Ini Dia Gereja Ayam di Magelang Menggegerkan Media Internasional

Advertisement

Di dalam negeri nama bangunan gereja ini tidak begitu populer sebelumnya hingga media internasional membicarakannya secara serentak. Barulah orang-orang tahu jika di Magelang terdapat gereja yang bangunannya mirip dengan ayam. Gereja ini disebut dengan Gereja Ayam. Penasaran bagaimana cerita dibalik pembangunan gereja unik ini?

Gereja Ayam terletak tidak jauh dari tempat wisata terkenal Candi Borobudur. Dua situs ini hanya dipisahkan jarak sekitar 2,5 kilometer saja. Gereja berada di Desa Gombong, Magelang. Gereja tersebut menjadi perbincangan hangat di berbagai media asing seperti Daily Mail, Huffingtin Post hingga Oddity Central.

Gereja Ayam [image source]
Gereja Ayam [image source]
Dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, mestinya gereja setengah jadi ini dibangun tidak untuk menyerupai hewan ayam melainkan merpati. Sang inisiator sendiri adalah Daniel Alamsjah, seorang kristiani yang bekerja di Jakarta. Pada suatu ketika ia bermimpi mendapat pesan dari Tuhan untuk membuat rumah ibadah dengan bentuk seperti merpati.

https://www.youtube.com/watch?v=A8HHIfyvW8I

Dari mimpi tersebut kemudian ia membangun gereja di tengah hutan dan diatas bukit di Desa Gombong, Magelang. Kejadian ini terjadi di tahun 1989,ketika itu ia jalan-jalan berkeliling Magelang dan tidak sengaja melewati kawasan bukit tersebut yang menurut dia sama dengan tempat yang ada di mimpinya. Selanjutnya ia memutuskan untuk membangun rumah ibadah tersebut di sana.

Namun sayang sebelum proses pembangunannya rampung banyak gelombang protes dari warga karena mereka khawatir terjadi kristenisasi besar-besaran di sana. Padahal menurut Daniel ia tidak membangun gereja melainkan rumah ibadah yang bisa digunakan untuk semua orang yang percaya kepada Tuhan. Atas kejadian tersebut, pembangunan pun mandek dan menyisakan sebuah bangunan kosong yang mangkrak tak terurus.

Bagian dalam Gereja Ayam [image source]
Bagian dalam Gereja Ayam [image source]
Puluhan tahun berselang, keberadaan bangunan ini tercium media asing dan menjadi pemberitaan hangat di luar negeri. Dampaknya dapat dilihat hari ini, ratusan traveler yang penasaran mencari informasi keberadaan bangunan ini dan berkunjung ke sana untuk menyaksikannya langsung. Anda tidak penasaran ingin ke sana juga?

Advertisement
Tags
gereja Indonesia Jawa Tengah Magelang
Share