Danau Kerid, Keajaiban Alam dengan Air Berkilau bak di Surga

Advertisement

Banyak lanskap alam Islandia yang telah meruntuhkan hati traveler dunia dengan kecantikannya. Selain memiliki jajaran pegunungan bersalju dan juga kolam pemandian air panas alami, negara ini menyimpan satu keajaiban alam lainnya berupa Danau Kerid, sebuah danau dengan air yang berkilau dan dikelilingi oleh dinding batuan berwarna merah.

Islandia dengan segudang gunung apinya tentu memiliki banyak danau kawah. Dari sekian danau kawah yang ada di sana ada satu yang mencuri perhatian traveler yaitu Danau Kerid. Danau ini bisa ditemukan di kawasan Golden Circle Grimsnes bagian selatan Islandia.

Danau Kerid yang Unik [image source]
Danau Kerid yang Unik [image source]
Danau Kerid memiliki lanskap yang unik dibanding danau-danau kawah lain di sana. Menilik informasi dari situs pariwisata Islandia, keunikan tersebut terletak pada keberadaan gunung batu berwarna merah yang menjadi dinding di sekeliling danau. Batuan tersebut sangat langka dan tidak semua negara yang memiliki gunung api memiliki batuan seperti itu.

Danau Kerid dikelilingi oleh batuan gunung berwarna merah [image source]
Danau Kerid dikelilingi oleh batuan gunung berwarna merah [image source]
Permukaan danau membentuk bulatan yang hampir sempurna dan yang lebih mengherankan lagi air danaunya yang berwarna biru bisa berkilauan seperti batu safir. Danau Kerid berada pada perbukitan vulkanik yang bernama Tjarnarhola dan diperkirakan telah ada di sana selama 3.000 tahun.

Danau yang memiliki kedalaman rata-rata 55 meter ini juga dikelilingi tebing batu vulkanik berwarna merah serta lereng yang lebih landai yang diisi oleh tumbuhan lumut. Paduan ini memberikan polesan warna yang indah pada danau jika difoto dari ketinggian atau dari kejauhan.

Saat musim semi pemandangan danau Kerid kian berwarna [image source]
Saat musim semi pemandangan danau Kerid kian berwarna [image source]
Terlebih saat musim semi datang, saat tumbuh-tumbuhan mulai bersemi dan bunga-bunga liar mulai bermekaran memberikan gradasi warna yang cantik di sekitar danau. Anda yang tertarik dapat bergabung dengan tur kawasan Golden Circle. Tur inilah yang paling sering membawa traveler berkeliling hingga area danau. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera, Anda tentu tidak akan melewatkan pemandangan indah tersebut bukan!

Advertisement
Tags
Danau Kerid Danau Unik Islandia
Share