Bukan Sembarang Jalan, Ini 4 Gang Kuliner Terkenal di Nusantara

Advertisement

Wisata kuliner saat ini sudah seperti gaya hidup. Bahkan ada turis yang memang sengaja berangkat hanya untuk menikmati kuliner di satu tempat. Pengalaman itu memang seru, kamu cukup melangkahkan kaki dan melihat dengan jeli. Lalu tinggal pilih kuliner yang menarik hati. Seperti di gang-gang kuliner berikut ini, di sisi kanan dan kiri penuh dengan penjual makanan dan berbagai barang. Wisata kuliner pun jadi tidak melelahkan. Langsung saja, berikut daftarnya.

1. Gang Kalimati

Gang-Kalimati-Glodok
Gang-Kalimati-Glodok via EnjoyAja

Kawasan Glodok adalah tempat yang legendaris. Di sini ada Gang Kalimati yang terkenal sebagai pusat kuliner, terutama yang bercita rasa oriental. Sentuhan Tionghoa begitu kental dengan ornamen seperti lampion dan bangunan warna merah. Makanan yang bisa kamu coba adalah ci cong fan hingga mipan. ada juga Soto Tangkar nikmat yang telah ada sejak tahun 1971.

Penjuak kuliner di gang kalimati
Penjuak kuliner di gang kalimati via EnjoyAja

2. Gang Gloria

Gang Gloria Glodok
Gang Gloria Glodok via Instagram/@the_mr_wibowo

Ada juga Gang Gloria di Glodok, Jakarta Barat yang sama-sama bernuansa Tionghoa. Terdapat banyak kuliner enak dan terkenal. Salah satu yang jangan sampai kamu lewatkan adalah kedai Kopi Es Tak Kie. Destinasi kulineran legendaris ini telah ada sejak tahun 1927. Ingin makanan berat tinggal memilih sek Bba, nasi campur, nasi tim, atau Mie Kangkung.

Gang Gloria Glodok
Gang Gloria Glodok via INstagram/@chaya_renati

3. Gang Lombok

Gang Lombok Semarang
Gang Lombok Semarang via Instagram/@qassatana

Gang ini lebih lebar dengan sungai mengalir di salah satu sisinya. Tentu saja ada banyak makanan enak di sini selain Lumpia. Coba juga Mie Sang Kie yang khas dan sudah dijual sejak zaman penjajahan Belanda. Beberapa menu seperti Mie Ayam, Mie Siomay, Mie Pangsit, Mie Keykian, Mie Tahubak, hinga Mie Goreng, dapat kamu santap dengan nikmatnya.

Gang Lombok Semarang
Gang Lombok Semarang via Instagram /@qassatana

4. Gang Aut

Gang Aut Bogor
Kuliner di Gang Aut Bogor via Instagram/@mariadede8

Saking legendarisnya, Gang Aut sudah seperti lorong waktu. Nikmati cita rasa zaman dulu dengan menyantap kuliner-kuliner yang ada di sini. Nikmati Soto Kuning Pak Yusup yang kuahnya mantap. Rasakan lezatnya Bakso Kikil Pak Jaka, hingga mencicipi pepes sagu. Akan semakin seru jika kamu juga mampir ke kedai legendaris seperti Ngohiang, Combro Atmaja, dan Martabak Encek.

Gang Aut Bogor
Salah satu Sudut Gang Aut Bogor via Instagram/@tamtam_thaitea_

Itulah beberapa gang yang menjadi pusat kuliner enak. Lokasinya dekat dengan kota, bisa jadi destinasi alternatif saat akhir pekan nanti.

Advertisement
Tags
Indonesia Jajanan Jakarta kuliner semarang
Share