5 Bunga yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat Bagi Tubuh, Penasaran?

Advertisement

Bagi orang Indonesia mungkin masih asing dengan memakan bunga. Berbeda halnya jika di luar negeri. Teman Traveler akan menemukan beberapa bunga yang bisa dimakan dan juga diolah dalam bentuk makanan serta bermanfaat bagi kesehatan, lho. Bunga yang digunakan pun bukan berarti tidak ditemukan di Indonesia, penasaran ? Yuk simak informasi lengkap tentang bunga yang bisa dimakan. Apa saja, ya.

Bunga Mawar

Bunga Mawar
Bunga Mawar Via Instagram/irina___nikki

Bunga yang bisa dimakan pertama adalah mawar. Pasti Teman Traveler sudah tidak asing lagi dengan bunga ini. Selain rupanya yang cantik, mawar juga biasa digunakan sebagai bahan masakan. Salah satu makanan yang menggunakan kelopak bunga mawar ialah baklava yang merupakan dessert dari Ottoman, Istanbul. Selain itu, bunga mawar juga digunakan sebagai perawatan kecantikan. Memiliki manfaat sebagai anti inflamas, kaya akan vitamin, dan juga mengurangi resiko penyakit jantung.

Elderflower

Olahan makanan dari bunga elder
Olahan makanan dari bunga elder Via Instagram/offthe_eatenpath

Elderflower merupakan salah satu bunga yang bisa dikonsumsi. Di wilayah Eropa, terdapat softdrink atau minuman bersoda dan sirup dari bunga Elder ini. Tak hanya minuman, elderflower juga hadir dalam berbagai olahan seperti jeli dan cuka. Bunga ini memiliki aroma khas yang manis seperti madu. Ketika Teman Traveling sedang berlibur ke luar negeri dan sedang sakit, elderflower bisa dikonsumsi karena daat mengobati batuk pilek, sinus, mengatasi alergi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagainya.

Bunga Matahari

Bunga Matahari
Bunga Matahari Via Instagram/miluwaty_maria

Bunga yang Bisa Dimakan berikutnya adalah matahari. Biasanya olahan dari bunga matahari adalah kuaci yang bijinya bisa dimakan. Tak hanya itu, ternyata kelopak bunga matahari juga bisa dikonsumsi. Di beberapa daerah, kelopak bunga matahari yang masih muda biasanya direbus dan dimakan, selain itu juga dimasukkan ke dalam sup, atau ke makanan yang berkuah. Mengkonsumsi kelopak bunga matahari juga dapat membantu Teman Traveler jika sedang sakit kepala atau nyeri menstruasi.

Lavender

Ice Cream dari Lavender
Ice Cream dari Lavender Via Instagram/nui_neverathome

Lavender sudah tidak asing lagi jika dipakai sebagai bahan makanan. Banyak olahan yang bisa Teman Traveler temukan salah satunya adalah es krim yang bisa dijumpai di Tasmania. Kelopak bunga lavender ini biasa dibuat menjadi manisan atau sebagai bahan dasar kue. Lavender ini memiliki khasiat untuk mengatasi insomnia, merelaksasikan otot, anti virus, anti jamu, dan juga anti bakteri. Bunga ini memiliki rasa yang manis, pedas, dan juga wangi.

Saffron

Bunga Saffron
Bunga Saffron Via Instagram/trip_locals

Bunga selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah bunga saffron. Bunga saffron biasanya dibuat menjadi campuran puding. Bunga ini memiliki khasiat sebagai zat anti kanker, anemia, menghilangkan jerawat, melancarkan haid, dan masih banyak lagi. Tumbuh di daerah yang tropis, bunga saffron memiliki kandungan potassium, kalsium, zat besi, dan lain-lain.

Jika Teman Taraveler sedang bepergian dan merasa tidak sehat, dengan mengkonsumsi bunga yang bisa dimakan tersebut bisa membantu memulihkan stamina tubuh. Berani coba?

Advertisement
Tags
kuliner Luar negeri tips dan inspirasi
Share