Ayam Goreng Legendaris di Jakarta, Tak Perlu Ditanya Enaknya

Advertisement

Ayam goreng merupakan pilihan lauk yang biasa disantap oleh banyak orang. Daging ayam yang empuk akan makin krispi setelah digoreng. Terlebih jika disantap dengan nasi hangat dan ditemani sambal pedas. Bagi yang sedang berada di Ibukota, deretan ayam goreng legendaris di Jakarta ini bisa banget dicoba. Pengalaman selama puluhan tahun memanjakan lidah pelanggan membuktikan cita rasanya. Di mana saja, ya?

Ayam Goreng Suharti

Ayam Goreng Nyonya Suharti, via Instagram/onedeelee
Ayam Goreng Nyonya Suharti, via Instagram/onedeelee

Ayam Goreng Suharti sudah ada sejak tahun 1972. Ternyata, awalnya bumbu yang digunakan untuk membat ayam goreng ini diracik dari resep Mbok Borek yang juga penjual ayam goreng ternama. Lalu, sang pemilik berinisiatif untuk membuat racikannya sendiri dan menjual ayam goreng buatannya dari rumah ke rumah.

Sampai pada akhirnya di tahun 1963, Suharti yang dibantu suaminya mendirikan rumah makan dengan menu utama ayam goreng di Jogja. Barulah setelah beberapa puluh tahun berselang, ayam gorengnya diterima masyarakat dan memiliki banyak cabang, termasuk di Jakarta.

Ada dua tempat yang bisa kamu kunjungi saat ingin mencicipi Ayam Goreng Suharti ini, yakni Jl. Johar No.26, RT.18/RW.6, Kb. Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Kedua di Jl. Raya Cilandak Kko Blok Abbah 4 No.60, Rangunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Ayam Goreng Ibu Haji

Ayam Goreng Ibu Haji, via Instagram/ayamgorengibuhaji
Ayam Goreng Ibu Haji, via Instagram/ayamgorengibuhaji

Ayam goreng legendaris di Jakarta lainnya yang bisa dikunjungi adalah Ayam Goreng Ibu Haji yang kurang lebih sudah berdiri selama 40 tahun. Tempat makan ini pernah terbakar di tahun 1998 yang lalu. Meskipun begitu masih berdiri hingga detik ini. Berbagai kalangan mencoba ayam goreng di sini, masyarakat biasa sampai dengan para pejabat.

Cita rasa ayam goreng di sini adalah gurih, teksturnya empuk, padahal yang digunakan adalah daging ayam kampung. Yang bikin tambah istimewa adalah sambal kacangnya yang memiliki rasa manis pedas yang dipadu dengan gurih kacang. Alamat Ayam Goreng Ibu Haji ini berada di Jl. Bekasi Timur I No. 11 C, Rawa Bunga, Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

Ayam Goreng Berkah Rahmat

Ayam Goreng Berkah Rahmat, via Instagram/seleramode
Ayam Goreng Berkah Rahmat, via Instagram/seleramode

Lalu ada pula Ayam Goreng Berkah Rahmat yang telah beroperasi sejak tahun 1980-an. Merupakan pelopor ayam goreng jawa di Jakarta yang pengolahannya diungkep sehingga rasanya begitu meresap. Di tempat makan Jakarta ini, Teman Traveler tidak bisa memesan ayam per potong, melainkan minimal setengah ekor yang ada paha dan dada. Teksturnya empuk dengan rasa yang gurih.

Tidak hanya ayam goreng yang ditawarkan di sini, ada juga sup ceker dan sayur asam yang enak disajikan saat hangat. Lokasi Ayam Goreng Berkah Rahmat ini berada di Jl. Melawai XIII, di sekitaran RSB Asih, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Warung Ayam Goreng H. Mardun Martinah

Ayam Goreng Mardun Martinah, via Instagram/soviera6
Ayam Goreng Mardun Martinah, via Instagram/soviera6

Ayam goreng legendaris di Jakarta satu ini telah populer sejak puluhan tahun yang lalu. Menjadi salah satu sesepuh kuliner di Jakarta, sajian utama di sini adalah ayam gorengnya yang empuk, ditambah dengan cocolan sambal kacang dan acar timur. Gurih, empuk, pedas, dan sedikit asam. Konon, rumah makan ini telah dikelola oleh 3 generasi berbeda oleh pemiliknya.

Ayam Goreng H. Mardun Martinah ini berlokasi di Jl. Mangga Besar raya No. 90 A, Jakarta Barat. Bukanya mulai jam 09:00 sampai pukul 21:00 WIB. Cabangnya berlokasi di Jl. Panjang No. 66, Jakarta Barat. Tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1961, pengalaman yang tak perlu untuk diragukan bukan?

Itulah beberapa lokasi ayam goreng legendaris di Jakarta. Bisa jadi jujukan jika kamu ngidam banget ayam goreng enak dan legendaris saat berada Ibu Kota. Mau coba yang mana dulu?

Advertisement
Tags
Ayam goreng legendaris di jakarta Indonesia kuliner kuliner jakarta
Share