Keren! Akan ada Airport Terapung di Indonesia

Advertisement

Traveling sudah menjadi kebutuhan. Rasanya ada yang kurang kalau dalam setahun tidak liburan atau sekedar mengunjungi kota-kota terdekat. Apalagi kini pilihan transportasi menjadi lebih mudah. Kereta ekonomi sudah bersih dan dilengkapi pendingin ruangan. Pun para maskapai yang berlomba-lomba memasang tarif murah. Jalan-jalan pun menjadi lebih menyenangkan.

Terminal, stasiun, maupun bandara menjadi tempat yang sering dikunjungi. Karenanya kini banyak kota yang memperbaiki hingga memperbaharui fasilitas dan prasarana yang dimiliki. Sudah dengar kan kalau Terminal Purabaya yang sekarang sangat indah dan semewah Bandara Juanda? Nah, menyusul itu, kini Semarang yang melakukan perluasan dan perbaikan sana-sini di Bandara Internasional Ahmad Yani.

Model rancang bandara Ahmad Yani
Model rancang bandara Ahmad Yani [image source]
Dilansir dari Seasia.co, perluasan ini direncanakan akan selesai di tahun 2019 mendatang. Desain bandara Semarang yang sekarang sudah artistik dan terlihat seperti mengapung seperti yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “Bandara sepertinya hampir melayang,” kata Ganjar kepada Tempo. Apalagi lokasinya yang berada di dekat pantai membuat pemandangan sekitar yang dilihat dari airport sangatlah indah. Jika harus menunggu jadwal terbang atau terkena delay, menunggu pun menjadi tak membosankan.

Perencanaan Bandara Ahmad Yani Semarang
Perencanaan Bandara Ahmad Yani Semarang [image source]
Setelah rampung nanti, Airport Ahmad Yani ini akan menjadi bandara terapung pertama yang ada di Indonesia. Dan daya tampung bandara baru ini pun jelas meningkat, bisa menampung hingga 6 sampai 7 juta penumpang setiap tahunnya. Jumlah ini 3,2 juta lebih banyak daripada sebelumnya.

Manajer proyek Pengembangan Bandara Bandara Ahmad Yani, Tony Alam menjelaskan bahwa konsep yang diangkat adalah go green. Berbagai perlengkapan, seperti penerangan menggunakan tenaga surya,pengolahan air akan menggunakan prosesrs, air dari perairan sekitarnya akan didaur ulang untuk keperluan operasional, sehingga lebih menghemat energi. Kabarnya, bandara baru ini akan menghabiskan dana sekitar 2 miliar rupiah.

Babat Gongso Semarang
Babat Gongso Semarang [image source]
Wah jadi tak sabar untuk melihat hasilnya seperti apa, ya. Perjalanan traveling ke Semarang untuk bersantai dan berenang di BRB Lakers, juga mencicipi Babat Gongso yang legendaris. Setuju, kan?

Advertisement
Tags
bandara Indonesia Jawa Tengah semarang
Share