Pilihan Destinasi Wisata Mirip Raja Ampat, Alternatif Liburan Seru Saat ke Papua Masih Rencana

Advertisement

Destinasi wisata mirip Raja Ampat di Indonesia berikut ini bisa menjadi alternatif berlibur saat ke Papua rasanya masih terlalu jauh. Walau tentu saja tidak bisa dibanding-bandingkan, mereka punya kemiripan.

Di mana saja bisa Teman Traveler menemukan Raja Ampat ‘lain’ di Indonesia? Ini dia ulasannya!

Kawasan Wisata Mandeh, Sumatra Barat

Kawasan Wisata Mandeh via Instagram/viccaramayani

Kawasan Wisata Mandeh merupakan gugusan pulau yang lokasinya berada di Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Pulau-pulau di kawasan ini meliputi Sironjong Besar dan Kecil, Pulau Setan, Traju dan Pulau Cubadak. Dari jauh, pulau-pulau tersebut sekilas tampak seperti Raja Ampat.

Jangan Lupa Mampir ke Sini! via Instagram/fhe_bie

Secara administratif, Mandeh berada di Kecamatan Koto IX Tarusan, Kebupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Jaraknya sekitar 43 Km dari pusat Kota Padang. Dengan berkendara, Teman Traveler hanya perlu waktu sekitar 2 jam untuk sampai lokasi.

Pantai Kasap, Pacitan

Pantai Kasap yang Mirip Raja Ampat via Instagram/yurikaadya

Raja Ampat memang memikat. Ia menjadi semacam wishlist bagi banyak wisatawan dalam dan luar negeri. Namun jika belum punya kesempatan untuk mengunjunginya, Pantai Kasap di Pacitan bisa jadi alternatif pilihan.

Dijuluki Sebagai Raja Ampat dari Jawa Timur via Instagram/amripratama_

Agar dapat menikmati pemandangan ala Raja Ampat di Pantai Kasap, Teman Traveler harus jalan ke sebuah bukit melalui jalan setapak. Pihak pengelola sudah menyediakan gardu pandang yang bisa dipakai untuk menikmatinya berlama-lama. Jangan lupa berfoto ya!

Kepulauan Sombori, Sulawesi Tengah

Kepulauan Sombori yang Juga Dinilai Mirip Raja Ampat via Instagram/andiputri_makeup

Jalan-jalan ke Sulawesi Tengah namun ingin merasakan sensasi berada di Raja Ampat? Teman Traveler hanya perlu berkunjung ke Kepulauan Sombori di Morowali, Sulawesi Tengah.

Pemandangannya yang Luar Biasa via Instagram/rif.ki

Gugusan batu karang di kepulauan ini takkalah saing dengan keeksotisan Raja Ampat. Selain itu, pesona bawah laut di Kepulauan Sombori juga terkenal memesona. Jika beruntung, wisatawan yang mengarungi samudra dengan perahu di destinasi wisata mirip Raja Ampat ini dapat bertemu dengan hiu paus dan lumba-lumba lho.

Ulu Kasok, Riau

Ulu Kasok Riau Dijuluki Raja Ampat Mini via Instagram/caesadhanisa

Raja Ampat mudah dikenali karena lanskapnya yang unik. Gugusan batu karang berukuran besar dan kecil menjadi ciri khasnya. Nah! Kekhasan ini pula yang bisa dilihat saat Teman Traveler berlibur ke Ulu Kasok, Riau.

Mirip dengan Raja Ampat via Instagram/ivan.weiger

Destinasi wisata yang terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau ini bahkan sudah dijuluki sebagai Raja Ampat mini. Ia merupakan sebuah danau air tawar dengan ‘pulau-pulau’ kecil di bagian tengahnya.

Menurut informasi, gundukan yang menyembul tersebut adalah bukit-bukit yang sengaja ditenggelamkan ketika pembuatan PLTA Kota Panjang pada 1991 lalu. Namun, alih-alih terendam, bukit tersebut justru terlihat seperti pulau.

Pantai Appalarang, Sulawesi Selatan

Pantai Appalarang via Instagram/alamdaeng.p

Pantai Appalarang di Desa Ara, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan juga disebut-sebut mirip dengan Raja Ampat. Uniknya, ia tidak seperti pantai kebanyakan yang memiliki pesisir. Appalarang Beach malah terkenal dengan tebing-tebing batu karang yang mengelilingi kawasan perairan.

Punya Keindahan Alam Bawah Laut yang Sama dengan Raja Ampat via Instagram/daeng_vhino

Pantai Appalarang juga merupakan salah satu destinasi wisata mirip Raja Ampat karena memiliki biota laut yang sama-sama luar biasa. Seperti karang dan coral warna-warni yang memanjakan wisatawan. Teman Traveler hobi snorkeling? Maka harus mencobanya!

Waduk Bajulmati, Banyuwangi

Waduk Bajulmati via Instagram/kamaloji

Destinasi wisata mirip Raja Ampat selanjutnya adalah sebuah waduk yang ada di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo. Ia adalah Waduk Bajulmati. Panorama alam di Waduk Bajulmati disebut-sebut mirip dengan keindahan Raja Ampat.

Panorama di Waduk Bajulmati via Instagram/aryannie1604

Pasalnya, di sini terdapat beberapa gundukan yang menyembul di tengah-tengah air. Walau tentu saja berbeda, Bajulmati sama-sama menarik dijadikan tempat berlibur.

Pilihan destinasi wisata mirip Raja Ampat di atas dapat menjadi alternatif liburan seru. Terutama saat ke Papua masih sebatas rencana. Meski jelas tidak sama, semuanya punya daya tarik yang berbeda. Setuju, kan? Yuk berlibur!

Advertisement
Tags
destinasi wisata mirip Raja Ampat Indonesia raja ampat Wisata
Share