5 Oleh-Oleh Dari China Yang Wajib Dimiliki Traveler

Advertisement

Mengaku telah berkunjung ke China namun cuma punya album foto saja sebagai kenang-kenangan? Sayang banget jika ke Negeri Tirai Bambu tapi tidak membeli suvenir khas negara tersebut, meskipun cuma satu jenis namun akan sangat berharga sebagai pengingat bahwa Anda telah berkunjung ke sana.

China adalah surga belanja barang-barang klasik dan antik yang memiliki nilai-nilai filosofi kehidupan. Sepertinya hampir semua barang yang diperjual belikan di China memiliki filosofi tersendiri jadi Anda tidak cuma mendapatkan barang biasa namun juga bisa dikatakan berharga. Setidaknya jika berkunjung ke China ada 5 oleh-oleh yang musti dimiliki atau Anda juga bisa memilih salah satu saja, mereka adalah:

1. Keramik Klasik nan Antik

Apa yang paling terkenal dari China? Sebagian besar orang akan menjawab kerajinan keramiknya. Hal ini didasari pada berbagai temuan keramik antik dari China di setiap penggalian harta karun dari kapal-kapal China yang tenggelam di perairan Indonesia. Namun benar saja, China memang rumah bagi barang-barang antik termasuk keramik.

Keramik Klasik nan Antik [image source]
Keramik Klasik nan Antik [image source]
Keramik khas China memiliki nilai sejarah panjang dan menjadi salah satu karya seni tertua yang dikenalkan pada dunia lewat Jalur Sutera. Keramik dari China sangat antik karena berisi gambaran budaya dan kehidupan tradisional orang China. Pusat berburu oleh-oleh keramik di China ada di Kota Jingdezhen. Di sana traveler selain bisa membeli aneka jenis keramik juga bisa belajar tentang asal-usulnya.

2. Kain Sutera

Kain sutera memang bisa didapatkan di berbagai negara tapi kain sutera yang berasal dari China adalah kain sutera berkualitas paling baik di dunia. China memang jagonya dalam memproduksi kain yang lembut ini. Traveler yang datang ke sana pun selalu tak ketinggalan untuk memasukkan kain sutera dalam daftar belanjaan mereka.

Kain Sutera [image source]
Kain Sutera [image source]
Variasi warna dan kelembutan kain sutera China memang sangat menggoda dan membuat kaum hawa tak berdaya dibuatnya. Informasi buat traveler yang ingin membeli kain sutera kualitas terbaik adalah yang berasal dari Kota Dandong, Suzhou, Hangzhou dan Sichuan. Traveler bisa membeli kain ini dengan dua cara pertama membelikain sutera yang sudah menjadi gaun tradisional Chia Pao atau membeli lembaran.

3. Batu Giok

Jika di Indonesia demam batu akik belum lama melanda maka di China kegemaran terhadap batu mulia telah berlangsung selama rubuan tahun. Namun bukan sembarang batu yang menjadi komoditas utama China melainkan hanya Batu Giok saja. Maka tak heran jika China amat terkenal dengan batu gioknya dan setiap pelancong khususnya traveler wanita selalu ingin membeli giok saat berada di China.

Batu Giok [image source]
Batu Giok [image source]
Dalam filosofi budaya China, batu giok melambangkan kecantikan, keteguhan, kemuliaan, kekuatan, kesempurnaan dan keabadian. Batu giok telah menjadi maskot orang China sejak 4.000 tahun yang lalu. Aneka jenis pernak-pernik dari batu giok bisa ditemui dalam bentuk manik-manik, cincin, kalung, gelang dan hiasan dinding. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih pernak-pernik dari batu giok ini.

4. Kerajinan Tangan

Menilik sebelumnya bahwa China memiliki beragam pernak-pernik keramik dan olahan batu giok unik maka sudah pasti mereka juga memiliki produk kerajinan tangan yang unik dan khas. Selain menarik, kerajinan tangan dari China banyak diburu traveler karena harganya yang murah.

Kerajinan Tangan [image source]
Kerajinan Tangan [image source]
Beberapa kerajinan tangan favorit traveler antara lain kain bordir, gambar panel kayu, tembikar, lampiron, ukiran maupun kerajinan kertas. Semua kerajinan tangan seperti itu bisa ditemukan di semua pasar oleh-oleh yang ada di setiap kota di China.

5. Obat Tradisional China

Selama ini Anda cuma meihat di televisi saja tentang obat-obatan tradisional dari China maka jika berkesempatan traveling ke negaranya langsung jangan lewatkan untuk membeli obat tradisional ini. Obat tradisional China yang diracik dengan ramuan herbal alami terkenal sangat manjur di dunia.

Kerajinan Tangan [image source]
Kerajinan Tangan [image source]
Obat-obat tradisional ini telah ada sejak zaman dinasti pertama China dan terus dilestarikan hingga kini. Bahan-bahan yang digunakan berasal dari alam tanpa adanya tambahan zat kimia, bahan-bahan tersebut antara lain ginseng, jahe, mentimun China, bunga krisan dan masih banyak lagi. Traveler yang hendak membeli obat tradisional ini bisa mendapatkannya di pasaran kota-kota di China. Namun tetap selalu berhati-hati sebab banyak beredar obat tradisional palsu di sana.

Pilih oleh-oleh yang mana traveler? Kalau bingung borong saja semuanya.

Advertisement
Tags
China Luar negeri Wisata Belanja
Share