Jangan Kaget, Bukit Ini Ada di Indonesia, Lho

Advertisement

Sudah bukan rahasia, Indonesia bagian Timur, khususnya Papua memiliki keindahan yang sangat eksotis. Selain Raja Ampat yang kecantikannya sudah mendunia dan menjadi daya tarik wisatawan asingr, ada pula Pulau Biak, spot snorkeling favorit karena kejernihan air lautnya. Kemudian muncul wisata baru lagi nih dari Tanah Mutiara Hitam yang tak kalah cantik. Apa ya?

Salah Satu Kekayaan Papua

Danau Sentani, kekayaan Papua
Danau Sentani, kekayaan Papua [image source]
Setiap wisata di Indonesia rasanya sayang untuk dilewatkan. Jangan lupakan Taman National Lorentz, lukisan alam yang akan mengantarkanmu ke puncak Jayapura, di mana salju bisa disentuh. Ada juga Sentani, danau indah nan cantik yang berbentuk hati dan berada di Papua. Tak hanya sedap dipandang, di lokasi wisata ini digelar festival setiap Juni atau pertengahan tahun yang menjadi alasan untuk mengunjunginya.

Danau Sentani, Papua
Danau Sentani, Papua [image source]

Tak Kalah Dengan Pulau Jawa

Kekayaan Papua
Kekayaan Papua [image source]
Indah dan pesona budaya, ternyata itu hanya sebagian kecil dari kekayaan Danau Sentani. Lokasi ini dilengkapi bukit-bukit hijau di sekelilingnya. Masyarakat sekitar menyebutnya denga Bukit Teletubbies. Wah, sekarang warga sana tak perlu jauh-jauh ke Bromo atau Blitar untuk bisa berpose di lereng-lereng asri seperti film kartun itu, ya. Datanglah saat masih pagi. Selain cahaya matahari akan mempercantik foto-fotomu, kamu akan punya banyak waktu untuk berpose tanpa merasa kepanasan.

Indahnya Bukit Teletubbies jayapura
Indahnya Bukit Teletubbies jayapura [image source]

Lokasi yang Mudah Dijangkau

Keindahan bukit Teletubbies
Keindahan bukit Teletubbies [image source]
Bukit Teletubbies ini berada tepat di sekitar Danau Sentani di area Pegunungan Cyclop, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora, markas TNI. Dari bandara hanya dibutuhkan waktu 15 menit untuk bisa sampai di lokasi ini. Ada persewaan mobil dengan tarif sekitar 650 ribu rupiah per harinya. Kalau mau hemat, gunakan saja ojek. Pilih bulan saat hujan tak banyak datang namun tak sampai kemarau agar menemui bukit yang sedang hijau-hijaunya. Namun, saat sedang kemarau, lereng ini tetap tampak eksotis, lho.

Bukit Teletebbies, Jayapura
Bukit Teletebbies, Jayapura [image source]

Spot Selfie yang Fotogenic

Spot selfie di Danau Sentani
Spot selfie di Danau Sentani [image source]
Selain perbukitan yang indah dan segar di mata, juga danau cantik yang berbentuk hati, ternyata lokasi wisata yang satu ini masih menyediakan spot-spot kece untuk berpose. Dengan ayunan hits kekinian, lengkap dengan bunga-bunga sebagai properti disediakan di sini untuk menunjang hobi potret-potretmu. Jangan lupa berkeliling danau dengan perahu dan menikmati keindahan di setiap sudutnya. Tarifnya sekitar 300 ribu rupiah untuk sekali putar dan bisa muat hingga 10 orang.

Berperahu di Danau Sentani
Berperahu di Danau Sentani [image source]

Kuliner Sekitar yang Wajib Dicoba

Yougwa Restoran
Yougwa Restoran [image source]
Saat sudah lelah bermain dan jepret-jepret, coba melipir ke tepi Sentani dan menikmati santapan khas daerah sini. Ada Yougya Restoran yang berada tepat di sisi danau. Pilih tempat duduk di teras agar kamu bisa menikmati pemandangan serta indahnya sunset selagi menyantap makananmu. Cicipi papeda, makanan khas Papua yang sudah jarang ditemui di tempat lain. Coba juga ikan kuah asam kuning yang menyegarkan dan mengenyangkan.

Masakan khas Papua, papeda dan ikan kuah kuning
Masakan khas Papua, papeda dan ikan kuah kuning [image source]
Lokasi :  Pegunungan Cyclop, Kabupateb Jayapura

Nah, Papua hits banget dan layak masuk dalam daftar destinasi impian, kan. Masih ada waktu nih merencanakan terbang ke sana untuk menyaksikan festival Juni mendatang. Bagaimana, siap berpetualang di Tanah Mutiara Hitam?

Advertisement
Tags
bukit Indonesia Jayapura kuliner Papua
Share