Destinasi Wisata Alam di Aceh, Opsi Liburan Saat Ke Ujung Barat Indonesia

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Dari Ujung Barat hingga Timur, Indonesia memiliki berbagai macam keindahan alam yang tersebar. Bagian timur Indonesia memang lebih dulu dikenal di kalangan mancanegara. Tapi bukan berarti daerah lain tidak memiliki potensi serupa. Salah satunya adalah Aceh, yang belakangan sering disinggahi kapal pesiar dari mancanegara. Empat destinasi wisata alam di Aceh ini merupakan beberapa contohnya.

Air Terjun Suhom

Pengunjung yang sedang berfoto di kawasan Air Terjun Suhom via instagram/aceh_grafer

Belum banyak orang yang berkunjung ke tempat ini, padahal Air Terjun Suhom memiliki lansekap yang indah. Namun hal tersebut juga menjadi salah satu keuntungan, dengan begitu kamu akan merasakan sensasi memiliki kolam renang pribadi di tengah alam liar. Lokasinya berada di Desa Suhom, Kabupaten Aceh Besar.

Air Terjun Kuta Malaka

Kawasan Air Terjun Kuta Malaka yang masih asri via instagram/gingimiss

Masih berada di Kabupaten Aceh Besar, kamu dapat menemukan Air Terjun Kuta Malaka. Untuk menncapai destinasi ini hanya diperlukan 20 menit perjalanan dari Banda Aceh. Setelahnya, kamu dapat menikmati dinginnya air di air terjun yang memiliki ketinggian 600 mdpl. Lokasinya berada di Desa Samahani, Kabupaten Aceh Besar.

Lhok Mata Ie

Air di lepas pantai yang masih jernih via instagram/tarunabs

Dalam bahasa masyarakat lokal, Lhok Mata Ie berarti mata air. Tempat ini merupakan destinassi wisata yang masih tersembunyi di Aceh. Berada di Desa Lam Pageu, Kabupaten Aceh Besar, jaraknya hanya 15 km dari Banda Aceh. Kondisi alamnya memang masih alami, namun untuk mencapai destinasi ini diperlukan trekking selama satu jam perjalanan.

Gunung Burni Telong

Pemandangan dari atas Gunung Burni Telong via instagram/dahrizarizky

Meskipun statusnya masih aktif, Gunung Burni Telong juga menjadi destinasi wisata yang diminati. Terlebih lagi kamu tak perlu melakukan perjalanan menggunakan kaki. Karena akses jalannya yang baik, untuk sampai ke atas sini kamu dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Tak hanya rimbun pepohonan liar, di sini kamu juga dapat menemukan beberapa bunga edelweis.

Berbagai macam keindahan memang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Namun statusnya sebagai negara kepulauan, memerlukan usaha yang llebih untuk dapat menjangkau destinasi-destinasi lain. Bagaimana menurutmu dengan destinasi wisata di Indonesia bagian barat?