10 Bangunan Peninggalan Belanda di Indonesia yang Sangat Megah

Advertisement

Belanda menjajah Indonesia selama tiga setengah abad sehingga tak heran jika pemerintah kolonial meninggalkan banyak sekali jejak di bumi pertiwi. Salah satunya berupa bangunan-bangunan bergaya eropa yang megah.

Meski banyak bangunan peninggalan Belanda yang sudah rusak namun tidak sedikit pula yang hingga kini masih utuh dan terawat dengan baik bahkan masih difungsikan hingga sekarang. Berikut 10 bangunan Belanda yang megah dan masih terawat hingga saat ini.

1. Lawang Sewu – Semarang

Rasanya tidak ada yang lebih layak untuk berada di jajaran teratas bangunan Belanda paling megah di Indonesia selain Lawang Sewu. Bangunan yang berdiri kokoh di bundaran Tugu Muda, Semarang ini dibangun tahun 1904 dan difungsikan sebagai kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

Lawang Sewu (c) fc07.deviantart.netl
Lawang Sewu (c) fc07.deviantart.netl

Dulu bangunan yang konon memiliki seribu pintu tersebut terkenal angker dan menjadi destinasi wisata mistis yang palingterkenal. Kini seiring dengan pemugaran besar-besaran yang dilakukan pemerintah Semarang, kesan mistis telah lenyap dan berubah menjadi objek wisata yang mengagumkan dan wajib kunjung ketika di Semarang.

Advertisement
Tags
Bangunan Belanda Indonesia
Share