Nirwana Tersembunyi di Belitung, Serasa Kolam Pribadi di Alam Bebas

Advertisement

Membicarakan Kepulauan Belitung sangat erat kaitannya dengan batuan granit raksasa yang menghiasi setiap pulaunya. Keindahan pantainya pun tak perlu lagi dipertanyakan, bahkan nama pulau yang berarti siput laut dalam bahasa lokal ini pernah menjadi lokasi shooting film Laskar Pelangi. Namun tak hanya keindahan pantainya yang patut kamu datangi, di Pulau Tanjung Kelayang terdapat sebuah kolam yang tak kalah fantastis.

Kolam Air Asin yang Tersembunyi

Berada dalam celah batuan [image source]
Tak seperti kolam dalam gua pada umunya yang memiliki air tawar. Di tempat ini kamu dapat berendam dalam kolam yang berisi air dari laut. Karena berada tak jauh dari tepi pantai, genangan yang ada bersumber dari ombak yang masuk melalui celah-celah batuan granit dan tertampung pada cekungan di dalamnya.

Terletak tak jauh dari bibir pantai [image source]

Kolam di Dalam Gua Batu Granit Purba

Sempit di bagian awal masuk [image source]
Kepulauan Belitung memang identik sekali dengan batuan granitnya, begitupun gua kelayang. Celah yang memiliki lebar dan panjang sekitar 3 x 6 meter. Walaupun ukurannya tak terlaalu besar, kamu dapat puas berendam di sini. Airnya jernih dan segar, seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, sumbernya langsung dari laut yang masuk melalui celah bebatuan.

Air yang jernih [image source]
Air yang jernih [image source]

Gua yang Belum Terlalu banyak Dijamah

Berasal dari air laut [image source]Untuk dapat sampai di nirwana tersembunyi ini kamu harus melewati proses naik dan turun bebatuan besar yang licin. Namun tak terlalu memakan waktu lama, kamu bisa menempuh perjalanan ini selama 10 menit saja dari bibir pantai. Tak banyak yang tahu tentang lokasi tempat ini, biasanya hanya warga lokal dan wisatawan yang penasaran.

Tempat yang tepat untuk relaksasi [image source]

Bekas Sarang Kelelawar

Berendam seperti kolam pribadi [image source]
Dulunya tempat ini merupakan tempat tinggal untuk kelelawar dengan jumlah yang cukup banyak. Sayangnya, banyak tangan-tangan jahil yang membawa sarang kelelawar. Tak jarang yang dibawa masih berisi bayi-bayi hewan malam tersebut. Nah, hal-hal seperti ini jangan ditiru ya. Jangan membawa pulang apapun selain foto yang kamu ambil.

Batuan granit yang memiliki gradasi warna [image source]
Pernah mememukan kolam tersembunyi yang serupa dengan tempat ini? Pastinya bakal seru banget dong menghabiskan waktu berendam di tempat ini, apalagi saat sepi. Serasa kolam pribadi.

Advertisement
Tags
bangka belitung Gua kelayang Indonesia Pulau kelayang Wisata Alam
Share