Curug Penisihan, Air Terjun Dengan View Paling Ciamik di Kota Seribu Curug, Purbalingga

Advertisement

Kabupaten Purbalingga dikenal dengan julukan Kota Seribu Curug lantaran banyaknya air terjun yang terdapat di wilayahnya. Dari sekian banyak air terjun tersebut muncul satu nama yang wajib untuk traveler kunjungi yaitu Curug Penisihan. Curug ini terkenal memiliki debit air yang melimpah dan tidak pernah kering sepanjang tahun.

Memang betul jika di daratan Purbalingga terdapat banyak sekali air terjun. Hanya saja untuk bercumbu dengannya setiap traveler harus melewati halang rintang berupa trek yang masih sulit sehingga baru beberapa yang sudah terekspos ke media. Salah satu air terjun yang accessable adalah Curug Penisihan.

Curug Penisihan, Purbalingga, via instagram
Curug Penisihan, Purbalingga, via instagram

Curug Penisihan paling rasional untuk dijangkau kalangan traveler mana pun. Selain lokasinya berjarak tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 14 kilometer ke arah utara dari alun-alun, air terjun ini juga bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Rutenya dari terminal Purbalingga traveler harus naik mini bus jurusan Purwokerto-Bobotsari. Setelah sampai di terminal Bobotsari lanjutkan perjalanan dengan angkutan desa atau pun ojek menuju desa Palumbungan.

Dari desa Palumbungan traveler harus berjalan kaki menyusuri sawah dan tebing untuk sampai ke Curug Penisihan ini. Capek memang namun pemandangan yang alami dan indah akan menjadi obat mujarab pelepas penat. Curug Penisihan ini memang belum banyak dikunjungi traveler, sehingga kamu bisa menikmati keindahannya sendirian secara puas.

View di Curug Penisihan, via instagram
View di Curug Penisihan, via instagram

Curug Penisihan memiliki tinggi 8 meter dengan kolam berdiameter 25 meter yang punya kedalaman sekitar 10 meter. Air yang mengisi kolam ini terlihat biru kehijauan yang menandakan kolam cukup dalam. Untuk itu jangan berenang di kolam ini jika tidak memiliki skill yang mumpuni. Pada hari biasa kolam ini adalah spot favorit warga sekitar untuk memancing.

Curug Penisihan disebut warga tidak pernah kering sepanjang tahun dengan debit air yang cukup stabil. Oleh sebab itu, selain berpotensi sebagai destinasi wisata, air terjun ini juga menyimpan potensi untuk dikembangkan menjadi Energi Baru dan terbarukan khususnya untuk pembangkit listrik. kabarnya pemerintah Purbalingga tengah membangun kawasan air terjun ini untuk keperluan tersebut.

Advertisement
Tags
Curug Penisihan Purbalingga
Share