Peringati HUT Kota Surabaya, Sederet Event ini Menanti Kamu di Kota Pahlawan

Advertisement

Buat kamu yang ingin mengunjungi Kota Surabaya di bulan Mei ini bisa jadi waktu yang pas. Hal ini lantaran banyak event yang diselenggarakan hingga akhir Mei nanti dalam rangka memperingati HUT Kota Surabaya Ke – 725 yang jatuh pada tanggal 31 Mei 2018. Event HUT Kota Surabaya pun lengkap untuk semua kalangan, dari wisata rakyat hingga pagelaran busana. Sayang sekali untuk dilewatkan karena 7 event ini hanya ada sekali dalam setahun di Kota Pahlawan.

1. Surabaya Health Season (SBS) – 1 s/d 31 Mei 2018

Sumber Gambar : mbakavy.com
Surabaya Health Season via mbakavy.com

Masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, sangat menjadi perhatian bagi Pemerintah Kota Surabaya. Dengan diadakannya event Surabaya Health Season ini, Pemerintah Kota Surabaya berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan serta menggerakkan masyarakat agar senantiasa hidup sehat. Ke depannya, Pemerintah Kota Surabaya berharap agar Kota Surabaya tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata belanja, namun juga dapat menjadi Kota Wisata Kesehatan.

2. Surabaya Shopping Festival (SSF) – 1 s/d 31 Mei 2018

Sumber Gambar : aengaeng.com
Surabaya Shopping Festival via aengaeng.com

Siapa yang tidak mengenal Kota Surabaya sebagai Kota Wisata Belanja? Sebagai salah kota besar di Indonesia, Kota Surabaya selalu menjadi tujuan wisatawan untuk berbelanja. Dalam rangka memperingati HUT Kota Surabaya Ke – 725 kali ini, Pemerintah Kota Surabaya menggelar event Surabaya Shopping Festival. Tidak tanggung – tanggung, event ini rencananya akan berlangsung selama satu bulan penuh. Kamu yang sedang berkunjung ke Kota Surabaya dapat menikmati diskon menarik di semua pusat perbelanjaan yang ada di Surabaya. Bahkan diskon yang diberikan bisa mencapai 80%, lho!

3. Surabaya Fashion Parade (SFP) – 2 s/d 6 Mei 2018

Sumber Gambar : bisniswisata.co.id
Surabaya Fashion Parade via bisniswisata.co.id

Surabaya Fashion Parade (SFP) 2018 kali ini akan digelar di Atrium Tunjungan Plaza Convention Hall. Tepatnya di Camelleon Hall Tunjungan Plaza 6 Lantai 5. Pada peragaan busana kali ini, Tunjungan Plaza Surabaya sebagai pihak penyelengggara bekerjasama dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) dengan mengusung tema UN11TE.

Tema tersebut sekaligus untuk menandai penyelenggaraan SFP yang telah digelar untuk ke – 11 kalinya. Selain itu, mereka berharap dengan diangkatnya tema tersebut dapat semakin mempererat kebhinekaan Indonesia. Meskipun Indonesia memiliki keberagaman budaya, namun harus tetap menjadi satu kesatuan bangsa, yakni bangsa Indonesia. Ada 5 (lima) macam tema busana yang akan diperagakan dalam event SFP 2018 selama 5 hari berturut-turut, yakni Ethnic, Coctail, Moslem/Modest Wear, Glamorous Party, dan Urban.

4. Pasar Malam Tjap Toendjoengan (PMTT) – 4 Mei s/d 3 Juni 2018

Sumber Gambar : enciety.co
Pasar Malam Tjap Toendjoengan via enciety.co

Buat kamu yang mengikuti sejarah perkembangan Kota Surabaya, pasti tahu tentang Pasar Malam Tjap Toendjoengan. Ya, dulunya Pasar Malam Tjap Toendjoengan merupakan pusat perbelanjaan yang sangat legendaris di Kota Surabaya. Lokasinya berada di Jalan Tunjungan. Namun sayangnya lokasi tersebut digusur, dan pasar malam pun ditutup. Dengan adanya event Pasar Malam Tjap Toendjoengan ini, Pemerintah Kota Surabaya ingin kembali melestarikan pasar tradisional tersebut.

Ada pun acara yang diselenggarakan yakni berupa Food Festival yang dipadukan dengan hiburan ala pasar malam. Event tersebut rencananya akan digelar di East Cost Pakuwon City Surabaya. Dalam event ini kamu bisa nyobain beragam kuliner nusantara mulai dari rujak uleg, nasi liwet, gudeg, lontong balap, es manado, tahun tek, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat berkuliner ria sambil menikmati pertunjukan seperti ludruk, ketoprak, dan berbagai macam lomba yang telah disiapkan.

5. Parade Bunga & Budaya – 6 Mei 2018

Sumber Gambar : superradio.id
Parade Bunga & Budaya via superradio.id

Parade Bunga & Budaya merupakan salah satu event yang sangat dinanti, khususnya bagi warga Surabaya. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme para peserta yang meningkat cukup signifikan dari waktu ke waktu. Peserta Parade Bunga & Budaya ini sangat beragam. Ada yang berasal dari Pemerintahan, BUMN, Perusahaan Swasta, Institusi Pendidikan, Komunitas, dan ada pula perwakitan dari Kota Sahabat maupun Negara Sahabat.

Selain untuk memperingati HUT Kota Surabaya Ke – 725, Parade Bunga & Budaya diadakan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya bangsa kepada khalayak umum. Rute yang akan ditempuh yakni dimulai dari Tugu Pahlawan, dan berakhir di Taman Bungkul.

6. Festival Rujak Uleg – 13 Mei 2018

Sumber Gambar : jawapos.com
Festival Rujak Uleg via jawapos.com

Rujak Uleg merupakan salah satu kuliner Surabaya yang tetap bisa mempertahankan esksistensinya hingga saat ini. Sebagai masyarakat Kota  Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya berharap agar dapat terus melestarikan warisan kuliner nusantara tersebut. Namun ada yang berbeda dari perayaan Festival Rujak Uleg kali ini. Kabarnya, Pemerintah Kota Surabaya, dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya akan bekerjasama dengan Harian Radar Surabaya untuk memecahkan rekor MURI.

Ada pun gebrakan baru yang akan dibuat yakni pencatatan rekor MURI dengan cobek terlebar, yakni 2,5 meter. Selain itu, akan ada sekitar lebih dari 1.000 orang yang akan mengulek rujak secara bersama-sama di sepanjang Jalan Kembang Jepun. Acara tersebut nampaknya juga akan dimeriahkan dengan penampilan Barongsai dan tarian Reog Ponorogo.

7. Upacara HUT Suroboyo 7, 25 – 31 Mei 2018

Sumber Gambar : jatim.antaranews.com
Upacara HUT Suroboyo 7 via jatim.antaranews.com

Puncak dari serangkaian event diatas adalah Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya Ke – 725. Upacara tersebut nantinya akan diselenggarakan di Balai Kota Surabaya. Meskipun Peringatan HUT seringkali digelar dengan megah dan mewah, namun momen tersebut juga bisa kita jadikan sebagai momen untuk kita introspeksi diri.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus memikirkan apa yang dapat kita lakukan kedepannya untuk memajukan daerah, bahkan negara kita. Sehingga kita tidak hanya akan menjadi generasi yang pandai ber hura-hura saja, namun kita juga dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Kota Surabaya pada bulan Mei nanti? Jangan sampai kelewatan, ya! Karena event seperti ini hanya bisa ditemui sekali dalam setahun. Selamat berlibur!

Advertisement
Tags
Share