Gili Putih Sumberkima Buleleng Bali, Surga Lainnya di Pulau Dewata yang Menawan Takada Lawan

Advertisement

Gili Putih Sumberkima Buleleng Bali, merupakan surga lain di Pulau Dewata yang menawan takada lawan. Biasa dijadikan persinggahan saat akan menyebrang ke Pulau Menjangan, kini ia menjelma jadi objek wisata yang siap membahagiakan siapa saja. Teman Traveler ingin bahagia? Maka, simak uraian berikut ini terlebih dahulu!

1. Daratan Berpasir yang Lama-lama Meluas

Daratan Berpasir yang Lama-lama Meluas via Instagram
Daratan Berpasir yang Lama-lama Meluas via Instagram/ hansburhanu_____

Gili Putih Sumberkima merupakan daratan yang sudah sejak dulu ada. Seiring perjalanan waktu, daratan berpasir tersebut lama-lama menjadi lebih luas, bahkan hingga berhektar-hektar. Lucu ya, gili yang semula hanya tumpukan pasir putih, diubah secara alami oleh alam menjadi sebuah daratan. Kawasan ini juga kerap dijadikan tempat memancing oleh nelayan setempat. Bahkan sempat juga ditanami mangrove, tetapi tidak berhasil karena tanahnya berpasir.

2. Luasnya Bisa Berubah-ubah

Luas Gili Putih Bisa Berubah-ubah via Instagram
Luas Gili Putih Bisa Berubah-ubah via Instagram/ rizkyiman_p

Selayaknya daratan yang berada di tengah lautan, luas Gili Putih dapat berubah-ubah sesuai keadaan pasang atau surut air laut. Jika sedang pasang, luasnya terlihat sekitar 600 meter persegi. Sementara itu, jika air laut sedang surut, luas daratan dapat bertambah berlipat-lipat.

Gili Putih Sumberkima yang Membuat Terkesima via Instagram
Gili Putih Sumberkima yang Membuat Terkesima via Instagram/ itasalma.magical

Serunya, apabila air sedang surut, Teman Traveler bisa berjalan kaki menuju Gili Putih Sumberkima dari bibir Pantai Penggambetan. Jarak yang ditempuh sekitar 1,5 Km. Tetapi, saat air sedang pasang, Teman Traveler harus menggunakan perahu. Jika ingin merasakan sensasi berjalan di atas air, waktu terbaik mengunjungi Gili Putih adalah pagi atau sore hari. Karena siang dan malam, air laut secara alami akan mengalami pasang. Meski begitu, waktu ini juga dapat berubah-ubah sesuai dengan perubahan fase bulan.

3. Salah Satu Destinasi Baru di Bali Utara

Baru dan Akan Segera Ramai yang Cinta via Instagram
Baru dan Akan Segera Ramai yang Cinta via Instagram/ bayu_mahendra_

Pengelolaan Gili Putih Sumberkima, menjadi perhatian dari Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Nyoman Sutrisna. Diungkapkan bahwa Pokdarwis untuk mengelola dan bertanggungjawab terhadap kunjungan wisatawan ke kawasan ini sudah dibentuk. Ke depannya, pengembangan objek wisata baru ini akan terus dilakukan. Karena keindahannya, kawasan ini bisa jadi objek wisata yang banyak dikunjungi dalam waktu dekat.

4. Lokasi Gili Putih Sumberkima

Bisa Menggunakan Perahu untuk Menuju Gili Putih Sumberkima via Instagram
Bisa Menggunakan Perahu untuk Menuju Gili Putih Sumberkima via Instagram/ gittapramesti

Gili Putih Sumberkima secara administratif berada di Desa Sumberkima Gerokgak, Buleleng, Bali. Untuk menikmati pesona daratan berpasir putih ini, Teman Traveler bisa menggunakan perahu yang dapat disewa. Keberangkatan bertolak dari Pelabuhan Bangsal, di desa setempat. Selama perjalanan yang memakan waktu sekitar 10 – 15 menit, hamparan air laut yang jernih akan jadi pemandangan. Untuk sewa perahu, tarifnya mulai dari Rp 350 – 400 ribu, dengan kapasitas kurang lebih 5 orang.

Bali, tidak selesai-selesai membuat kagum banyak orang. Bentang alam Pulau Dewata, layaknya anugerah. Pun dengan Gili Putih Sumberkima di Buleleng Bali ini. Objek wisata ini bisa jadi pilihan! Bagaimana, siap jelajah Buleleng?

Advertisement
Tags
Bali buleleng bali gili putih sumberkima Indonesia Wisata
Share