Mau Liburan di Jogja Terasa Lebih Berkesan? Mampir Aja ke Desa Wisata Kasongan Coba Bikin Gerabah

Advertisement

Jogja memang dikenal mempunyai beragam desa wisata dengan keistimewaan masing-masing. Seperti Desa Wisata Kasongan yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Jogja. Kawasan ini dikenal sebagai penghasil gerabah, rumah-rumah menjelma menjadi galeri seni. Penasaran bagaimana serunya desa ini? Yuk simak ulasan berikut.

Rumah Penduduk Dipenuhi Hasil Karya Gerabah Mengagumkan

Rumah Menjadi Galeri Gerabah Mengagumkan via Instagram @haryadi_al_djogdjawi
Rumah Menjadi Galeri Gerabah Mengagumkan via Instagram @haryadi_al_djogdjawi

Kasongan merupakan kawasan wisata di Jogja yang secara administratif berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Jogja. Lebih dikenal sebagai Desa Wisata Kasongan, dengan daya tarik produksi gerabah beragam bentuk.

Keahlian membuat gerabah diwariskan secara turun temurun di antara penduduk desa ini. Teman Traveler yang berkunjung ke sini akan melewati rumah-rumah yang menjelma menjadi galeri seni.

Ilustrasi Patung Loro Blonyo via Instagram @atiekwir
Ilustrasi Patung Loro Blonyo via Instagram @atiekwir

Terdapat beragam bentuk, di antaranya guci, pot bunga, patung Budha, piring, kendi, anglo, celengan, dan barang-barang lainnya. Kerajinan dari tanah liat tersebut dihargai mulai dari Rp 25 ribuan sampai jutaan rupiah. Gerabah yang sering dicari pelancong adalah Loro Bonyo, patung sepasang pengantin yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan jika diletakkan dalam rumah.

Pelancong Belajar Membuat Gerabah

Ilustrasi Pelancong Belajar Membuat Gerabah via Instagram @mass_nuuu_nuuu
Ilustrasi Pelancong Belajar Membuat Gerabah via Instagram @mass_nuuu_nuuu

Pelancong yang datang ke Desa Wisata Kasongan, tidak hanya bisa lihat-lihat atau membeli gerabahnya. Bahkan tersedia kursus kilat pembuatan gerabah, hanya dengan modal mulai dari Rp50 ribuan per orang.

Teman Traveler akan diajari langsung cara membuat gerabah mulai dari awal, mewarnai, melukis gerabah, sampai finishing. Biasanya pelancong akan turun langsung saat proses mewarnai dan melukisnya saja. Hasil karya masing-masing wisatawan boleh dibawa pulang.

Cerita Pilu di Balik Berdirinya Desa Kasongan

Proses Pembuatan Gerabah via Instagram @soeyu89
Proses Pembuatan Gerabah via Instagram @soeyu89

Ternyata cerita di balik berdirinya Desa Wisata Kasongan di Jogja ini cukup pilu. Pada zaman penjajahan Belanda, ada seekor kuda milik perwira polisi Belanda mati di persawahan penduduk. Masyarakat setempat takut akan terkena masalah hukum, sehingga mereka pun melepas hak milik tanah persawahan tersebut.

Kawasan tersebut pun menjadi tidak bertuan, yang akhirnya ditempati warga desa lain. Mereka pun mulai memanfaatkan aset tanah liat di area itu. Legenda ini beredar di antara penduduk kawasan tersebut.

Menuju Desa Kasongan, Bantul

Hasil Karya Gerabah Boleh Dibawa Pulang via Instagram @jalursunyi
Hasil Karya Gerabah Boleh Dibawa Pulang via Instagram @jalursunyi

Teman Traveler yang liburan di Jogja bisa banget melipir ke Desa Wisata Kasongan. Wisata Jogja ini terletak di pusat kota, tidak jauh dari jalan ring road selatan. Bahkan kalau dari Malioboro hanya memakan waktu sekitar 30 menit berkendara.

Semakin banyak ya pilihan aktivitas saat jalan-jalan di Jogja. Teman Traveler berminat ikutan kelas tersebut? Jadi kapan nih ke kota penuh kenangan ini?

Advertisement
Tags
desa wisata DIY Gerabah Indonesia Jogja Wisata
Share