5 Kota di Indonesia yang Jadi Penghasil Kopi PALING ENAK SEDUNIA

Advertisement

Pernah dengar lagu berjudul Kolam Susu yang dinyanyikan oleh Koes Plus? Pada salah satu baris liriknya menyebutkan bahwa tanah kita yaitu Indonesia adalah tanah surga. Yang mengandung makna sangat subur sehingga tanaman apa saja bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas, termasuk tanaman kopi.

Baca Juga : Traveling ke Macau, Ayo Mampir ke Warung Kopi Kungfu!

Buat kamu pecinta kopi, Indonesia bisa dikatakan sebagai rajanya kopi di dunia. Hal ini dibuktikan dari kenikmatan kopi luwak yang sudah mendunia. Masih banyak varian kopi lain yang ada di negeri ini bahkan mungkin setiap daerah memiliki kopi khasnya masing-masing. Tapi dari sekian banyak varian kopi yang ada di ibu pertiwi, ada 5 daerah yang menghasilkan kopi berkelas dunia. Kamu wajib mengunjunginya jika mengaku pecinta minuman pahit berbubuk hitam ini.

1. Wamena, Punya Kopi Nikmat yang Mendunia

Mendengar nama Papua bayangan pertama yang langsung ada di benak kita pasti Raja Ampat, bolehlah jika kita mengacu pada pulau Papua secara umum meski sebenarnya kawasan wisata keren tersebut masuk dalam wilayah Papua Barat. Sedangkan Papua sendiri lebih dikenal dengan wisata alam dan budaya di Lembah Baliem. Namun kita tidak akan membahas mengenai kekayaan pariwisatanya namun potensi perkebunan kopinya yang kabarnya sudah mendunia.

Usut punya usut daerah Wamena ternyata begitu terkenal di mancanegara dengan produksi kopinya. Salah satu kopi terbaik di jagad raya ini konon berasal dari wilayah di Papua ini. Tepatnya perkebunan kopi ini tumbuh subur di kawasan Lembah Baliem yang memang memiliki iklim yang sejuk. Jenis kopi yang ditanam di sana adalah arabika yang memiliki cita rasa ringan dan keharuman yang tajam yang nikmat.

Perkebunan Kopi di Wamena [image source]
Perkebunan Kopi di Wamena [image source]
Kopi asal Papuan ini dikenal dengan nama Kopi Wamena pun demikian jika kamu pergi ke lapangan alias berkunjung ke sana akan banyak sekali ditemukan nama-nama produk kopi yang serupa tapi tak sama. Misalnya saja akan dijumpai kopi Baliem, kopi Papua, kopi Baliem Arabica dan masih banyak lagi sederet nama yang ditemukan di sana.

Kamu tidak perlu bingung saat menjumpai hal semacam ini. Dilansir Travelingyuk dari laman resmi Kopi Wamena, kopi-kopi tersebut adalah sama. Kopi Wamena dalam perkembangannya memang memiliki banyak nama sebagai branding agar memiliki nilai jual yang lebih besar. Untuk rasa, kopi ini tetap sama yaitu memiliki aroma khas yang kuat dengan rasa pahit yang tidak terlalu menyengat.

Advertisement
Tags
Daerah Penghasil Kopi Indonesia Kebun Kpi Kopi Arabika Kopi Luwak
Share