingin merasakan sensasi makan gudeg yang berbeda. Soal rasa tak perlu diragukan karena resto ini sudah terbukti jadi jujugan pengunjung dari berbagai kalangan.

Mbok Mandeg Milenia wajib Teman Traveler masukkan dalam list kuliner ketika berkunjung ke Jogja. Selamat mencoba!  

Advertisement
Tags
Jogja kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share