5 Aturan Berfoto di Kraton Jogja, Jangan Patahin Meja Kayak Turis Ini!

Advertisement

Kraton Jogja belum lama ini dihebohkan seorang pengunjung yang merusak meja milik Sultan. Ceritanya si wisatawan ngotot naik untuk berfoto, hingga berujung pada kerugian materi bagi pihak Kraton. Untungnya, hal ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Nah, agar Teman Traveler tak sampai apes kena kejadian serupa, yuk simak lima aturan berfoto di Kraton Jogja berikut ini.

1. Izin Membawa Kamera Sebelum Masuk Kraton

Berfoto di Kraton Jogja
Ilustrasi Pelancong di Kraton Jogja via shutterstock

Saat membeli tiket sebelum memasuki Kraton Jogja, Teman Traveler juga harus meminta izin bila membawa kamera ke dalam. Sebuah kertas akan digantungkan di kamera sebagai tanda bahwa pihak kraton sudah memberi izin mengambil foto dengan alat tersebut.

2. Perhatikan Baik-baik Segala Tulisan di Kraton

Aturan Berfoto Kraton Jogja
Sudut di Kraton Jogja via shutterstock

Segala benda dan unsur-unsur yang ada di Kraton Jogja merupakan hal yang sakral, lawas, dan penting sehingga tidak boleh berlaku sembarangan di sini. Sebaiknya Teman Traveler memanfaatkan jasa pemandu wisata jika ingin lebih berhati-hati dan menjauh dari masalah.

Andai memang sedang jalan-jalan sendirian, Teman Traveler hanya perlu memperhatikan sekitar dan membaca dengan seksama setiap anjuran maupun larangan yang dipasang. Terdapat area yang tak boleh disinggahi, benda yang tak boleh disentuh, maupun podium yang tak boleh dinaiki.

3. Tidak Boleh Selfie dengan Latar Abdi Dalem

Ilustrasi Abdi Dalem di Kraton Jogja via shutterstock

Abdi Dalem adalah pegawai kraton yang sangat terhormat berkat peran pentingnya. Oleh karena itu, Teman Traveler dilarang sembarangan berfoto bersama mereka. Berswafoto dengan latar belakang abdi dalem pun tidak diperkenankan. Alasan di balik hal tersebut adalah perihal kesopanan.

4. Tidak Boleh Berfoto dengan Abdi Dalem yang Membelakangi Kraton

Aturan Berfoto di Kraton Jogja
Ilustrasi Abdi Dalem via shutterstock

Aturan berfoto di Kraton Jogja selanjutnya adalah bila memotret, posisi Abdi Dalem tidak boleh membelakangi bangunan kraton. Kalau terlihat Teman Traveler hendak melakukannya, jangan heran jika kalian bakal langsung mendapat peringatan.

Kraton merupakan tempat raja dan keluarganya tinggal, berbagai benda sakral dan keramat pun berada di sini. Memotret Abdi Dalem yang membelakangi kraton dianggap tidak sopan.

5. Tidak Menggunakan Topi

Ilustrasi Memakai Topi Saat Berfoto via shutterstock

Bila Teman Traveler masuk ke Kraton Jogja sebaiknya tidak menggunakan topi. Kalau pun terlanjur membawanya, bisa dimasukkan ke dalam tas atau diletakkan di tempat penitipan barang. Pemakaian topi dianggap tidak menghormati para warga kraton.

Berkeliling Jogja akan terasa afdal usai singgah ke kraton. Diperkenankan untuk berfoto, namun tetaplah menaati peraturan yang berlaku, ya.

Advertisement
Tags
Berfoto di Kraton Jogja Indonesia Jogja tips dan inspirasi
Share