Hebat! Berkat Tempat Wisatanya, Desa di Klaten Ini Tak Lagi ‘Miskin’

Advertisement

Apa sih yang membuatmu rela melakukan perjalanan jauh? Mungkin dari Jakarta hingga Bali atau malah Raja Ampat di Papua. Kebanyakan akan menjawab wisata, daya tarik yang ternyata bisa mengubah suatu daerah jadi kaya raya. Tepatnya di Desa Ponggok, Klaten ada deretan objek wisata yang kian hits dan jadi tujuan para wisatawan, tak terkecuali dari luar kota. Apa sih rahasianya? Simak ulasannya di bawah ini.

Dengan memanfaatkan dana desa yang dikucurkan oleh negara, Desa Ponggok kini telah panen ‘buah manis’.  Pemerintah sejak tahun 2015 memang memiliki program untuk pembangunan desa agar masyarakatnya bisa lebih sejahtera. Keputusan warga Desa Ponggok untuk memajukan sektor pariwisata dengan dana tersebut dinilai sangat tepat sasaran.

Umbul Ponggok [image source]
Dilansir dari finance.detik.com (23/8/2017), kini pendapatan daerah yang berada di Jawa Tengah ini cukup besar. Kepala Desa Ponggok, Junaedhi Mulyono sendiri yang menyampaikannya. Program yang dijalankan salah satunya adalah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mengelola potensi sumber daya alam termasuk dalam hal pariwisata.

Umbul Ponggok [image source]
Dari 2015, dana yang turun dari pemerintah terus mengalami peningkatan dan sudah disalurkan untuk memperbaiki infrastruktur hingga  mengembangkan pariwisata. Ratusan meter jalan desa jadi beraspal, sanitasi dan MCK di tempatkan pada puluhan tempat. Untuk tahun ini ada Rp634 juta, lebih banyak dari tahun sebelumnya yaitu Rp622 juta.  Penghasilannya juga tidak sedikit, bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Umbul Ponggok [image source]
“Pemerintah Desa Ponggok harus mampu melibatkan dalam kesuksesan desa ponggok. Harus mampu mendorong lembaga desa berperan aktif dalam manajemen pemerintahan, prinsip GCG aktif warga desa berproses dalam pembangunan, membangun secara berkelanjutan,” kata Junaedhi. Kamu akan tahu seperti apa warga setempat berhasil bahu-membahu dalam meningkatkan pendapatan desa, salah satunya dengan datang ke objek wisata Klaten hits di sosial media. Apalagi kalau bukan Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok [image source]

Wisata ini bukan hanya indah dengan pernak-pernik dan spot selfie kekinian. Bahkan Mentri Keuangan Sri Mulyani menyempatkan untuk datang langsung ke lokasi untuk meninjau penggunaan dana desa di Desa Ponggok.  “Saya baru lihat ini (Umbul Ponggok) tapi sangat bagus sekali. Jadi dana desanya digunakan untuk meningkatkan aset produktif dari masyarakat di sini. Ini tentu luar biasa. Kita akan lihat sebagai contoh yang berhasil,” ujar Sri Mulyani, dilansir dari kumparan.com (23/8/2017).

Umbul Ponggok [image source]
Keberhasilan Desa Ponggok, tentu bisa jadi inspirasi bagi daerah-daerah lainnya. Dengan memanfaatkan potensi yang ada, bukan hanya warga setempat yang sejahtera tapi wisatawan yang datang jadi lebih bahagia. Bagaimana dengan daerah tempatmu tinggal?

Advertisement
Tags
desa wisata Indonesia Jawa Tengah Klaten
Share