Desa Agrowisata Cihideung, Bertaburan Jutaan Bunga di Setiap Sudutnya

Advertisement

Di wilayah Tangkuban Perahu ternyata ada tempat menarik yang bisa Teman Traveler singgahi. Namanya adalah Desa Agrowisata Cihideung yang tentu membuat betah siapa saja yang datang. Ini dikarenakan, di dalam desa tersebut terdapat banyak sekali bunga yang bisa dipastikan menyejukkan mata. Kalau ingin tahu lebih jauh tentang desa ini, simak ulasan berikut.

Masyarakat yang Menggantungkan Hidupnya dari Tanaman Hias

desa agrowisata cihideung
Green house Flora Amarantas (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Di Desa Cihideung, 80% masyarakatnya adalah petani dan pedagang bunga. Salah satunya adalah Pak Tatang yang merupakan pelaku bisnis bunga dan tanaman hias. Dirinya sudah hampir 15 tahun bergelut di bidang bisnis bunga dan tanaman hias. Saat ini kios berbentuk green house miliknya yang bernama Flora Amarantas punya koleksi 300 jenis tanaman hias.

desa agrowisata cihideung
Budidaya Miana milik pak Tatang dan keluarga (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Lalu, di desa ini ternyata tidak semua pedagang yang memiliki kios green house menanam sendiri tanaman yang dijual. Ada beberapa kios yang mengambil koleksi tanaman hiasnya dari Taman Bunga Nusantara dan daerah sekitar Cipanas, Bogor.

Geliat Bisnis Tanaman Hias Desa Agrowisata Cihideung

84c41d42_7510_4b9d_9cfb_8506eecef53c_XQr.jpeg
Tanaman hias dikirm menggunakan mobil bak (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Selain menjual tanaman hias di lokasi, banyak dari kios green house ini menjual tanaman mereka di marketplace online. Dengan cara ini, tanaman hias semakin banyak yang terjual. Bahkan, ada juga pembeli dari Lampung yang ingin membeli bunga-bunga cantik tersebut dalam jumlah banyak.

Ada Keunikan di Setiap Green House

cce51724_15c7_4644_9208_5819250d9c92_LHj.jpeg
Halaman depan rumah dijadikan area display tanaman Bonsai (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Ada beberapa green house yang mengkhususkan untuk menjual dan membudidayakan jenis tanaman tertentu. Di antaranya ada yang khusus Bonsai dan Bunga Mawar. Menariknya lagi, ada juga yang halaman depan rumahnya dijadikan area display Bunga Lotus.

944e58e5_e507_4e08_a6ac_7da978579f0b_EM6.jpeg
Lotus Flower disajikan manis di sisi jalan pelataran rumah (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Monstera Deliciosa yang Banyak Dibeli

525df489_e9ba_4297_80d5_75601b608fd0_7Ro.jpeg
Monstera Deliciosa ukuran raksasa (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Sudah disebutkan sebelumnya, kalau di Desa Agrowisata Cihideung ada banyak sekali tanaman hias dan bunga yang dijual. Salah satunya yang paling menjadi primadona adalah Monstera Deliciosa. Untuk ukuran anakan, harganya berada di kisaran Rp50 ribu hingga Rp150 ribu.

0475e815_a33f_46de_92ec_eeac09e57af6_2rN.jpeg
Warna-warni Bunga Petunia dan Mary Gold (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk

Tapi, ada juga bunga-bunga yang masih kerap dicari oleh turis. Seperti Marygold, Celosia, Petonia dan Chrysant dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp10 ribu sampai Rp20 ribu.

Teman Traveler yang sedang ketagihan mengoleksi bunga dan tanaman hias, bisa datang ke Desa Agrowisata Cihideung. Tepatnya berada di Kecamatan Parompong, Kabupaten Bandung Barat. Yuk segera rencanakan untuk berkunjung ke sana.

Advertisement
Tags
Desa Agrowisata Cihideung Indonesia Jawa Barat Kabupaten Bandung Barat kontributor Wisata
Share