Coban Jahe, Wisata Seru Akhir Pekan Ditengah Hutan

Advertisement
img_8694_KUB.JPG
Wisata Coban Jahe (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Air Terjun Coban Jahe berada di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tepatnya, terletak di area perhutani unit II Jawa Timur KPH Malang. Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Pemandangan coban ini terlihat makin menantang dengan keberadaan batu-batu cadas berukuran raksasa di tebing, serta kolam kecil di bawahnya.

Dilihat dari dekat, Coban Jahe nampak indah dengan kealamiannya. Pohon dan semak yang tumbuh rimbun, menjadikan suasana rindang dan hawa yang segar di tempat ini semakin kental terasa. Kawasan Coban Jahe sendiri sangat ramai dikunjungi wisatawan khususnya pada hari Sabtu dan Minggu. Berikut ulasan lengkapnya!

Mengenal Lebih Dekat

img_8682_SdG.JPG
Bermain Air di Coban Jahe (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Sisi unik dari Coban Jahe sudah terlihat dari segi penamaannya. Kata ‘Jahe’ konon dulu diambil dari bahasa Jawa yaitu pejahe yang berarti ‘meninggalnya’. Berdasarkan historinya, kata tersebut disematkan oleh penduduk sekitar bersamaan dengan peristiwa berdarah yang terjadi pada 1947, dimana pada saat itu terjadi bombardir tentara Belanda yang menggugurkan Pasukan TRI yang bernama Gagak Lodra.

Menurut penduduk sekitar, jenazah para pejuang yang gugur di medan pertempuran saat itu dikumpulkan di sekitar air terjun yang kini dikenal dengan sebutan Coban Jahe. Para tentara yang tumbang dimakamkan di Makam Pahlawan Kali Jahe. Makam ini terletak sekitar 50 meter sebelum pintu masuk Coban Jahe. Terlepas dari cerita sejarahnya, coban ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Kolam Air Alami

img_8730_9yI.JPG
Wisatawan NMandi di Sekitar Aliran Coban Jahe (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Suasana alami berselimutkan bebatuan serta hijaunya pepohonan dan
rimbunnya semak belukar mendominasi sekitar Coban Jahe. Panorama yang menyejukkan mata tersebut berpadu dengan derasnya air terjun yang meluncur dari ketinggian 45 meter.

Debit air yang sangat deras menciptakan kolam alami yang cukup dalam di bawah air terjun. Air yang turun cukup deras, membuat pengelola menaruh papan peringatan agar Teman Traveler tidak mandi tepat di bawah air terjun. Larangan tersebut tidak berlaku bagi pengunjung yang mandi di sungai-sungai yang airnya berasal dari aliran air terjun ini. 

Lokasi Camping

img_8601_KYC.JPG
Wisatawan Berkemah di Area Coban Jahe (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Selain keindahan air terjunnya yang menarik, wisatawan yang datang bisa melakukan beberapa aktivitas di lokasi ini. Salah satunya adalah berkemah! Pengelola sudah menyediakan tempat khusus yang dapat digunakan untuk membangun tenda. Bahkan, tempat untuk membuat api unggunnya pun sudah tersedia. Bagi Teman Traveler yang berencana berkemah di Coban Jahe, cukup merogoh kocek sebesar Rp15.000 per orang.

Nominal tersebut merupakan biaya retribusi pengelolaan Coban Jahe dan fasilitas kamar mandi. Jika berkemah, Teman Traveler akan ditemani oleh gemericik suara dari air terun Coban Jahe saat malam hari. Sementara saat pagi, Teman Traveler bisa menghirup udara segar dari pepohonan di sekitar coban. Teman Traveler juga bisa berolahraga dengan berjalan kaki sembari menuju lokasi coban yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari lokasi tenda.

Kampung Pohon

img_8752_oZw.JPG
Kampung Pohon di Coban Jahe (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Pada tempat wisata ini terdapat Kampung Pohon, yakni sebuah tatanan rumah yang semuanya terbuat dari pohon. Pada tempat ini, wisatawan bisa berkeliling untuk sekedar melihat-lihat atau berswafoto. Teman Traveler juga bisa menikmati makanan dan minuman dari warung-warung yang ada di Kampung Pohon ini. Wisata ini juga bisa dijadikan lokasi bermain yang aman bagi anak-anak.

Area Wisata yang Rindang

img_8755_l1K.JPG
Area Parkir Kendaraan di Coban Jahe (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Selain cukup luas, area parkir Coban Jahe juga cukup rindang karena pohon-pohon Mahoni, sehingga Teman Traveler tidak perlu merasa cemas kendaraan yang digunakan terpapar oleh sinar matahari. Area parkir dan lokasi air terjun juga cukup dekat, sehingga Teman Traveler tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh.

img_8623_iX5.JPG
Area Pepohonan yang Rindang (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Bila kamu sedang tidak ingin basah-basahan dengan bermain air di Coban Jahe, Teman Traveler bisa berkeliling di sekitar area coban. Terdapat jajaran pohon tinggi yang masih asri dan tertata rapi. Pada area sekitar bawah pohon itu juga bersih dari sampah, sehingga membuat Teman Traveler lebih nyaman berlama-lama di sini.

img_8744_1Ue.JPG
Komunitas Pesepeda saat Menikmati Coban Jahe (c) Fisca Tanjung/Travelingyuk

Tempat wisata ini memang ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan baik dalam maupun luar kota, sejumlah komunitas pun menjadikan lokasi ini sebagai destinasi petualangan mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh komunitas pesepeda ini. Setelah lelah mengayuh sepeda menyusuri hutan, mereka menyempatkan untuk istirahat sejenak di bawah segarnya air Coban Jahe. Jika berkunjung ke sini jangan lupa untuk mengambil foto di depan air terjun. Bagaimana, tertarik untuk berwisata ke Coban Jahe?

Advertisement
Tags
Coban Jahe Coban Jahe Kabupaten Malang Coban Jahe Malang
Share