Festival Sindoro Sumbing Temanggung 2019, Kerennya Kebangetan!

Advertisement

Festival budaya Kabupaten Temanggung dan Wonosobo akhirnya digelar. Dua Kabupaten di Jawa Tengah ini berkolaborasi dalam menggelar festival Sindoro Sumbing Temanggung dan memberi tema besar pada festival yaitu lestari. Tema tersebut sesuai dengan tujuan diadakan festival budaya ini yaitu pelestarian lingkungan melalui pendekatan yang kreatif serta seni pertunjukan.

Teman traveler yang ingin menyambangi festival ini, yuk cek dulu rangkaian acara festival tersebut!

1. Panggung Jaranan

panggung jaran kepang via instagram/sulukmata

Rangkaian Festival Sindoro Sumbing Temanggung dimulai sejak tanggal 9 Juni 2019 di Alun-alun kota Temanggung dengan panggung jaranan. Lomba ini diikuti oleh 18 kelompok kesenian di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bintang tamu utama panggung jaranan ini tentunya grup jaranan dari Temanggung.

2. Ngopi di Pasar Papringan Ngadiprono

Ngopi di Papringan via Instagram/festivalsindorosumbing

Tanggal 16 Juni 2019 juga akan dilaksanakan workshop dan pameran mengenai kopi. Acara tersebut juga akan dimeriahkan dengan penjualan kopi serta kuliner lokal yang lezat. Ngopi di pasar Papringan ini dalam rangka mengangkat citra kopi lokal di tingkat nasional dan internasional, serta mendukung para petani kopi yang telah melanggengkan budaya lokal. Jangan sampai ketinggalan acara ini ya, teman traveler!

3. Sarasehan Budaya Dusun Lamuk Gunung

Sarasehan budaya festival Sindoro Sumbing via instagram/festivalsindorosumbing

Festival Sindoro Sumbing Temanggung juga disemarakkan dengan acara sarasehan budaya di Dusun Lamuk Gunung, Kecamatan Tlogomulyo, Temanggung pada tanggal 25 Juni 2019. Sarasehan ini akan mengangkat tema jaran kepang yang telah memberikan dampak sosial dan ekonomi kepada masyarakat lokal. Kesenian ini juga turut berperan serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

Setelah acara sarasehan budaya, esok harinya akan dilanjutkan dengan loka karya kostum jaran kepang selama dua hari di Dusun Lamuk Gunung. Acara ini akan menghadirkan para perancang busana, antropolog, serta pakar ekonomi kreatif dan dihadiri oleh 50 perajin kostum.

4. Jifolk

Jifolk via instagram/festivalsindorosumbing

Teman traveler yang menggemari musik bisa datang ke Jifolk di Alun-alun Temanggung pada tanggal 12-14 Juli 2019. Kalian bisa menikmati pertunjukan Tari Barong, Lengger, Kethek Ogleng hingga menikmati musik Sasando dari Flores dan Rampak Kendang dari Jawa Barat.

Ada 9 negara ASEAN yang turut berpartisipasi memeriahkan festival budaya Sindoro Sumbing Temanggung, antara lain Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Masing-masing negara akan unjuk kebolehan di bidang seni pada acara Jifolk.

Sendratari Sindoro sumbing via instagram/festivalsindorosumbing

Selain berbagai acara unggulan di atas, festival Sindoro Sumbing Temanggung juga akan diisi dengan Sendratari Sindoro Sumbing di Lapangan Kledung, Temanggung pada tanggal 19 – 20 Juli 2019, kemudian Java Balloon Attraction di Lapangan Pagerejo-Wonosobo pada tanggal 15 Juni 2019.

Acara lainnya yang tidak boleh teman traveler lewatkan adalah, Bedhol Kedaton pada tanggal 23 Juli 2019, Birat Sengkala dan Parade Tapa Bisu pada tanggal 23 Juli 2019, Pisowanan Agung dan Kenduri 1000 Tenong pada tanggal 24 juli 2019. Ritual tahunan Wonosobo yang juga menjadi daya tarik festival Sindoro Sumbing Temanggung adalah Ruwat Cukur Rambut gembel serta pentas kolosal Topeng Lengger di Alun-alun Wonosobo pada tanggal 27 Juli 2019.

Advertisement
Tags
festival budaya festival sindoro sumbing temanggung Indonesia Jawa Tengah Temanggung Wonosobo
Share