Lezatnya Es Cendol Elizabeth, Kuliner Legendarisnya Bandung

Advertisement

Bandung, kota cantik yang tak pernah membuat bosan wisatawan. Bukan hanya menawarkan tempat eksotis lengkap dengan pemandangan alam, ibu kota Jawa Barat ini juga memiliki banyak kuliner yang menggugah selera. Termasuk makanan legendaris yang sudah dikenal puluhan tahun. Seperti Es Cendol Elizabeth berikut ini.

Terkenal Sejak Era 70-an

Es Cendol Legendaris di Bandung
Es Cendol Legendaris di Bandung via instagram/@foodgallerybdg

Kuliner Bandung yang terletak di Jalan Inhoftank No. 64 ini merupakan menu wajib saat liburan ke Kota Kembang. Bukan saja soal cita rasanya, ternyata jajanan ini dikenal cukup legendaris. Konon, Es Cendol Elizabeth yang dikelola Haji Rohman ini sudah ada sejak tahun 1972. Awalnya beliau berjualan keliling di sekitar kawasan Leo Genteng sampai Ciateul menggunakan gerobak. Baru pada tahun 1982, Haji Rohman pindah ke daerah Inhoftank dan mendirikan warung yang kini tak pernah sepi pengunjung.

Warung Es Cendol Elizabeth
Warung Es Cendol Elizabeth via instagram/@atikaichwani

Cendol Segar dengan Campuran Buah

Es Cendol Nangka
Es Cendol Nangka via instagram/@rianamilans

Makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung hunkwe atau tepung beras ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Apalagi ketika es parut, gula merah cair, serta santan sudah tercampur rata. Namun, kamu tak hanya menemukan cendol biasa di Es Cendol Elizabeth. Pasalnya, seporsi es di sini juga dicampur dengan buah segar sesuai selera. Nangka salah satunya.

Es Cendol dengan nangka
Es Cendol dengan nangka via instagram/@bdgsociety

Banyak KWnya Padahal Tak Buka Cabang

Porsi Es Cendol buatan Haji Rohman
Porsi Es Cendol buatan Haji Rohman via instagram/@firman.sidik.said

Untuk kamu yang baru pertama mau coba kuliner legendaris ini, jangan sampai salah tempat. Pasalnya, banyak penjual cendol kaki lima yang menggunakan nama Elizabeth. Tentu saja es cendol tersebut bukan asli buatan keluarga Haji Rohman. Hingga saat ini warung dengan menu enak dan menyegarkan ini tidak membuka cabang. Ingat juga, tempat makan tersebut buka dari jam 10 pagi hingga 8 malam.

Ilustrasi es cendol Elizabeth
Ilustrasi es cendol Elizabeth via instagram/@tineseptiramdhani

Menu Enak di Warung Cendol Elizabeth

Mie Bakso dan Es Cendol Elizabeth
Mie Bakso dan Es Cendol Elizabeth via instagram/@muhammad_rizkypratama

Tak hanya minuman segar dengan kuah santan ini saja yang disediakan. Kamu bisa memesan aneka camilan serta makanan berat yang pastinya menggoyang lidah di Warung Cendol Elizabeth. Ada mie bakso, batagor, siomay, nasi timbel ayam, bahkan es goyobod. Harganya pun cukup terjangkau. Hingga artikel ini ditulis, es cendol nangka di sini berkisar Rp7.000.

Nasi timbel ayam
Nasi timbel ayam via instagram/@cemalcemilsmg

Tak hanya Es Cendol Elizabeth, masih banyak makanan legendaris yang hingga kini masih ramai diburu oleh pecinta kuliner, termasuk wisatawan lokal maupun dari luar kota. Nah, berencana untuk liburan ke Kota Kembang? Jangan lupa mampir ke sini ya!

Advertisement
Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner bandung Kuliner Legendaris
Share