Explore Blitar, 5 Destinasi Keren di Kota Tempat Bersemayam Bung Karno

Advertisement

Tujuan utama ke Blitar tak lain adalah melakukan ziarah di kompleks makam Bung Karno. Saat ini, tempat bersemayam Proklamator RI tersebut telah berubah menjadi destinasi wisata. Padahal di kota ini masih terdapat beberapa destinasi wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Seperti yang dapat kamu lihat pada lima poin berikut ini.

1. Air Terjun Tirto Galuh

Aliran air yang berasal dari satu sumber kemudian terpecah via instagram
Aliran air yang berasal dari satu sumber kemudian terpecah via instagram/@aamrynt

Meskipun sumbernya hanya berasal dari satu sungai, Tirto Galuh memiliki sumber air terjun di beberapa titik. Fenomena tersebut membuat Tirto Galuh memiliki beberapa air terjun mini. Tingginya pun beragam, mulai dari tiga hingga lima meter. Air terjun unik ini dapat kamu temukan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung.

2. Gardu Pandang Perkebunan Nglegok

Latar belakang perbukitan yang menyerupai rumah Teletubies via instagram
Latar belakang perbukitan yang menyerupai rumah Teletubies via instagram/@ellyaafebrian

Gardu Pandang Perkebunan Nglegok merupakan bekas pos pantau Gunung Kelud yang menjelma menjadi destinasi wisata. Sesuai dengan fungsi awalnya, di sini kamu juga dapat menyaksikan lansekap Gunung Kelud yang memukau. Dari gardu pandang ini juga kamu dapat menikmati hamparan perbukitan hijau yang menyerupai rumah Teletubies.

3. Penangkaran Rusa Maliran

Di sini kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan rusa via instagram
Di sini kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan rusa via instagram/@gusakti

Kamu tak hanya dapat menemukan penangkaran rusa di Ranca Upas, Jawa Barat. Karena di Hutan Maliran, Kecamatan Ponggok, Blitar, juga terdapat tempat serupa. Selain berinteraksi dengan rusa yang jinak, kamu juga dapat berkeliling dengan menggunakan sepeda, atau bersantai di gazebo yang telah disediakan.

4. Jurug Bening

Panorama di Jurug Bening via instagram
Panorama di Jurug Bening via instagram/@abbeyegha

Ketinggiannya memiliki ketinggian kurang dari 35 meter dengan aliran yang tak terlalu deras. Karena air yang jatuh terpecah menjadi beberapa aliran. Di bawahnya terdapat sebuah kolam yang menampun jatuhan air tersebut. Meskipun tampak tenang dan biasa saja, jangan terlalu berenang jauh ke tengah ya. Bagaimanapun keselamatan nomor satu.

5. Kedung Entong

Kedung Entong yang menyerupai ngarai, namun masih sepi pengunjung via instagram
Kedung Entong yang menyerupai ngarai, namun masih sepi pengunjung via instagram/@ezytravel

Lokasinya cukup tersembunyi, berada dalam wilayah desa Pulerejo, Kecamatan Bakung. Aksesnya yang sulit membuat air terjun ini belum terlalu ramai pengunjung. Padahal panoramanya tak kalah indah. Batuan kecil dan air tenang yang berbentuk kolam dapat kamu nikmati di sini. Selain itu, debit airnya yang tak terlalu deras, membuat tempat ini seru untuk dinikmati.

Meskipun salah satu tempat di atas memiliki akses yang cukup sulit, keindahan yang akan kamu dapatkan tetap sepadan. Setiap usaha akan membuahkan hasil bukan?

Advertisement
Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur Wisata
Share