5 Coban di Malang yang Tersembunyi, Sudah Pernah ke Sini?

Advertisement

Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang, pada tahun 2015 wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke kota Malang mencapai angka 3.385.476 kepala. Data ini belum termasuk wisatawan yang datang ke kabupaten Malang dan kota Batu. Tidak bisa dipungkiri, memang kota Malang masih saja menarik untuk dikunjungi. Ambil saja contoh coban, sebutan untuk air terjun, di Malang dan sekitarnya yang tidak pernah habis. Seperti beberapa coban yang terlihat seperti air terjun yang berada di Islandia di bawah ini.

Coban Buntung

Dengan tebing-tebing yang mengawal aliran sungai ini membuat tempat ini semakin eksotis
Dengan tebing-tebing yang mengawal aliran sungai ini membuat tempat ini semakin eksotis [image source]
Coban Buntung adalah salah satu coban yang masih tersembunyi, mungkin beberapa orang saja yang telah mengetahui keberadaan coban ini. Karena memang akses untuk menuju coban ini tergolong masih susah. Bahkan akses untuk menuju coban tergolong cukup menantang. Kalau kamu salah satu anggota Mapala atau gemar melakukan adventure, rute terjal berbatu telah menunggumu dengan tidak sabar. Coban ini terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dengan berlokasi di Pujon, yang notabene adalah dataran yang cukup tinggi, membuat coban ini memiliki hawa yang dingin dan dihiasi tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Coban Jodo

Walaupun harus melalui medan yang sulit, percayalah itu semua akan terbayar
Walaupun harus melalui medan yang sulit, percayalah itu semua akan terbayar [image source]
Coban Jodo adalah sebuah coban yang baru ditemukan. Terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, coban ini tergolonga masih asri. Untuk bisa mencapai coban ini, kamu harus rela berjalanan kaki sejauh satu hingga dua kilo dengan jalur selebar satu meter. Tentunya kamu harus berhati-hati, karena kamu akan memenui tanjakan-tanjakan yang curam serta berjalan di samping sungai yang memiliki arus cukup deras. Tapi jangan khawatir, lelahmu akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan yang disajikan oleh alam Coban Jodo.

Coban Watu Ondo

Ratusan anak tangga harus dituruni dulu sebelum kamu bisa mencapai tempat yang luar biasa ini
Ratusan anak tangga harus dituruni dulu sebelum kamu bisa mencapai tempat yang luar biasa ini [image source]
Kalau kamu sering datang ke Cangar untuk berendam air hangat, surga yang tersembunyi ini sedikit lagi bisa kamu capai. Karena tempat ini berada tidak jauh dari Pemandian Air Hangat Cangar. Kamu hanya perlu melanjutkan sedikit perjalanan lagi dari Cangar. Setelah kamu menemukan jembatan besi yang juga cukup mempesona untuk menjadi spot foto, lokasi ini berada di sebelah kanan tidak jauh dari jembatan tersebut. Tapi untuk dapat menuju coban ini, dari lokasi parkir kamu harus menuruni ratusan anak tangga. Tapi lagi-lagi, lelahmu akan terbayar ketika kamu sampai di Coban ini.

Coban Ciblungan

Batu-batu besar yang ada di Coban ini, juga menjadi nilai plus tersendiri
Batu-batu besar yang ada di Coban ini, juga menjadi nilai plus tersendiri [image source]
Keunikan dari coban ini adalah, aliran air terjunnya terbecah menjadi beberapa aliran. Aliran yang utama, mengalir deras dari sungai di atas tebing dan beberapa aliran sisanya keluar dari dalam tanah. Terletak di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, akses menuju coban ini tergolong cukup mudah. Dari tempat parkir menuju spot air terjun hanya membutuhkan waktu lima menit dengan berjalan kaki. Pemandangan sumber air terjun yang lebih dari satu ini membuat spot ini sangat menarik untuk berfoto atau hunting foto kalau kamu punya hobi fotografi.

Coban Kedung Malang

Coban Kedung Malang yang memiliki air terjun melebar
Coban Kedung Malang yang memiliki air terjun melebar [image source]
Air terjun yang berada Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini memiliki ketinggian 20 meter dan lebar sekitar 25 meter. Berbeda dengan air terjun lainya yang cenderung memiliki aliran air yang menciut, Coban kedung malang memiliki jalur air terjun yang melebar. Air yang tertampung di bawahnya berwarna kebiru-biruan dan menyegarkan. Tapi walaupun indah, kamu harus tetap berhati-hati, karena tampungan dari air terjun ini memiliki dasar yang cukup dalam.

Malang memang sangat menarik untuk dijelajah. Keindahan alamnya luar biasa dan membuat siapapun yang datang terkagum-kagum. Mungkin kamu bisa memberikan tanda pada tanggal merah di kalendermu sebagai pengingat untuk kabur ke Malang di hari liburmu.

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Timur Malang
Share