Paling Mantap Melihat China Dari Ketinggian via 5 Bianglala Raksasa Ini

Advertisement

Menikmati pemandangan kota yang paling mudah adalah dengan cara naik wahana kincir atau lebih ngetren bernama bianglala. Tak heran jika wahana permainan ini hampir selalu ada di setiap pasar malam atau taman rekreasi di seluruh dunia. Begitu pula di China, negara yang memiliki wilayah terluas di dunia ini juga memiliki bianglala yang siap membawa traveler ke atas langit untuk melihat gemerlap kota-kotanya.

Naik bianglala adalah cara paling murah dan simpel untuk melihat kota dari ketinggian. Traveler tinggal duduk manis kemudian bianglala akan otomatis membawa traveler ke atas ketinggian untuk menyaksikan keindahan kota sekitar wahana tersebut. Dengan bianglala raksasa bahkan hampir keseluruhan permukaan kota dapat disaksikan. Nah, China tercatat memiliki beberapa bianglala raksasa lho, berikut kelima bianglala tersebut.

1. Tianjin Eye

Bayangkan Anda naik bianglala yang tingginya seukuran monas. Nah mungkin itu gambaran dari bianglala yang pertama ini, semakin tinggi bianglala maka akan memberikan sensasi yang luar biasa. Memiliki tinggi 120 meter dan dibangun di Yongle Bridge yang ada di atas sungai Hai di Tianjin, China. Jembatan ini sangat unik dan satu-satunya jembatan yang dibangun di atas jembatan.

Tianjin Eye [image source]
Tianjin Eye [image source]
Bianglala Tianjin Eye yang penggarapannya selesai tahun 2008 ini membutuhkan tenaga listrik untuk menggerakannya. Dengan ukurannya yang besar, dalam satu kabin dapat diisi oleh 8 penumpang dengan total kabin ada 48 sehingga total bianglala ini mampu mengangkut 384 penumpang. Butuh waktu 30 menit untuk melakukan putaran penuh sehingga penumpang bisa puas menikmati pemandangan kota dengan bianglala ini. Tianjin Eye memiliki jam layanan dari pukul 9 pagi hingga 21.30 malam waktu setempat.

2. Changsha Ferris Wheel

Selain Tianjin Eye, China juga memiliki bianglala lain yang memiliki tinggi 120 meter yaitu Changsha Ferris Wheel. Bianglala ini bisa ditemukan di Changsha, Provinsi Hunan, China sekaligus menjadi bangunan tertinggi di kota tersebut.

Changsha Ferris Wheel [image source]
Changsha Ferris Wheel [image source]
Diresmikan tanggal 1 Oktober 2004, bianglala ini memiliki diameter 99 meter dengan 48 kabin yang masing-masing mampu diisi dengan 8 penumpang sehingga jika bianglala ini penuh dengan penumpang maka akan ada 384 orang di sana. Traveler bisa menaiki wahana ini setiap hari mulai pukul 18.30-23.00 pada hari kerja dan 09.30-23.00 pada akhir pekan.

3. Suzhou Ferris Wheel

Terletak di The Ferris Wheel Amusement Park yang berada di samping Sungai Jinji, Provinsi Jiangsu berdiri kokoh salah satu bianglala tertinggi di China yaitu Suzhou Ferris Wheel. Bedanya bianglala ini berada di sebuah taman bermain sehingga selain naik wahana kincir ini turis juga dapat menaiki berbagai wahana lainnya termasuk roller coaster.

Suzhou Ferris Wheel [image source]
Suzhou Ferris Wheel [image source]
Kawasan The Ferris Wheel Amusement Park memiliki berbagai atraksi menari yang digelar setiap akhir pekan antara lain water show dan juga pertunjukan kembang api yang ada di sisi lain dari sungai Jinji. Kincir Suzhou memiliki jumlah kabin yang lebih banyak yakni 60 buah dengan total penumpang 300 orang. Bianglala ini diresmikan tahun 2009 dan beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00-21.00.

4. Zhengzhou Ferris Wheel

Melengkapi 4 besar bianglala tertinggi di China adalah Zhengzhou Ferris Wheel yang terletak di Century Amusement Park di Zhengzhou, Henan. Bianglala ini pada saat peresmiannya di tahun 2003 sempat menyandang gelar sebagai yang tertinggi di China dan nomor dua di dunia setelah London eye.

Zhengzhou Ferris Wheel [image source]
Zhengzhou Ferris Wheel [image source]
Dibanding bianglala yang lainnya, Zhengzhou Ferris Wheel memiliki keunikan sendiri dalam hal desainnya di mana rangka dalamnya berbentuk bintang sehingga saat berputar terlihat sangat indah layaknya bintang sungguhan. Traveler bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian selama 30 menit untuk satu kali berputar naik bianglala ini.

5. Star of Nanchang

Inilah bianglala yang menasbihkan diri menjadi yang tertinggi di China sekaligus kedua di dunia di bawah Singapore Flyer. Dengan tinggi 160 meter bianglala Star of Nanchang di Provinsi Jiangxi menawarkan traveler pemandangan kota dari atas awan.

Star of Nanchang [image source]
Star of Nanchang [image source]
Perputaran bianglala ini sangat lembut sehinga traveler yang naik bisa sangat rileks saat menikmati pemandangan kota dari kabinnya. Butuh waktu 30 menit untuk melakukan satu kali putaran penuh. Bianglala ini mulai dibuka untuk umum sejak tahun 2006 dan memiliki 60 kabin yang dapat menampung 480 penumpang. Berani coba naik?

Advertisement
Tags
China Luar negeri Wahana Wisata
Share