Blue Bay, Teluk di Banyuwangi yang Serasa Liburan Mewah di Luar Negeri

Advertisement

Tempatnya sulit di jangkau, tapi setibanya di lokasi jadi ogah pulang. Itulah gambaran singkat tentang Blue Bay di Banyuwangi. Yap, jangan mengira kalau kabupaten di ujung timur Jawa ini hanya memiliki Green Bay saja ya. Blue Bay atau Teluk Biru ini lebih istimewa dan bisa menjadi pesaing serius jika digarap secara optimal.

Nama Blue Bay memang belum seterkenal saudaranya yaitu Green Bay. Salah satu penyebabnya adalah akses menuju ke lokasi yang sulit dan hanya bisa dijangkau menggunakan jalur laut. Secara administratif, pantai ini berada di Kecamatan Muncar dan masih termasuk di dalam wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Hanya saja keberadaannya yang tersembunyi di balik Semenanjung Sembulungan membuatnya sulit untuk diakses.

Blu Bay di Banyuwangi, via Instagram
Blu Bay di Banyuwangi, via Instagram

Wajar jika kemudian tidak banyak traveler yang pergi ke sana bahkan tidak semua warga Banyuwangi tahu kalau daerahnya punya tempat sekeren itu. Warga sekitar juga asing dengan nama Blue Bay atau Teluk Biru sebab mereka sejak lama mengenal pantai berair biru ini dengan nama Selanggrong atau Senggrong. Teluk Biru punya pemandangan indah di atas dan di dalam laut yang selalu dipamerkan pada mereka yang datang.

Pantai ini memiliki air biru jernih dan terumbu karang yang indah pas untuk aktivitas snorkeling, via Instagram
Pantai ini memiliki air biru jernih dan terumbu karang yang indah pas untuk aktivitas snorkeling, via Instagram

Tidak dipungkiri lagi bahwa taman laut di Blue Bay memang menyimpan terumbu karang yang indah serta dihuni oleh beraneka spesies ikan. Sudah tentu setiap paket wisata yang menawarkan kunjungan ke sana selalu membekali diri dengan kegiatan snorkeling sebab inilah aktivitas utama dan paling digemari traveler saat melihat laut yang tenang dengan air yang jernih.

Lain halnya dengan nelayan, mereka akrab dengan tempat ini sebab Teluk Biru merupakan kawasan tangkap ikan. Dahulu para nelayan sering menggunakan bom ikan maupun potasium untuk menangkap ikan. Tentu kegiatan ilegal tersebut sempat merusak sebagian besar biota laut yang ada di sekitar Teluk Hijau. Hingga akhirnya warga sekitar membentuk komunitas pelestari lingkungan yang dinamakan Gemuruh. Kegiatan mereka antara lain melakukan transplantasi terumbu karang, penanaman pohon bakau dan penanaman fish apartement.

Blue Bay juga punya pantai yang eksotis, via Instagram
Blue Bay juga punya pantai yang eksotis, via Instagram

Traveler yang berminat ke Teluk Biru, jalan satu-satunya adalah dengan menyewa perahu nelayan dari pelabuhan Muncar. Selain itu mereka juga dapat memesan paket tur dari warga setempat, dengan menggunakan jasa ini traveler akan mendapat banyak kemudahan karena biasanya akan disediakan pula life jacket dan peralatan snorkeling dalam paket tersebut. Tipsnya, berkunjunglah secara beramai-ramai agar biaya kapal bisa ditanggung ramai-ramai sehingga lebih irit. Informasi terbaru, biaya menyeberang dengan kapal bermuatan 8 orang dipatok dengan tarif 800 ribu rupiah.

Advertisement
Tags
Banyuwangi Blue Bay Green Bay
Share