4 Makanan Tradisional di Festival Kuliner Sleman, Enak dan Bikin Ketagihan

Advertisement

Pagelaran festival kuliner kini menjadi acara yang ditunggu-tunggu. Termasuk Festival Kuliner Sleman yang diselenggarakan mulai tanggal 4 hingga 6 Mei 2018. Dalam acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata Sleman ini bertempat di Taman Kuliner Condongcatur. Adapun hidangan yang ditawarkan beragam. Termasuk juga makanan khas Nusantara yang rasanya tak diragukan lagi. Penasaran apa saja kan? Berikut daftarnya.

1. Enthok Slenget Kang Tanir

Enthok Slenget Kang Tanir di Jogja
Enthok Slenget Kang Tanir di Jogja via instagram/@gilamakanjogja

Pernah dengar menu enthok slenget? Hidangan ini merupakan makanan khas Sleman. Isinya berupa daging enthok (sejenis bebek dengan daging sedikit alot) yang dimasak dengan bumbu rica-rica. Cita rasanya pedas manis yang bikin ketagihan. Seporsinya tidak hanya berisi daging, tapi juga bisa ditambah jeroan. Dalam acara Festival Kuliner Sleman, kamu bisa mencoba Enthok Slenget buatan Kang Tanir. Biasanya, menu ini dijual di Jalan Pakem Turi Donokerto, Turi, Sleman.

Enthok Slenget Kang Tanir
Enthok Slenget Kang Tanir via instagram/@jogjabikinlaper

2. Jadah Tempe Mbah Carik

Jadah tempe dan wajik
Jadah tempe dan wajik via instagram/@pipitrezita

Hidangan Jadah Tempe Mbah Carik di Kaliurang memang unik dan spesial. Tak heran masuk dalam daftar makanan di Festival Kuliner Sleman. Sesuai dengan namanya, jadah di sini terbuat dari ketan. Keunikannya terdapat pada tempe yang sebelumnya dibacem terlebih dahulu. Setelah itu, dua jenis jajanan ini disusun seperti burger dan dibungkus daun pisang. unik, tapi rasanya istimewa.

Jadah Tempe di Sleman
Jadah Tempe di Sleman via instagram/@sam_kuliner

3. Tongseng Kopyok Mbah Ganis

Tongseng Kopyok Mbah Ganis
Tongseng Kopyok Mbah Ganis via instagram/@imel_melati

Pecinta tongseng pasti bakalan ngiler selama di Festival Kuliner Sleman. Di sini ada menu andalan warung Mbah Ganis, Kaliurang. Apalagi kalau bukan tongseng kopyok. Berbeda dari lainnya, penyajian menu di sini unik. Daging tongseng di sini ditusuk seperti sate. Kemudian disajikan dengan kuah serta kopyokan telur. Tidak begitu kental, tapi rasanya menggiurkan. Apalagi ada tambahan irisan kubis.

Tongseng Kopyok Mbah Ganis di Kaliurang
Tongseng Kopyok Mbah Ganis di Kaliurang via instagram/@rere.riandika

4. Jajanan Pasar Bu Bagyo

Jajanan Pasar Bu Bayo
Jajanan Pasar Bu Bayo via instagram/@jajanansleman

Tak dapat dipungkiri jika banyak kuliner tradisional yang kini makin susah ditemukan. Namun, mungkin jajanan yang kamu favoritkan ada di Festival Kuliner Sleman. Dalam acara ini ada Bu Bagyo yang menawarkan aneka jajanan tradisional. Ada cenil, lupis, jadah, dan banyak lagi lainnya. Soal harganya juga terjangkau dan tak bikin kantong jebol.

Ilustrasi Jajanan Pasar
Ilustrasi Jajanan Pasar via instagram/@wonosobohitz

Tengah liburan di Jogja dan sekitarnya? Mampir saja ke Sleman dan mencoba makanan enak di Festival Kuliner Sleman. Selain hidangan, ada juga panggung musik dan hiburan serta aneka lomba seru. Tertarik bukan?

Advertisement
Tags
Festival Kuliner Festival Kuliner Mei Indonesia Jogja Sleman
Share