Cita Rasa Es Pinggir Jalan di Semarang Ini Benar-benar Juara

Advertisement

Objek wisata Semarang memang asyik untuk dijelajahi berulang kali. Begitu pula dengan kuliner khasnya yang istimewa. Selain pisang plenet yang mulai terancam punah, kamu juga wajib mencoba es-es segar paling populer di kota ini. Seperti berikut ini.

1. Es Dawet Kampung Kali

Es Dawet Kampung Kali Semarang
Es Dawet Kampung Kali Semarang [image source]
Pecinta kuliner Semarang pasti tak asing dengan Es Dawet Kampung Kali. Seperti namanya, warung ini berada di daerah bernama Kampung Kali, tepatnya di Jalan Mayjen Sutoyo 69. Menu andalannya adalah es dawet yang dicampur dengan daging durian. Sayangnya, sajian istimewa ini hanya ada saat musim durian. Tak perlu khawatir, es dawet biasa yang berisi cendol, tape ketan putih, potongan nangka, serta siraman santan dan air gula jawa juga siap memanjakan lidahmu.

Es Dawet Kampung Kali
Es Dawet Kampung Kali [image source]

2. Es Cao Gang Lombok

Es Cao Gang Lombok di Semarang
Es Cao Gang Lombok di Semarang [image source]
Gang Lombok merupakan surganya jajanan enak di Semarang. Tak hanya lumpia, ada Es Cao yang juga populer dan diburu banyak orang. Minuman segar yang berisi cincau hitam, pepaya, manisan mangga, kelapa muda, kolang-kaling, sirup, serta es serut memiliki rasa istimewa yang membuat ketagihan. Penasaran dengan rasanya, kunjungi saja warungnya di Gang Lombok, No. 9, Kauman, Semarang Tengah.

Es Cao Gang Lombok
Es Cao Gang Lombok [image source]

3. Es Campur Pak Joni

Es Campur Pak Joni Semarang
Es Campur Pak Joni Semarang [image source]
Warung sederhana yang terletak di Jalan Sidodadi Timur nomor 9 ini berdiri sejak tahun 1976. Banyaknya pengunjung yang datang hanya demi mendapatkan seporsi bakso jumbo dengan kuahnya yang istimewa. Di kedai bakso ini, tak hanya ada bola-bola daging berkuah tapi juga tersedia menu es. Ada es campur, es teler, es roti, hingga es spesial alpukat dengan isian melimpah. Cocok disantap saat siang hari.

Es Campur Pak Joni
Es Campur Pak Joni [image source]

4. Wedang & Es Puter Pak Kirman

Es Puter Pak Kirman
Es Puter Pak Kirman [image source]
Menikmati kesegaran es pinggir jalan di Semarang tak hanya siang hari. Kamu juga dapat menyantap es puter saat malam hari di Wedangan & Es Puter Pak Kirman yang terletak di Jalan Tlogosari Raya. Hingga artikel ini ditulis, harga seporsi es puter di sini hanya Rp5.000 dengan isi 3 scoop. Sementara rasanya juga beragam, ada pandan, durian, serta cokelat. Kedai sederhana ini tak hanya menyediakan menu dingin, tapi juga minuman hangat seperti ronde, wedang roti, kacang ijo hingga kacang tanah.

Wedangan Es Puter Pak Kirman
Wedangan Es Puter Pak Kirman [image source]

5. Es Puter Cong Lik

Es Puter Conglik Semarang
Es Puter Conglik Semarang [image source]
Es Puter Conglik merupakan kuliner yang wajib dicoba saat liburan ke Semarang. Warung legendaris yang berada di Jalan Ahmad Dahlan ini, menawarkan es puter nikmat dengan berbagai isian seperti nangka, sersak, leci, klengkeng, kacang hijau serta blewah. Soal rasa, tentu saja istimewa. Apalagi jikan ada tambahan durian di atasnya.

Es Puter Conglik
Es Puter Conglik [image source]
Baik siang maupun malam hari, kuliner es-es segar di Semarang memang menggoda mata. Jadi, kapan nih wisata kuliner di Kota Lumpia?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah semarang
Share