4 Danau Tercantik di Nusantara, Tidak Boleh Terlewat untuk Dikunjungi

Advertisement

Indonesia menyajikan keindahan alam yang membentang dari Sabang sampai Merauke, yang menjadikan Indonesia menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan dunia.

Selain pantai dan pegunungannya yang indah di Indonesia juga memiliki danau-danau yang sangat cantik, yang dapat jadi destinasi liburan untuk Teman Traveler semua. Mari lihat ulasan berikut ini.

1. Danau Segara Anak

Segara Anak
Ilustrasi via pixabay Herwin 

Danau Segara Anak terletak di kawah gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan memiliki ketinggian sekitar 2.010 mdpl.

Danau ini memberikan panorama alam yang indah dengan air berwarna biru yang menyerupai air laut. maka dari itu diberi nama Segara Anak yang memiliki arti ” anak laut “, Temen Traveler bisa camping di sini juga loh.

2. Danau Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
Ilustrasi via pixabay Alyansyah

Selanjutnya ada Ranu Kumbolo yang berada di kaki gunung Semeru berlokasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia. danau ini terletak di ketinggian 2.400 mdpl.

Selain menyajikan keindahan alamnya, Ranu Kumbolo juga merupakan sumber air bersih yang bisa langsung diminum sebab, di danau ini dilarang mandi, buang air, dan berenang. Biasanya di sini digunakan untuk tempat transit para pendaki sebelum menuju puncak gunung Semeru.

3. Danau Kelimutu

Kelimutu
Ilustrasi via pixabay Francisca  

Selanjutnya ada danau Kelimutu yang berada di kawah puncak Gunung Kelimutu berlokasi di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Danau ini terbagi menjadi 3 dan danau ini dikenal dengan nama danau tiga warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu biru, merah, dan putih, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Danau ini dikenal dengan panorama sunrise-nya jadi, Teman Traveler jika ingin mengunjungi saat terbaik adalah pada dini hari.

4. Danau Labuan Cermin

Labuan Cermin
Ilustrasi via instagram tanyabaracchi

Terakhir ada danau Labuan Cermin yang berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kalimantan Timur.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih sehingga dapat melihat apa yang berada di dalam danau dan memiliki warna yang cantik dengan gradasi warna biru tua, biru muda, hijau toska, dan putih, Selain airnya yang jernih danau ini juga dikenal dengan sebutan danau dua rasa, sebab memiliki dua perpaduan dari air laut dan air tawar.

Temen Traveler bisa berkunjung kesini untuk berenang, menyelam maupun snorkeling. dengan kedalaman danau sekitar 3 meter.

Demikian ulasan tentang danau terindah yang ada di Nusantara, yang bisa Teman Traveler jadikan sebagai referensi liburan. Bagaimana apakah tertarik untuk mengunjunginya ?

Advertisement
Tags
danau di Indonesia Danau Kelimutu Danau Segara ANak Labuan Cermin Ranu Kumbolo
Share