Daftar Bandara Baru di Indonesia Tahun 2018-2019, Kotamu Termasuk Salah Satunya?

Advertisement

Perkembangan infrastrukur di Indonesia, kian hari makin berkembang. Hal tersebut tampak dari berbagai sarana dan prasarana yang telah beroperasi atau masih dalam tahap pembangunan. Salah satu yang paling nampak ialah bandara. Nah, dari tahun 2018 ke 2019 ada beberapa daftar bandara baru di Indonesia. Mau tau ada apa saja? Simak list berikut.

Bandara Maratua, Berau

Bandara Baru di Indonesia, Maratua Berau, via Instagram/majalah_haloindonesia

Pada tanggal 25/10/2018 lalu, Presiden Jokowi meresmikan Bandara Maratua yang berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Banyak pihak yang berharap bahwa dengan adanya bandara ini, dapat memajukan pariwisata daerah.

Terlebih, Berau memang dikenal keindahan bawah lautnya, spot-spot diving, juga resort. Hal itu membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Bandara APT Pranoto, Samarinda

Bandara APT Pranoto di Samarinda, via Instagram/indrachyna

Peresmian Bandara APT Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur ini bersamaan dengan Bandara Maratua di Berau. Saat ini, enam maskapai telah melayani penerbangan di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto. Rutenya pun tak hanya antar provinsi, melainkan internasional, mulai dari Kuala Lumpur, Kuching, Kinabalu, Brunei Darussalam, juga Singapura.

Bandara Kertajati, Majalengka

Bandara Kertajati di Majalengka, via Instagram/q_larustonlinestore

Bandara Kertajati juga merupakan bandara baru Indonesia yang letaknya berlokasi di Majalengka, Jawa Barat. Bandara dibangun di atas lahan seluas 1800 hektar dan memiliki runway berukuran 2500m x 60 m. Kertajati juga disebut sebagai bandara terbesar kedua, setelah Soekarno Hatta.

Pembangunan bandara tentunya bertujuan utnuk pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat dan terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban, Jalah Tol Cipali, serta jalur kereta api. Bandara diresmikan sejak tanggal 24/5/2018 lalu.

Bandara Wiriadinata, Tasikmalaya

Bandara Wiriadinata di Tasikmalaya, via Instagram/abah_frans_002.888.019

Masih berada di Jawa Barat, Bandara Wiriadinata juga baru diresmikan oleh Jokowi tanggal 27/2/2019 kemarin, walau sarana ini telah beroperasi sejak tahun 2017 lalu. Wiriadinata melayani penerbangan maskapai Wings Air dengan rute Tasikmalaya-Jakarta (Halim Perdana Kusuma). Setelah adanya revitalisasi, akan ada penambahan penerbangan dari Maskapai Garuda Indonesia dan Citilink.

Bandara NYIA, Kulon Progo

Bandara NYIA di Kulon Progo, via Instagram/adisutjipto_airport

Satu bandara yang masih dalam tahap pembangunan ialah Bandara NYIA (New Yogyakarta Airport) yang berada di kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Direncanakan akan mulai beroperasi pada bulan April 2019 tahun ini. Proses pembangunan bandara bisa dibilang cepat. Konstruksi dan pengaspalan lapis awal landasan pacu bandara telah rampung, padahal pembangunan bandara baru dimulai pada bulan Oktober 2018 lalu.

Perkembangan infastruktur di tanah air, kian berkembang. Termasuk adanya sejumlah bandara baru di Indonesia. Semoga nantinya bisa meningkatkan perekonomian Indonesia di bidang pariwisata. Apakah kotamu masuk ke dalam salah satu list tadi?

Advertisement
Tags
Akomodasi bandara baru 2019 Indonesia
Share