Coban Pelangi, Permata Istimewa di Kaki Gunung Semeru

Advertisement

Di balik keindahan Gunung Bromo dan eksotisnya Gunung Semeru, ada air terjun yang begitu indah dan membuai mata. Destinasi cantik ini tersembunyi di tengah hutan yang jarang terjangkau oleh wisatawan. Yap, nama air terjun ini adalah Coban Pelangi. Konon, aliran airnya dapat menciptakan pelangi di manapun mata memandang.

Intip keindahan Coban Pelangi lebih dekat? Yuk, simak pengalaman seru dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara yang sudah traveling ke objek wisata di Kabupaten Malang ini.

Spot Sempurna untuk Memanjakan Mata

Bosan dengan rutinitas sehari-hari yang tak jauh dari keriuhan perkotaan? Yuk, ke Malang. Ada Coban Pelangi yang bisa memanjakan mata dan juga pikiran. Destinasi wisata ini masih alami. Suara burung-burung yang berkicau terdengar begitu merdu bakal menjadi teman setia selama perjalanan. Jarak antara loket masuk dengan jatuhan air kurang lebih 1 km. Selama perjalanan, Teman Traveler akan menemui jalanan landai menurun. Baik kanan dan kiri, banyak pohon hijau yang menjulang tinggi. Bisa jadi tempat sempurna untuk melepas lelah.

Jembatan Kayu
Jembatan Kayu (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Setelah menuruni tangga, barulah menemukan jembatan kayu yang ikonik dari air terjun ini. Di bawahnya, banyak bebatuan alami yang tersapu aliran air. Tidak hanya itu, banyak pula belukar yang membuatnya makin cantik. Air Terjun ini berada di ketinggian 1400 mdpl, dan paling tepat di kunjungi sekitar pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Pasalnya, jam tersebut adalah waktu yang paling tepat untuk melihat pelangi yang akan menambah keindahan coban.

Lokasinya yang Berada di Kaki Gunung

Air Terjun ini berada di Dusun Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jaraknya kurang lebih sekitar 32 Km dari pusat kota Malang. Akses menuju ke Air Terjun ini cukup mudah, tinggal mengikuti arah menuju pendakian Gunung Semeru dan Gunung Bromo. Pasalnya, objek wisata ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger.

Air Terjun Pelangi
Air Terjun Pelangi(c)Rizky Nusantara/Travelingyuk

Jika Teman Traveler ingin naik kendaraan umum juga sangat mudah.  Naik bus dari terminal Arjosari Malang menuju ke pasar Tumpang. Kemudian, naik angkot atau bisa menyewa kendaraan menuju ke Coban Pelangi. Bisa juga dengan menggunakan Jeep dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong, karena bisa ditanggung 6 – 9 orang dengan harga kurang lebih 1 jutaan.

Fasiltas Coban yang Memadai

Harga tiket masuk menuju dengan tinggi sekitar 110 meter ini sangat murah. Hanya dengan membayar Rp5.000 ditambah biaya parkir Rp3.000/sepeda Teman Traveler bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Ada pula berbagai macam fasilitas yang memadai disini.  Ada mushola, gazebo, toilet  dan warung-warung yang kondisinya bersih. Bikin betah dan enggan untuk pulang.

Batu dan air sungai
Batu dan air sungai (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Tidak hanya itu saja, pedagang warung di sini sangat ramah. Di sudut lain, area kuda. Teman Traveler bisa menyewa kuda ini dengan biaya sewa sebesar Rp50.000. Hewan ini bisa dijadikan alat transportasi untuk berkeliling area Coban. Jalan kuda dan pejalan kaki memang sengaja dipisahkan. Jadi, Teman Traveler bisa menikmati keindahan lain yang tak kalah menyenangkan.

Area Kemping Untuk Pecinta Alam

Air terjun ini juga menyediakan tempat untuk Teman Traveler yang ingin kemping. Namun, ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi selama berkemping. Salah satunya menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, para petugas akan bertindak tegas kepada para pengunjung yang tidak mengikuti aturan terutama soal sampah yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor dan tidak enak dipandang.

Belukar yang berada di sekitar air terjun
Belukar yang berada di sekitar air terjun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Ingat pula, air di bawah jatuhan coban ini memang cukup luas dengan didominasi batu. Karena debit air yang besar, sebaiknya tidak berenang di bawah jatuhan air. Area berfoto juga ada dan pastinya sudah aman dengan dipagari bambu di sisi tebingnya.

Coban Pelangi merupakan salah satu destinasi air yang cantik di Kabupaten Malang. Letaknya juga mudah meski cukup jauh dari pusat kota. Bagaimana, sudah siap untuk berlibur ke sini kan?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Travelingyuk wisata malang
Share