Incip Kakigori, Es Serut Khas Jepang yang Punya Banyak Varian

Advertisement

Jepang tidak hanya terkenal dengan sushi atau ramennya. Ada banyak makanan enak dan menggiurkan yang memanjakan lidah di negara ini. Salah satunya es kakigori, kuliner tradisional yang kini muncul dengan aneka varian baru. Saking populernya, es serut khas Jepang ini bisa ditemukan di beberapa negara. Apa saja sih varian es kakigori khas Jepang ini? Simak rangkumannya berikut, yuk!

1. Ujikintoki, Matcha Kakigori

Ujikintoki, Matcha Kakigori
Ujikintoki, Matcha Kakigori via instagram/@keiko8691

Varian pertama yang mencuri perhatian pecinta kuliner adalah Ujikintoki, kakigori rasa matcha. Es serut ini disajikan di atas mangkuk ukuran besar. Seperti kakigori pada umumnya, ujikintoki berisikan diberi aneka toppping mulai dari shiratama dango, irisan buah segar hingga susu kental manis. Terakhir adalah sirup rasa matcha yang membuat es serut berganti warna menjadi kehijauan.

Ujikintoki
Ujikintoki via instagram/@thisgirlabroad

2. Nutella Bomb Kakigori

Nutella Bomb Kakigori Jepang
Nutella Bomb Kakigori Jepang via instagram/@sumo_boo

Variaan es khas Jepang berikutnya adalah Nutella Bomb Kakigori. Kesegaran dari menu ini sulit dilupakan, apalagi bagi pecinta cokelat. Kakigori satu ini berisikan nutella bomb yang merupakan mochi berisi nutella. Teksturnya kenyal dan bikin ketagihan. Tak hanya itu, gunungan cokelat serta almond slice juga siap bikin ngiler. Makin istimewa dengan siraman susu cokelat di atasnya.

Nutella Bomb Kakigori
Nutella Bomb Kakigori via instagram/@maria_fiona

3. Mango Sticky Rice Kakigori

Mango Sticky Rice Kakigori Jepang
Mango Sticky Rice Kakigori Jepang via instagram/@leean

Bagi pecinta kuliner tanah, mango sticky rice bukanlah menu asing. Namun, bagaimana jika makanan khas Thailand tersebut dipadukan dengan es serut? Di Bangkok, menu ini menjadi salah satu dessert paling dicari. Kesegaran buah yang disiram dengan es serut serta krim kelapa sangat memanjakan lidah. Apalagi disantap saat cuaca lagi panas-panasnya.

Mango Sticky Rice Kakigori
Mango Sticky Rice Kakigori via instagram/@hj_419

4. Thai Milk Tea

Thai Milk Tea Kakigori
Thai Milk Tea Kakigori via instagram/@leody1

Selain mango stikcy rice, kakigori dengan rasa teh Thailand juga tak kalah menyedot perhatian. Perpaduan es serut dengan tekstur halus dan lembut terlihat sangat menggiurkan saat disiram teh serta saus krim yang segar. Tambahan irisan almond di atasnya juga membuatnya makin istimewa. Beberapa tempat menambahkan jeli dan roti yang dipotong dadu di bawah es serut. Rasanya nendang banget, apalagi bagi pecinta teh Thailand

Thai Milk Tea
Thai Milk Tea via instagram/@navyfoodie

Nah, itulah beberapa varian dari es kakigori khas Jepang. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner es tradisional dari Negeri Sakura ini kan? Tenang, beberapa kota di Indonesia juga ada yang menjual menu ini loh.

Advertisement
Tags
Es Khas Jepang Indonesia jepang kuliner Jepang
Share