Air Terjun Madakaripura, Tawarkan ‘Hujan Abadi’ Nan Eksotis

Advertisement

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia adalah negara yang begitu kaya akan wisata pantai, gunung, hutan, dan bahkan air terjun. Hampir di semua wilayah di Indonesia, wisata alamnya pasti mengundang decak kagum baik bagi turis domestik maupun internasional.

Coba saja melipir ke tempat wisata Probolinggo, terkenal sebgai pintu masuk menuju kawasan Bromo yang eksotis. Selain itu ada juga wisata Mangrove yang dilengkapi dengan fasilitas aduhai seperti penginapan dan tempat makan. Puas dengan itu kamu harus coba berkunjung ke Air Terjun Madakaripura.

Madakaripura [image source]
Air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo ini mendadak tenar karena serbuan foto di media sosial yang menggambarkan keindahan air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Anda juga tertarik untuk mengunjunginya? Well, jika starting point Anda berasal dari salah satu kota di Jawa Timur, maka arahkan kendaraan Anda ke Kabupaten Probolinggo.

 

Memasuki kota Probolinggo, Anda masih harus memacu kendaraan menuju daerah Lumbang, Probolinggo. Setelah melewati serangkaian jalan yang berkelok namun menawarkan pemandangan yang indah, maka Anda telah sampai di pintu masuk Air Terjun Madakaripura.

Madakaripura [image source]
Untuk masuk ke air terjun ini, setiap pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Setelah membayar tiket masuk, Anda pasti akan langsung disambut oleh para penjaja jas hujan atau kantong plastik jika Anda tidak ingin baju atau barang bawaan menjadi basah. Namun jika Anda ingin merasakan secara langsung segarnya air terjun ini, maka Anda bisa menolaknya.

Stamina yang kuat sangat dibutuhkan jika Anda ingin menuju air terjun utama Madakaripura. Sebab Anda harus berjalan sejauh sekitar 1,3 km melewati jalan setapak. Namun rasa lelah ini pasti akan terbayar jika Anda sudah melihat betapa indahnya air terjun Madakaripura.

Madakaripura [image source]

Di titik air terjun pertama, Anda pasti akan disambut dengan ‘hujan abadi’ dari curahan air yang terjun di sepanjang bukit. Kemudian jika Anda ingin menuju air terjun utamanya, Anda pun harus naik merayapi tebing yang cukup curam dan licin. Jika Anda kesulitan, Anda bisa meminta bantuan para porter yang siap membimbing Anda atau membawakan barang-barang Anda. Tentu saja Anda akan dikenakan tarif yang besarnya bervariasi mulai dar Rp 50.000.

Setelah sampai di air terjun utama, Anda pasti akan tergoda dengan ‘kolam’ alami di sana. Jika Anda ingin berenang, sebaiknya urungkan niat tersebut. Selain suhunya yang sangat dingin, kedalaman dari kolam mini ini berkisar antara 5 sampai 7 meter. Tentu saja jika Anda tidak memiliki keahlian berenang yang baik, maka hal ini bisa membahayakan keselamatan diri sendiri. Selain itu para porter pun pasti akan memperingatkan Anda untuk tidak berenang demi keselamatan Anda sendiri.

Madakaripura [image source]
Jika Anda tidak dapat berenang di kolam kecil tersebut, tidak usah berkecil hati, sebab Anda pun masih bisa bermain air di sekitar bibir kolam sambil menikmati pemandangan yang sangat menyegarkan ini. Derasnya air terjun dipadu dengan hijaunya pemandangan pasti akan membuat Anda langsung jatuh cinta dengan air terjun yang menjadi tempat liburan favorit Patih Gajah Mada ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan backpack dan jelajahilah Air Terjun Madakaripura.

Informasi Lokasi

Nama: Air Terjun Madakaripura

Alamat: Dusun Branggah, Negororejo, Lumbang, Sapih, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur 67183, Indonesia

Sebagai objek wisata Probolinggo, Air Terjun Madakaripura patut diacungi jempol karena keindahannya. Kamu tentu akan semakin setuju setelah membuktikan sendiri dengan langsung datang ke sana. Jadi, selamat berlibur dan menikmati Probolinggo.

Advertisement
Tags
Air Terjun Indonesia Jawa Timur Probolinggo
Share