Agar Wanita Bisa Aman Saat Traveling Sendirian, Simak 4 Tips Ini!

Advertisement

Traveling sendirian tak hanya berlaku bagi kaum adam saja. Tak ada salahnya wanita melakukan solo traveling. Bahkan dengan sendirian, seorang wanita bisa bebas menyusun itinerary selama perjalanan. Tapi ada beberapa tips yang wajib dicermati sebelum traveling sendirian.

Tips ini bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama masalah keamanan ketika melakukan perjalanan, apalagi ke luar negeri. Dilansir dari situs Huffington Post, ini tips penting bagi wanita yang akan melakukan “solo traveling”.

1. Selalu Waspada pada Orang yang Tidak Dikenal

Traveling sendirian apalagi di negara yang riskan seperti India, Kolombia, atau Meksiko tentu amat mengkhawatirkan bagi wanita. Setidaknya, Anda harus memilah orang-orang yang anda ajak berinteraksi. Jangan Anda telan mentah-mentah apa yang dibicarakan orang-orang tersebut. Jangan terlalu percaya jika dirasa kurang logis.

Waspada pada orang yang tidak dikenal
Waspada pada orang yang tidak dikenal

Tetaplah selalu waspada tanpa harus selalu curiga. Seperti di dalam hotel. Jika ada yang mengetuk pintu kamar Anda, cek dulu siapa itu. Apakah petugas hotel atau bukan. Ada baiknya Anda tidak membukakan pintu pada seseorang yang tidak dikenal.

2. Sebisa Mungkin Pilih Kamar yang Tidak Punya Pintu ke Kamar Lain

Saat akan booking kamar baik di hotel maupun di hostel, cek dulu keadaan kamarnya. Lebih baik memilih kamar yang tidak mempunyai akses pintu ke kamar lain. Demi keamanan dan kenyamanan Anda selama menginap.

Kamar yang tidak memiliki akses ke kamar lain
Kamar yang tidak memiliki akses ke kamar lain

Nah, kalau memilih kamar di hotel dengan kamar yang diisi dengan beberapa orang, kalau bisa pilih kamar dormitory dengan sesama traveler wanita. Ini untuk menghindari laki-laki yang iseng kepada Anda.

3. Pakai Cincin Nikah yang Palsu

Jangan dianggap remeh cara yang satu ini. Dengan begini, keselamatan Anda saat traveling akan tetap terjaga. Saat sendirian di restoran, pantai, atau taman dan ada lelaki asing yang mengajak berbincang-bincang dan Anda merasa kurang nyaman dengan si pria. Maka tunjukkanlah cincin palsu tersebut.

Tunjukkan cicin nikah palsu pada pria yang mendekati anda
Tunjukkan cicin nikah palsu pada pria yang mendekati anda

Dengan cincin nikah palsu yang dipakai, Anda dapat berkilah jika tidak traveling sendirian, melainkan dengan suami yang saat ini sedang di hotel atau di lain tempat.

4. Bekerja Sama dengan Penjaga Keamanan

Saat berada di hotel atau destinasi wisata, tak ada salahnya Anda berteman baik dengan penjaga keamanan di penginapan atau destinasi. Berinteraksilah dengan orang-orang tersebut. Penting gunanya demi keselamatan Anda sendiri.

Bekerja sama dengan penjaga keamanan
Bekerja sama dengan penjaga keamanan

Mulailah melakukan pendekatan dengan penjaga penginapan, restoran, bar, atau penjaga pantai. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk bekerja sama. Saat ada orang asing yang berniat jahat, maka Anda akan lebih mudah untuk meminta bantuan.

Traveling sendirian pasti sangat mengasyikkan. Apalagi dengan rutinitas sehari-hari yang membuat hidup serasa terkekang. Kebebasan bagaikan oase di padang gurun. Tapi, jangan sampai lupakan faktor keselamatan saat melakukan perjalanan sendirian.

Advertisement
Tags
woman traveling
Share