Mumpung Masih Muda, Cicipi Nih 8 Spot Flying Fox Mendebarkan di Tanah Jawa

Advertisement

Darah muda selalu menyukai tantangan, saat ngetrip juga mencari destinasi berupa petualangan atau hal-hal yang memacu adrenalin. Untuk itu kami suguhkan pilihan atraksi wisata yang cocok untuk anak muda berupa flying fox. Kegiatan meluncur di ketinggian melintasi tali yang panjang ini cukup untuk memacu detak jantung.

Hampir setiap destinasi wisata alam yang memiliki pilihan kegiatan outbond pasti memiliki wahana flying fox. Pilihannya pun beragam, ada yang meluncur dari ketinggian beberapa meter saja dan ada pula yang memiliki ketinggian hingga mendekati ratusan meter. Tapi itu bukan masalah jika dilakukan anak muda yang notabene memang menyukai tantangan. Khusus di Pulau Jawa, setidaknya ada 7 flying fox yang wajib kamu takhlukkan.

1. Puncak, Bogor

Wahana di Citra Alam Riverside [image source]

Banyak penyedia atraksi flying fox di Puncak, Bogor. Lokasinya yang berada di dataran tinggi memang menjadi tempat yang pas untuk mencoba atraksi pemacu adrenalin ini. Salah satu yang wajib traveler cicipi yaitu flying fox di Citra Alam Riverside. Bisa jadi kamu akan berfikir dua kali sebelum meluncur pasalnya wahana ini disebut-sebut sebagai salah satu yang paling panjang jarak luncurnya.

Flying Fox Puncak [via]

Flying fox di Citra Alam Riverside emang didesain bagi mereka yang punya nyali besar. Kecepatan luncuran dari ketinggian 15 meter ini bisa mencapai 80 kilometer per jam dan melahap lintasan sepanjang 300 meter. Bisa dipastikan jika jantung akan berdegup kencang saat tubuh meluncur dengan kecepatan itu. Namun pemandangan indah di sekeliling lintasan akan memberikan sedikit hiburan jika kamu masih berani membuka mata.

Lokasi: Desa Jogjogan RT03/RW01, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesia

No. Telepon: +62 21 7310249

Waktu Operasional: pagi hingga sore hari

2. Bandung Treetop, Bandung

Bandung treetop [image source]

Sama seperti Bogor, Bandung juga memiliki beberapa wahana flying fox yang mendebarkan. Sebut saja flying fox Kampung Bambu, Cikole dan yang paling rekomended adalah Bandung Treetop. Mengapa tempat terakhir paling di sarankan? Hal ini tidak lepas dari keberadaan beberapa tingkatan wahana yang disediakan.

Bandung Treetop [via]

Bandung Treetop selain memiliki wahana flying fox juga menjadi tempat wisata yang berisi berbagai wahana yang menantang. Khusus untuk atraksi meluncur ini disediakan beberapa pilihan yang disesuaikan dengan tingkat keberanian calon pengunjungnya. Artinya ada beberapa pilihan flying fox dengan tinggi dan panjang lintasan yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih sesuai keberanian, jika merasa jago kamu bisa memilih flying fox dari ketinggian 20 meter dan panjang lintasan 160 meter.

Lokasi: Cikole Jayagiri Resort, Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391, Indonesia

No. Telepon: +62 22 82780672

Waktu Operasional: 08.00-16.30

3. Umbul Sidomukti, Semarang

umbul sidomukti [image source]

Kalian tentu tahu dong dengan kawasan Umbul Sidomukti di Semarang. Nah ini adalah salah satu dataran tinggi di ibukota Jawa Tengah yang memiliki pemandangan top sekaligus tempat berkumpulnya berbagai jenis wisata alam yang menyegarkan. Salah satu yang bisa kamu lakukan di sana adalah menjajal wahana flying fox yang disebut-sebut akan membuat spot jantung karena kamu akan meluncur dari ketinggian 70 meter. Wow!

Umbul Sidomukti [via]

Anak muda yang suka dengan kegiatan ekstrem memang cocok jika liburan ke Umbul Sidomukti, Semarang. Di sanalah kamu bisa menemukan atraksi menegangkan seperti paralayang dan juga flying fox. Spesial untuk flying fox, wahana ini menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Dari ketinggian 70 meter kamu ditantang untuk mengalahkan rasa takutmu dan meluncur seperti burung menuju pos pemberhentian. Pemandangan hijau di kawasan tersebut mungkin bisa menjadi peredam rasa takutmu.

Lokasi: Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661, Indonesia

No. Telepon: +62 828-9203-1261

Waktu Operasional: pagi hingga sore hari

4. Ledok Sambi, Yogyakarta

Ledok Sambi [image source]

Di daerah yang istimewa ini memang banyak menawarkan atraksi wisata seru. Salah satu yang bisa dipilih adalah berkunjung ke desa wisata Ledok Sambi. Lokasinya berada di kaki Gunung Merapi tepatnya ada di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Anda bisa mengambil rute menuju Jalan Kaliurang untuk menemukan lokasi desa wisata ini.

Ledok Sambi [image source]

Suasana pedesaan menjadi suguhan utama di Desa Ledok Sambi. Kegiatan juga difokuskan pada outbond, salah satunya tentu saja flying fox. Karena berada di lereng Merapi maka rute lintasan seluncuran tali ini akan melewati kawasan lembah Kali Kuning yang terkenal memiliki karakteristik berbatu-batu. Buat yang takut meluncur sendirian, ada pemandu yang siap menemani kamu bertandem.

Lokasi: JL. Kaliurang, KM. 19, 2, Sleman, Yogyakarta, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta 55582, Indonesia

No. Telepon: +62 274 6618896

Waktu Operasional: 08.00-18.00

5. Kalibiru, Yogyakarta

Kalibiru [image source]

Masih berada di Yogyakarta, spot flying fox berikutnya bisa kamu temukan di Kulonprogo. Kalibiru merupakan tempat wisata yang dikelola oleh masyarakat dan sedang hits akhir-akhir ini. Di sana kamu bisa bersantai di papan yang ada di atas pohon sambil menikmati keindahan alam dan juga Waduk Sermo.

Kalibiru [image source]

Namun jika ingin sesuatu yang menantang kamu bisa mencicipi wahana flying fox. Cukup membayar Rp.35 ribu kamu bisa mencoba wahana ini dan berfoto sepuasnya. Tantangan yang kamu hadapi tentu tak jauh dari hal-hal yang menyangkut tentang ketinggian. Faktanya Kalibiru merupakan kawasan yang berada di ketinggian 450 mdpl, hal ini cukup untuk membuat kaki kamu gemeteran.

Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653, Indonesia

No. Telepon: +62 813-9294-7249

Waktu Operasional: pagi hingga sore hari

6. Pantai Taman, Pacitan

Pantai Taman [image source]

Pacitan tengah booming dengan destinasi pantainya. Namun ada cara anti mainstream untuk menikmati salah satu pantai eksotis di kota ini yaitu dengan menikmatinya sambil meluncur via flying fox. Cara ini hanya bisa kamu lakukan jika berkunjung ke Pantai Taman yang ada di timur kota Pacitan. Kabarnya wahana ini menjadi yang terpanjang dan tertinggi di Indonesia loh itu pun sebelum dikalahkan oleh flying fox di Pasuruan.

Pacitan [via]

Mencicipi flying fox di Pantai Taman selain menyiapkan uang untuk membayar tiket sebesar Rp. 25 ribu, kamu juga harus mempersiapkan mental. Terang saja lokasi start atraksi ini berada di atas bukit di sisi barat pantai yang memiliki ketinggian lebih dari 75 meter. Setelah itu kamu harus meluncur bebas dengan kecepatan tinggi sepanjang 400 meter. Tertantang untuk menakhlukkan wahana ini? Datang saja ke Pacitan.

Lokasi: Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia

7. Tretes Treetop, Pasuruan

Tretes Treetop [image source]

Terakhir dan wajib dicoba jika kamu ngaku punya nyali yang besar adalah flying fox di Tretes Treetop, Pasuruan. Tak tanggung-tanggung di destinasi wisata Tretes ini kamu harus menakhlukkan lintasan luncur sepanjang 750 meter. Ini juga diklaim sebagai wahana flying fox paling panjang se-Asia Tenggara.

Tretes Treetop [via]

Bukan masalah mungkin bagi para pemberani khususnya mereka yang memiliki darah muda. Namun serius ini tidak direkomendasikan bagi penderita jantung maupun mereka yang takut dengan ketinggian dan kecepatan. Sebagai hiburan, pemandangan indah sepanjang rute meluncur berupa pepohonan hijau dan bukit yang subur akan menjadi suguhan penyejuk mata. Dengan trek sepanjang itu jangan sia-siakan untuk merekam aksimu dengan kamera sport seperti GoPro.

Lokasi: Jalan Raya Trawas, Dusun Sumber Wekas, Desa Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157, Indonesia

No. Telepon: +62 856-0636-7474

Waktu Operasional: 08.00-16.00

8. Flying Fox Balekambang, Malang

Balekambang [image source]

Dengan julukan Tanah Lot van Java, Patai Balekambang tidak hanya menghadirkan keindahan pantai dan pura yang menjorok ke laut saja. Di sini, kamu bisa menikmati sensasi meluncur dari ketinggian untuk menyeberangi pantai dengan jarak ujung ke ujung sekitar 75 meter.

Balekambang [via]

Tarif sekali luncur dengan flying fox ini sekitar Rp25.000,00-Rp40.000,00. Harga ini bisa berubah-ubah sesuai musim ramai dari pengunjung. Disarankan untuk datang saat weekday agar tidak terlalu ramai dan antre untuk menikmati keseruan melintasi laut selatan dari atas tali.

Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur 65179, Indonesia

No. Telepon: –

Waktu Operasional: Pagi hingga sore hari

Inilah beberapa flying fox di Pulau Jawa yang bisa kamu coba untuk menguras adreanalin. Mmpung masih muda, yuk coba semuanya wisata ekstrem di Indonesia. Berani enggak?

Advertisement
Tags
Bandung Bogor Flying fox Indonesia Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur Kalibiru pacitan Pasuruan Puncak semarang Yogyakarta
Share