7 Bangunan Berbentuk Hewan Dari Dalam dan Luar Negeri

Advertisement

Bangunan-bangunan bertingkat yang megah dan futuristik itu sudah biasa. Bagaimana dengan bangunan berbentuk binatang? Yap, di dunia ini banyak sekali gedung yang dibangun menyerupai hewan. Beberapa di antaranya berfungsi sebagai destinasi wisata, sedangkan lainnya ada yang berfungsi sebagai gedung perkantoran hingga hotel.

Bangunan-bangunan yang unik terkadang memiliki daya tarik tersendiri. Karena bentuknya inilah banyak traveler yang penasaran untuk datang. Beberapa bangunan untuk di dunia dibangun dengan meniru bentuk dari hewan seperti anjing, keong, penyu hingga buaya. Langsung saja, dirangkum Travelingyuk dari berbagai sumber inilah 7 bangunan berbentuk hewan yang ada di Indonesia dan juga dunia.

1. Kura-Kura Ocean Park – Jepara, Indonesia

Bangunan unik berbentuk hewan dalam daftar pertama ada di Indonesia tepatnya di Kabupaten Jepara, sebuah daerah di Jawa Tengah yang dikenal sebagai Kota Ukir serta Pariwisata Kepulauan Karimunjawa. Namanya adalah Kura-Kura Ocean Park, meski namanya kura-kura tapi bentuk bangunannya adalah seekor penyu. Bangunan unik ini bisa traveler jumpai saat berkunjung ke Pantai Kartini.

Kura-Kura Ocean Park, via instagram
Kura-Kura Ocean Park, via instagram

Kura-Kura Ocean Park di resmikan tahun 2011 dan terbagi menjadi dua lantai dimana satu lantai berisi akuarium raksasa yang berisi aneka biota laut sedangkan lantai berikutnya berupa teater 3D serta area permainan anak. Kura-Kura Ocean Park bisa dibilang Sea World-nya Jepara. Traveler bisa berkenalan dengan berbagai spesies hewan laut seperti ikan pari, penyu, angelfish dan lain-lain. destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 sampai 16.00 WIB.

2. Bangunan Berbentuk Ikan – India

Jika Jepara di Indonesia punya bangunan berbentuk hewan laut penyu lain halnya dengan kota Hyderabad, India. Kota di negeri Bollywood ini juga punya gedung nyentrik berbentuk hewan air berupa ikan. Usut punya usut bangunan tersebut adalah sebuah gedung kantor dari organisasi bernama The National Fisheries Development Board (NFDB) India. Bentuknya unik dan terlihat menonjol dibanding bangunan di sekitarnya maka tak heran jika banyak traveler tertarik untuk berfoto di dekat gedung ini.

The National Fisheries Development Board, via instagram
The National Fisheries Development Board, via instagram

Untuk diketahui bahwa The National Fisheries Development Board merupakan organisasi bentukan dari Departemen Peternakan dan Perikanan, Kementerian Pertanian India. Gedung ini menjadi pusat penelitian peningkatan produktivitas perikanan di negara itu. Keunikan bentuk bangunannya banyak mencuri perhatian orang yang lewat di jalan dekat gedung tersebut. Mereka umumnya akan berhenti sejenak dan mengambil gambar atau berfoto dengan latar belakang ikan raksasa di daratan tersebut.

3. Gedung Berbentuk Anjing – Tirau, Selandia Baru

Selandia Baru bukan hanya dikenal memiliki wisata alam yang indah tapi gedung pusat informasi pariwisatanya juga tak kalah nyentrik. Adalah pusat informasi turis yang terletak di Kota Tirau, Selandia Baru memiliki bentuk bangunan yang unik. Bangunannya sendiri berbentuk seperti anjing. Di dalamnya dilengkapi dengan toilet umum, tempat parkir dan juga taman yang bisa digunakan sebagai destinasi rekreasi.

Gedung Berbentuk Anjing, via instagram
Gedung Berbentuk Anjing, via instagram

Setiap turis asing yang membutuhkan informasi pariwisata bisa berkunjung ke tempat ini. Di dalam kawasan ini sebenarnya ada dua bangunan, satunya lagi berbentuk hewan domba. Pembangunan gedung ini diprakarsai oleh penduduk lokal bernama John Drake. Ia memiliki lahan luas dan berinisiatif memabngun sebuah pusat informasi wisata. Pada perjalanannya ia dibantu oleh pebisnis lokal bernama Henry Clothier yang bertindak sebagai penyandang dana. Akhirnya gedung itupun selesai dibangun pada tahun 1998. Kini turis bisa memperoleh seputar informasi mengenai wisata dengan mudah sekaligus foto-foto di depan gedung keren tersebut.

4. Teater Imax Keong Mas – TMII, Jakarta

Selain di Jepara, traveler Indonesia juga bisa menemukan bangunan unik berbentuk hewan di aman Mini Indonesia Indah (TMII). Gedung tersebut bernama Teater Imax Keong Mas yang merupakan gedung teater berbentuk keong mas raksasa yang berfungsi sebagai gedung pemutaran dan pertunjukan film khusus berteknologi canggih. Menurut sumber yang berasal dari situs resmi TMII, gedung pertunjukan tersebut dibangun atas prakarsa Ibu Tien Soeharto.

Teater Imax Keong Mas, via instagram
Teater Imax Keong Mas, via instagram

Teater Imax Keong Mas diresmikan pada tanggal 20 April 1984. Meskipun gunanya sebagai tempat pemutaran film layaknya bioskop tapi tidak semua film bisa diputar di gedung ini. Hanya film-film seri Indonesia Indah dan film-film luar negeri bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema-tema lingkungan hidup saja yang diputar di dalamnya. Pengunjung yang datang juga bisa berfoto-foto di depan gedungnya yang unik.

5. Hotel Anjing – Amerika Serikat

Bangunan berbentuk binatang berikutnya datang dari Amerika Serikat. Bukan tempat wisata bukan pula perkantoran, Dog Bark Park Inn adalah bangunan berbentuk anjing yang berfungsi sebagai hotel. Hotel unik ini bisa traveler pesan jika sedang liburan di Idaho, Amerika Serikat. Alamat lengkapnya berada di 2421 U.S. 95 Business, Cottonwood, Idaho.

Dog Bark Park Inn, via instagram
Dog Bark Park Inn, via instagram

Hotel berbentuk anjing ini hanya memiliki dua kamar yang bisa disewakan. Tamu yang menginap di sana bukan hanya disuguhi bentuk bangunan yang unik tapi juga interior dan perabotan yang bertemakan anjing. Ada juga toko suvenir dan galeri seni di dalamnya. Sekedar informasi bahwa Dog Bark Park Inn dibangun oleh Dennis J Sullivan dan Frances Conklin.

6. Museum Komodo dan Taman Reptil –

Memiliki nama asli Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia adalah sebuah wahana di Taman Mini Indonesia Indah yang menampilkan satwa langka dalam bentuk awetan dan reptil hidup. Yang menarik adalah arsitektur bangunannya yang berbentuk hewan komodo, si naga purba yang hidup di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia, via instagram
Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptilia, via instagram

Bangunan berbentuk komodo ini berada di lahan seluas 10.120 m² dengan luas bangunan 1.500 m². Semua koleksi keanekaragaman satwa Indonesia ditata dalam dua lantai. Lantai pertama berisi jenis binatang mamalia lengkap dengan kondisi alamnya sedangkan lantai dua berisi satwa burung. Ada pula taman reptil yang menampilkan aneka jenis reptil hidup dan juga yang sudah diawetkan. Tempat ini bisa dikunjungi wisatawan setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore WIB dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 10 ribu per pengunjung.

7. Hotel Buaya – Australia

Bangunan terakhir yang gedungnya mengadopsi bentuk binatang adalah Mercure Kakadu Crocodile Hotel. Hotel ini berada di Kota Jabiru, Australia. Bentuk buaya bisa dilihat jika traveler mengambil gambar dari ketinggian. Mulai dari moncong hingga ekor bentuk bangunan hotel ini memang sepenuhnya mirip buaya. Buaya sendiri adalah hewan khas yang terdapat di Benua Australia selain kanguru.

Mercure Kakadu Crocodile Hotel, via instagram
Mercure Kakadu Crocodile Hotel, via instagram

Mercure Kakadu Crocodile Hotel bisa traveler temukan di dekat Taman Nasional Kakadu, Australia. Hotel nyentrik dengan bangunan mirip buaya ini dibangun dekat dengan berbagai fasilitas seperti lapangan golf yang hanya berjarak 6 menit berjalan kaki, pusat informasi dan juga bandara yang hanya berjarak 8 km saja. Alih-alih memunculkan kesan angker dan menyeramkan, hotel buaya ini malah menarik banyak tamu karena bentuknya yang dianggap keren dan lucu. Di dalam hotel ini terdapat banyak kamar dengan interior bermotif aborigin serta pusat spa. Tertarik mengunjungi salah satunya?

Advertisement
Tags
Amerika Serikat bangunan unik Flores India Indonesia Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jepara Luar negeri NTT Pulau Komodo selandia baru
Share