Danau Ayamaru di Papua Barat, Berair Biru yang Memikat

Advertisement

Yang satu ini bukan pantai apalagi laguna yang jernih, melainkan danau di pedalaman. Dari jauh memang terlihat keren dengan air warna biru seakan berpendar terkena sinar matahari. Ketenarannya sebagai distinasi wisata Papua belum seberapa. Masih banyak yang belum tahu kecantikannya yang menawan. Mungkin kamu sendiri juga baru kali ini mendengar objek bernama Danau Ayamaru tersebut. Seperti apa penampakannya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Kearifan Lokal yang Dijaga dengan Baik

Danau Ayamaru [image source]
Danau Ayamaru memiliki arti yang penting bagi penduduk asli di sekitarnya. Itulah mengapa kelestariannya benar-benar dijaga. Alih-alih menemukan danau dengan air keruh, kamu justru akan melihat perairan seperti hamparan kaca raksasa yang bening serta jernih. Dari kejauhan, bahkan kamu bisa memandang sampai ke bagian dasarnya. Ada bebatuan layaknya terumbu karang laut. Sungguh pemandangan yang pasti bisa membuat siapapun terkesan.

Danau Ayamaru [image source]

2. Berbagai Jenis Ikan Hidup di Sini

Danau Ayamaru [image source]
Saking banyaknya jenis ikan di sini, kamu akan merasa sedang berhadapan dengan spot snorkeling seperti Raja Ampat. Sebagian biasa diambil untuk dikonsumsi oleh penduduk sekitarnya. Kamu bisa tuh mampir ke pemukiman terdekat dari Danau Ayamaru dan mencoba olahan ikan danau yang nikmat. Ingin menikmati ikan-ikan yang berenang dengan mata telanjang dari daratan? Bisa banget kok, langsung saja datang ke sini.

Danau Ayamaru [image source]

3. Danau yang Keren di Segala Musim

Danau Ayamaru [image source]
Penampakan Danau Ayamaru berubah-ubah sesuai dengan musim. Baik saat kemaru maupun penghujan tetap keren kok. Saat musim hujan air danau melimpah, sedangkan ketika kemarau kamu bisa lebih jelas melihat ikan-ikan dengan berbagai warna serta ukuran. Di sekelilingnya juga tidak kalah cantik, terdapat karst alami dan rerumputan untuk memanjakan mata.

Danau Ayamaru [image source]

4. Kegiatan Seru di Ayamaru

Danau Ayamaru [image source]
Karena tempatnya sudah keren, maka sayang banget jika kamu ke sini hanya untuk berdiam diri. Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu coba. Paling seru sih berenang dan merasakan kesegaran alami di Bumi Cendrawasih. Selain itu, cobalah mengelilingi danau dengan perahu dan ikut menangkap ikan bersama nelayan dengan tombak. Danau Ayamaru juga cantik buat foto-foto.

Danau Ayamaru [image source]

5. Cara Menemukan Danau ini

Danau Ayamaru [image source]
Danau yang menghubungkan beberapa desa ini memiliki kedalaman sampai 6 meter. Jadi kamu harus berhati-hati, apalagi jika kamu tidak bisa berenang. Untuk menjangkaunya bisa menggunakan pesawat dulu ke Bandara Kota Sorong. Setelah itu lanjut ke Bandara Kambuaya di Kabupaten Maybrat. Dari sini bisa menyewa kendaraan bermotor dan langsung ke Danau Ayamaru.

Danau Ayamaru [image source]
Lokasi : Framu, Ayamaru, Kabupaten Maybrat, Papua Barat

Itulah beberapa pesona Danau Ayamaru di Papua Barat yang sangat memikat. Dari sini jika masih belum puas liburan. Bisa lanjut menikmati wisata di Sorong, ada pantai hingga kuliner yang enak.

Advertisement
Tags
Danau Indonesia papua barat
Share