Saking Putihnya, 4 Destinasi Ini punya Pemandangan Mirip Salju

Advertisement

Karakter lansekap Indonesia memang beragam, begitupun dengan perbukitannya. Hamparan perbukitan yang diselimuti savana adalah salah satu contohnya. Tak berhenti di situ, beberapa destinasi wisata memiliki permukaan dengan warna putih, sehingga terlihat seperti salju dari kejauhan. Pemandangan tersebut dapat kamu temukan di empat destinasi wisata menyerupai salju ini.

1. Bukit ‘Salju’ Sabu Raijua, NTT

Perbukitan kapur dengan bentuk yang masih alami via instagram
Perbukitan kapur dengan bentuk yang masih alami via instagram/@sefiiin

Tempat ini merupakan bukit kapur yang berada di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya tak terlalu luas, namun dari kejauhan pemandangannya terlihat seperti bukit salju. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk berfoto ke tempat ini. Karena bentuknya masih alami. Belum terlalu banyak bentuk potongan seperti yang ada di bukit kapur lainnya.

2. Bukit Jaddih, Madura

Pengunjung sedang berfoto di kawasan Bukit Jaddih via instagram
Pengunjung sedang berfoto di kawasan Bukit Jaddih via instagram/@yurikeevriliya

Nama Lengkapnya adalah Bukit Kapur Jaddih, namun orang lebih suka menyebutnya dengan Bukit Jaddih saja. Lokasi ini sebenarnya adalah tempat penambangan kapur putih. Banyak yang mengatakan destinasi wisata di Bangkalan ini mirip dengan salah satu destinasi di dunia, Cappadocia di negara Turki.

3. Danau Kaolin

Foto aerial kawassan Danau Kaolin via instagram
Foto aerial kawasan Danau Kaolin via instagram/@arif_aeromodeller

Nama Danau Kaolin, Belitung, naik daun sekitar akhir tahun 2015. Memang panorama air biru pada danau ini didukung dengan perbukitan yang berwarna putih, menyerupai salju. Tempat indah ini juga bermula dari bekas ceruk tambang yang tak lagi beroperasi dan menjadi tampungan air.

4. Bukit Rengel

Bekas hasil penambangan kapur yang menjadi destinasi wisata via instagram
Bekas hasil penambangan kapur yang menjadi destinasi wisata via instagram/@chalimah_160299

Destinasi yang berada di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, ini merupakan bukit kapur yang sudah naik daun mulai tahun 2016. Tumpukan pasir putih ini merupakan rerontokan dari penambangan batu kapur dan batu kapur itu sendiri. Bahkan tumpukan hasil tambang ini juga menjulang tinggi seperti bukit salju.

Banyaknya jenis batuan yang ada di Indonesia, membuat dataran nusantara memiliki karakter yang beragam. Mulai dari perbukitan karst, savana, hingga kapur. Dari tiga jenis tersebut mana yang paling ingin kamu kunjungi?

Advertisement
Tags
Indonesia Perbukitan salju Wisata
Share