Ngeri! Meksiko Punya Festival Kematian

Advertisement

Setiap tahun pada awal bulan November, Meksiko selalu menyelenggarakan festival aneh nan menyeramkan bernama Dia de Muertos, jika diartikan ini adalah sebuah Festival Kematian. Pada hari itu para warga akan mendandani wajahnya menyerupai tengkorak atau hanya memakai topeng dengan tema serupa.

Dia de Muertos adalah sebuah Festival Kematian yang juga merupakan tradisi warga Meksiko yang telah mereka jalani selama ratusan tahun dan masih eksis hingga sekarang. Dilansir Travelingyuk dari CNN, festival yang beraroma mistis ini selalu diadakan pada bulan November tepatnya pada tanggal 1 dan 2.

Festival Kematian [image source]
Festival Kematian [image source]
Jika Anda ingin mencari liburan anti mainstream di Meksiko, datanglah pada tanggal tersebut. Anda akan mendapati pemandangan ngeri hampir di seluruh daratannya di mana banyak sekali “tengkorak” yang berlalu lalang di jalanan dari pagi hingga malam hari.

Para penduduk mempercayai bahwa setiap tanggal 1 November, arwah anak-anak yang telah meninggal akan pulang kembali ke rumah dan berkumpul dengan keluarganya. Setelah itu, giliran roh orang dewasa yang pulang di hari berikutnya. Selama dua hari tersebut jalanan di kota-kota di Meksiko akan penuh dengan manusia berkostum tengkorak. Bahkan pada malam hari, komplek kuburan juga akan dipenuhi orang.

Dalam festival ini juga diadakan parade yang sangat meriah dan diikuti oleh banyak wisatawan. Maklum saja, acara ini memang telah menjadi agenda wisata turis mancanegara. Meski demikian para penduduk asli tetap berdoa dengan khidmat di kuburan keluarga tercinta yang telah meninggal.

Prosesnya, warga akan datang ke pemakaman anggota keluarganya yang telah meninggal. Di sana mereka akan menaruh lilin dan barang-barang kesayangan orang yang meninggal sambil berdoa. Uniknya mereka datang dalam keadaan memakai kostum tengkorak seperti dalam tayangan video di atas.

Festival kematian bukan hanya diadakan di Meksiko saja, beberapa negara Amerika Latin seperti Chile, Brasil dan Venezuela juga memiliki tradisi ini. Hanya saja, Festival Kematian yang ada di Meksiko ini adalah yang paling terkenal karena menjadi tradisi yang telah dijalankan selama berabad-abad.

Advertisement
Tags
Dia de Muertos festival Luar negeri Meksiko
Share