Aktivitas Seru di Kepulauan Seribu yang Membuatmu Serasa di Maldives

Advertisement

Siapa sangka jika tak jauh dari keramaian ibu kota, terdapat surga alam yang begitu mengagumkan. Sebutan populernya adalah Kepulauan Seribu. Ada banyak sekali gugusan pulau yang masing-masing memiliki keunikan masing-masing. Dijamin kamu nggak bakal bosan jika diajak berkeliling dari satu pulau ke pulau lainnya.  Secara administratif, Kepulauan Seribu masih termasuk dalam wilayah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Ada beberapa destinasi wisata baik di daratan maupun bahari menunggu untuk kamu datangi.

Jangan khawatir soal biaya, kamu bisa berangkat sendiri atau ikut perjalanan wisata bersama penyedia layanan tour. Jadi kamu nggak perlu repot lagi mempersiapkan ini dan itu. Mulai dari makanan hingga transportasi semuanya sudah disediakan. Kamu tentu tidak datang hanya untuk melihat-lihat saja kan? Kepulauan Seribu adalah tempat yang menarik untuk melakukan banyak hal. Kapan lagi kamu punya kesempatan seru-seruan di tempat keren seperti itu. Berikut ini adalah aktivitas seru di Kepulauan Seribu yang membuatmu serasa di Maldives.

1. Lompat dari Jembatan Cinta

Jembatan Cinta [image source]
Jembatan Cinta [image source]
Pulau Tidung wajib masuk ke dalam daftar tujuanmu di Kepulauan Seribu. Yang paling ikonik dari tempat ini adalah Jembatan Cinta, yaitu bangunan  yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan pulau Tidung Kecil. Tidak terlalu besar dan lebar dengan tinggi mencapai 6 meter. Di sebut Jembatan Cinta, karena konon di  lokasi tersebut dulunya ada pasangan yang saling mencintai bertemu. Kamu bisa terjun dari jembatan ke perairan yang ada di bawahnya. Nggak usah khawatir, karena aktivitas ini cukup aman. Akan lebih baik jika kamu didampingi oleh pemandu. Terjun saja, dan kamu akan merasakan sesuatu hal yang menantang. Bukannya kapok, justru kamu akan ketagihan.

2. Hiking

Hiking [image source]
Hiking [image source]
Setiap daratan di Kepulauan Seribu memiliki alam yang indah. Sebagian tidak terlalu luas, jadi kamu bisa bertualang melakukan hiking untuk mengelilingi pantai atau pulau. Misalnya saja berjalan kaki dari Pulau Tidung Besar ke Pulau Tidung Kecil. Apalagi ada Jembatan Cinta, dari sini terlihat pemandangan begitu eksotis dengan birunya laut bersanding serasi dengan pulau-pulau sekitarnya. Jangan berjalan sendirian, kamu bisa mengajak seseorang agar petualanganmu di Kepulauan Seribu semakin seru.  Jika kamu melewati Jembatan Cinta yang membentang sepanjang 800 meter itu, sebaiknya berhati-hati. Selain tanpa pagar, juga ada lubang di sana sini.

3. Bersepeda

Bersepeda [image source]
Bersepeda [image source]
Suasana kota yang ramai dengan kendaraan bermotor pasti sangat menjemukan. Jika kamu sudah susah payah sampai ke Kepulauan Seribu, apa kamu harus berhadapan dengan kendaraan bermotor lagi? Sesekali gunakan alat transportasi yang lebih ramah lingkungan. Cari tahu informasi seputar fasilitas sepeda untuk wisatawan. Kamu bisa menyewanya untuk berkeliling pulau. Misalnya saja di Pulau Pramuka atau Pulau Tidung dan beberapa tempat lain. Bersepeda di pinggir pantai pasti akan membuat kamu merasa senang.

4. Snorkeling

Snorkeling [image source]
Snorkeling [image source]
Namanya saja kawasan Kepulauan, maka kamu harus menyeberangi lautan untuk menjamah daratan di wilayah Kepulauan Seribu. Namun bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mengintip kehidupan bawah laut dengan cara snorkeling. Spot yang paling terkenal keindahannya adalah perairan di sekitar Pulau Semak Daun. Kamu bisa mampir ke pantai di pulau itu dan menikmati hamparan pasir luas. Setelah itu lanjut snorkeling di Pulau Paria atau mengujungi Pulau Sepa.

5. Memancing

Memancing [image source]
Memancing [image source]
Pulau Sepa adalah salah satu yang paling menarik dari gugusan pulau di Kepulauan Seribu. Keindahan sudah pasti akan kamu dapatkan. Namun tidak hanya itu, kamu akan dibuat lupa waktu ketika melakukan hal seru di sana. Misalnya saja memancing. Saat waktu tertentu, di sekitar dermaga Pulau Sepa akan dipenuhi dengan orang-orang yang memancing. Jika kamu memiliki peralatan mancing, jangan lupa untuk dibawa ya. Kalau beruntung, kamu bisa mendapatkan ikan yang besar-besar.

6. Menyelam

Menyelam [image source]
Menyelam [image source]
Snorkeling memang kegiatan yang seru dan menantang, tapi ada yang lebih keren di kedalaman laut Kepulauan Seribu. Sayangnya, kamu nggak bisa melihatnya hanya dengan mengandalkan peralatan snorkeling. Namun harus menggunakan peralatan selam. Beberapa titik menyelam di Kepulauan Seribu ada di sekitar Pulau Pramuka, Pari, dan Harapan.

6. Melihat Sunset

Sunset [image source]
Sunset [image source]
Setelah seharian menjalankan aktivitas seru mulai dari snorkeling, hingga bersepeda. Pasti kamu sudah merasakan lelah. Jika begitu, maka kamu harus istirahat. Pantai sangat identik dengan sunset atau momen matahari terbenam. Suasana sore dengan alunan suara ombak, membuat kamu berada di sebuah tempat dengan nuansa surga. Kamu bisa melihat sunset hampir di semua tempat di Kepulauan Seribu. Misalnya saja di Pulau Macan.

7. Wisata Sejarah di Pulau Bidadari

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari [image source]
Sekali liburan, banyak hal bermanfaat bisa kamu dapatkan jika datang ke Kepulauan Seribu. Selain Pulau Pramuka sebagai pusat pemerintahan, Pulau Bidadari juga nggak kalah menarik. Ada resort-resort yang berdiri dengan indahnya di atas air. Kamu bisa menginap di sana agar bisa merasakan liburan ala Maldives. Sempatkan juga untuk berkunjung ke bangunan bersejarahnya seperti  Benteng Martello yang dibangun oleh VOC beberapa tahun silam.

Itulah beberapa kegiatan seru agar kamu bisa menikmati liburan dengan cara unik. Selain deretan aktivitas tersebut masih ada pilihan lain seperti mencoba olahraga air atau berburu kuliner khas Kepulauan seibu.

 

Advertisement
Tags
Jakarta Kepulauan Seribu pulau Snorkeling tips traveling
Share